Tech

Implementasi Digitalkie untuk Industri MICE

Mungkin beberapa di antara kalian masih belum familiar dengan istilah industri MICE ini. Apa, sih, industri MICE itu? Yuk, kita bahas apa yang dimaksud dengan industri MICE sebelum berdiskusi lebih jauh.

MICE merupakan singkatan dari Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions.

Di beberapa tahun terakhir ini, istilah ‘meeting industry’ dan ‘event industry’ populer sebagai alternatif dari industri MICE. Hal tersebut menjadi sebuah bagian besar dari bisnis travel global karena setiap industri mempunyai beberapa event reguler. Tujuannya di sini yaitu untuk mengumpulkan profesional, membuat koneksi, mempromosikan ide-ide baru, dan mendorong pertumbuhan.

Industri MICE melingkupi sebagian besar bisnis event. Leisure event seperti konser atau festival sebenarnya terletak pada kategori berbeda. Namun, banyak organiser sekarang menambahkan elemen leisure untuk event yang lebih besar supaya bisa mengikat audiens lebih banyak dan menciptakan pengalaman yang memorable. 

Apa Saja yang Termasuk dalam Industri MICE?

Sesuai dengan kepanjangannya, MICE mempunyai empat tipe event yaitu meetings, incentives, conferences, dan exhibitions. Berikut penjelasan dari keempat pilar tersebut.

  • Meetings

Meetings biasanya adalah event yang berlangsung satu hari yang diselenggarakan di ruang konferensi sebuah hotel atau convention center. Ada beberapa skala mulai dari grup kecil eksekutif senior sampai gathering besar seperti meeting tahunan pemegang saham. Tujuannya adalah mengumpulkan orang-orang satu perusahaan, industri, atau proyek untuk membahas tantangan, mendiskusikan rencana, dan mengatur tujuan.

  • Incentives

Incentives mungkin menjadi pilar yang paling menyenangkan dari MICE. Yang termasuk pilar ini adalah semua tipe travel reward yang ditawarkan perusahaan ke staf individu, tim, atau partner (afiliasi). Pada konteks ini, tujuan dari incentives adalah untuk memberikan rasa terima kasih atas performa karyawan, menaikkan semangat juang, dan meningkatkan loyalitas karyawan. Bentuk incentives bisa berbeda-beda, bisa weekend trip ke luar kota atau berbagai aktivitas informal yang mendorong staf untuk bonding.

  • Conferences

Conferences biasanya adalah meetings dalam skala sangat besar. Biasanya berlangsung lebih dari sehari dan biasanya pesertanya jauh lebih banyak daripada meetings. Bentuk-bentuk conferences juga beragam, tergantung dari organiser dan industrinya. Aktivitas yang terdapat di dalam conferences umumnya seperti diskusi panel, presentasi, pidato, workshop, dll. Tujuannya bisa beragam tapi biasanya untuk menghadapi dan menemukan solusi atas tantangan di dalam bisnis atau industri.

  • Exhibitions

Exhibitions biasanya adalah event sangat besar yang menarik ribuan pengunjung dan exhibitor. Event ini bisa berlangsung dari beberapa hari hingga minggu. Tujuan dari exhibitions adalah untuk mempresentasikan dan mempromosikan produk atau jasa, mengajak bisnis, dan menjalin koneksi dengan partner yang potensial. Kemudian bisa juga untuk networking, menemukan klien atau pekerjaan, dan menemukan cara baru untuk memecahkan masalah.

Digitalkie Solusi Cerdas untuk Industri MICE

Untuk berbagai event dan aktivitas di industri MICE sendiri, hampir semua bisa dibilang aktivitas lapangan di mana tim di dalamnya kemungkinan besar mobilitas dan membutuhkan koordinasi yang tinggi dan ketat. Dengan begitu, dibutuhkan sebuah tool yang mendukung komunikasi antar anggota tim secara-real time.

Digitalkie merupakan aplikasi push-to-talk yang dapat menggeser penggunaan HT di mana HT lebih punya keterbatasan dan kurang efisien karena perlu perangkat tambahan. Digitalkie dapat di-install pada smartphone Anda sendiri sehingga lebih praktis. Keberadaan Digitalkie dapat membantu industri MICE dalam pelaksanaannya karena mendukung komunikasi antar anggota tim dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan. Berikut fitur-fitur yang ada pada aplikasi Digitalkie:

  • Komunikasi real-time push-to-talk

Fungsi utama aplikasi ini yaitu untuk komunikasi suara secara real-time PTT menggunakan jaringan internet dengan pengoperasian yang mudah dan sederhana.

  • Pemilihan channel

Pengguna dapat memilih channel komunikasi yang dibutuhkan yang sudah dibuat oleh operator. Terdapat juga fasilitas untuk mengamankan channel dengan password sehingga menjadikannya channel pribadi, sehingga hanya anggota tim tertentu yang bisa masuk ke channel pribadi tersebut.

  • Pesan teks dan multimedia

Aplikasi ini dibekali fitur teks chat dan multimedia seperti foto dan dokumen lainnya yang mendukung kelancaran komunikasi dan koordinasi tim.

  • Tombol darurat SOS

Fitur ini sangat penting untuk mengirimkan sinyal darurat ke seluruh anggota tim dan operator untuk mendapatkan respon dan tindakan yang cepat saat keadaan darurat atau keadaan tertentu.

  • Running in background

Aplikasi ini bisa digunakan tanpa membuka aplikasi sehingga pesan suara maupun teks secara real-time dapat bekerja dengan cepat, praktis, dan instan.

  • Dashboard

Operator atau admin perusahaan bisa melakukan pengaturan pengguna melalui back office; seperti pengaturan tambah dan hapus akses pengguna, edit channel, pencarian hingga mengimpor data pengguna. Pemantauan dilakukan menggunakan sebuah dashboard pada aplikasi.

  • Pelacakan koordinat anggota tim

Digitalkie dilengkapi dengan pelacakan berbasis GPS yang memungkinkan operator mengetahui posisi setiap anggota tim yang tergabung di semua saluran percakapan sehingga mempermudah jalur komunikasi dan koordinasi operasional lapangan.

  • Rekaman percakapan

Akses seluruh rekaman percakapan tersimpan melalui back office sehingga sangat mungkin untuk dilakukan pemantauan percakapan seluruh tim dan juga pemutaran ulang rekaman suara.

Digitalkie mengutamakan keefektifan dan keefisienan komunikasi antar anggota tim untuk operasional lapangan di mana sangat cocok digunakan untuk tim dari beragam divisi dalam industri MICE ini. Selain itu, Digitalkie juga dapat mendukung penghematan karena tidak perlu menambah perangkat lagi, cukup dengan smartphone yang dimiliki oleh masing-masing anggota tim. Tunggu apalagi? Yuk, nikmati keunggulan dan manfaat aplikasi Digitalkie sekarang juga.

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit. Vestibulum ac vehicula leo. Donec urna lacus gravida ac vulputate sagittis tristique vitae lectus. Nullam rhoncus tortor at dignissim vehicula.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 225
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories