Serbaneka

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Mengalami Kecelakaan Mobil

Kecelakaan mobil bisa terjadi pada siapa saja dengan penyebab yang sangat beragam. Oleh karena itu, kami selalu menyarankan Anda untuk berkendara secara ekstra hati-hati. Namun kadang, kecelakaan bisa terjadi dengan penyebab di luar kuasa Anda. Sebut saja seperti kelalaian pengguna jalan lainnya atau faktor alam dan kerusakan teknis.

Lantas bagaimana jika kita mengalami kecelakaan mobil? Apa hal pertama yang seharusnya dilakukan? Tentu Anda sangat disarankan untuk tidak panik dan tetap tenang. Setelah itu, Anda bisa menyimak artikel CARRO berikut ini sebagai panduan ketika mengalami kecelakaan lalu-lintas. Jangan lupa untuk tetap berkendara dengan aman di jalan yaa!

1. Tetap tenang dan analisa situasi kecelakaan

pemberian pertolong setelah kecelakaan lalu lintas

Tetap tenang dan minta bantuan

Jika Anda tidak mengalami luka yang cukup parah, maka sebaiknya Anda tetap bersikap tenang. Dan akan lebih baik jika Anda bisa menganalisa situasi sekitar. Analisa kondisi sekitar, periksa kondisi pengendara dan penumpang kendaraan lain yang bertabrakan dengan kita. Pastikan tidak terjadi luka yang cukup parah pada semua pihak yang terlibat.

–> 6 Rekomendasi Mobil Bekas Eropa Terpopuler di Indonesia

2. Hubungi pihak berwenang

Langkah berikutnya adalah menghubungi pihak yang berwenang dan terkait agar segera dikirimkan bantuan. Jika terdapat korban luka, maka bisa segera menghubungi rumah sakit terdekat agar segera dikirimkan ambulans. Selain itu sebaiknya menghubungi pihak berwenang seperti polisi untuk menginformasikan telah terjadi kecelakaan. Tujuannya agar polisi bisa mengamankan tempat kejadian perkara dari kejadian yang tidak diinginkan.

3. Dokumentasikan mobil dan suasana sekitar setelah kecelakaan mobil

memotret mobil setelah insiden terjadi

Jika memungkinkan, segera lakukan dokumentasi pada kondisi mobil Anda

Jika kondisi Anda masih cukup baik dan tidak ada luka parah, Anda bisa memotret situasi yang terjadi, seperti kondisi kerusakan mobil yang menabrak dan ditabrak seperti apa, kondisi jalanan dan cuaca, serta kerusakan pada rambu jika ada rambu atau fasilitas jalan raya yang turut rusak. Hal ini penting, terutama untuk kebutuhan administrasi asuransi Anda nanti.

–> Dana Ngepas? Ini Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Jutaan

4. Hubungi pihak asuransi

pelaporan kecelakaan pada pihak asuransi

Segera laporkan pada pihak asuransi

Tidak ada salahnya menghubungi pihak asuransi apabila Anda baru saja mengalami kecelakaan. Tujuannya agar pihak asuransi bisa segera memverifikasi kondisi dan situasi Anda secara langsung. Termasuk asuransi jiwa dan asuransi kendaraan Anda. Sehingga pihak asuransi bisa lebih cepat memproses perihal administrasi Anda di kemudian hari.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories