Lazimnya "desa" yang ada dibenak kita ialah bercocok tanam, bertani, berternak, ternyata terdapat desa terkaya di dunia dimana kehidupannya jauh lebih layak dari kehidupan kota

1. DESA HUAXI, CINA

DESA HUAXI, CINA

Bagaimana perasaan kamu seandainya dapat bermukim di suatu daerah di mana kamu menerima villa, mobil, layanan kesehatan, sekolah serta yang lainnya secara gratis? pasti akan merasa gembira. keadaan itulah yang dirasakan para penghuni desa huaxi, di china. lantaran desa yang dulu diketahui dengan suatu desa miskin kini beralih serta dinobatkan sebagai desa terkaya sejagat. desa ini juga melahirkan salah satu bukti jika kehidupan ini bagaikan roda yang berputar.

Desa Huaxi ialah suatu desa yang menjadi sisi kota Jiangyin. posisi Huaxi sendiri terdapat di pesisir timur Cina serta barat laut Shanghai. yang menyebabkan Huaxi populer ialah karna menjadi desa agraria terkaya di cina. dibangun pada tahun 1961, Huaxi sekarang menjadi tempat idaman untuk kalangan milyarder di Cina karna sarananya yang luar biasa sebagaimana tembok besar Cina, hotel luar biasa megah Liongxi, sentral perbelanjaan, paviliun megah, bangunan dengan 10 kamar serta landasan helikopter.

Kehidupan desa ini bukan serta-merta datang dengan sendirinya, melainkan datang dari Wu Renbao seorang pemimpin desa yang mengantarkan kemakmuran warga desa hingga desanya meraih gelar sebagai desa terkaya di Cina. Rahasia kesuksesanya adalah karena dia memegang teguh semboyan kepemimpinannya.

2. DESA OBERWIL-LIELI, SWISS

DESA OBERWIL-LIELI, SWISS

Desa Oberwil-Lieli merupakan salah satu dari resor dipegunungan Alpen, berpenduduk 2.200 jiwa dan dihuni oleh sekitar 300 warga miliuner dan tercatat sebagai desa terkaya di Benua Eropa. Gelar yang didapat desa tersebut merupakan hasil dari jeri payah warga sepanjang hari hingga akhirnya membuahi desa yang indah. Kehidupan disanapun begitu tentram, tenang, dan jauh dari kebisingan kota.

Belum lama ini, desa Oberwil-Lieli menjadi sorotan media karena lebih memilih membayar denda 200 ribu poundsterling atau sebanding Rp 3,9 miliar dibandingkan menerima 10 pengungsi dari Suriah yang sedang tertekan oleh perang saudara dan kekejaman ISIS, akhirnya dengan kejadian tersebut desa itu dicap oleh banyak kalangan sebagai desa egois dan rasis.

3. DESA HIWARE BAZAR, INDIA

DESA HIWARE BAZAR, INDIA

Satu buah desa terisolasi dalam daerah Ahmednagar dari negara bagian Maharashtra, India. sudah sukses merombak suratan mereka dalam tempo beberapa tahun. desa tersebut sempat diterpa kekeringan serius dalam tahun 1972, lebih-lebih lagi sempat dinobatkan menjadi desa miskin di India pada tahun 1990-an. Kini sudah disulap menjadi desa terkaya di India. sejumlah 60 dari 235 keluarga atau 27% dalam desa tersebut adalah jutawan di India. pada umumnya penghasilan bulanan penduduk Hiware Bazar menyentuh USD450 ataupun sepadan Rp 6 juta, dan itu merupakan pendapatan tertinggi di india. Orang-orang yang tinggal disana begitu bahagia dan juga bangga atas prestasi yang dicapai saat ini.

Memang tidak semudah memutar balikan tangan, terdapat tokoh yang sangat berperan dalam perubahan desa tersebut. Sebut saja Popatrao Baguji Pawar, Dia adalah orang di balik kesuksesan desa ini. Ia memiliki beberapa aturan yang berbeda dari desa yang ada di India, seperti dilarang minum alkohol dan merokok. Selain itu, ia juga melakukan perbaikan desa, mendorong semua orang untuk mengelola air hujan, ternak dan bertani.

Mudah-mudahan dengan adanya informasi ini dapat memberikan inspirasi, khususnya untuk para pemimpin daerah di Indonesia dapat lebih memotivasi demi memajukan daerah yang dipimpinnya saat ini.

Referensi: Liputan6.com Kaskus.co.id Newsworldindia.co.in

YOUR REACTION?

Facebook Conversations