Opini

Menafsirkan Pernikahan

… dalam setahun ini, kita disuguhi 3 pernikahan keluarga pembesar yang cukup menyita perhatian publik.

Pernikahan Pangeran William di Inggris, Pernikahan putri bungsu Sultan HB-X di Yogyakarta, dan Pernikahan Ibas dan Aliya di Istana Cipanas.

Pernikahan Ibas dan Aliya menjadi bahan ulasan panjang lebar — jauh meninggalkan proses intinya sebagai prosesi pengukuhan secara formal  dari hukum agama dan negara atas dua sejoli yang saling jatuh cinta.

Ibas dan Aliya kurang beruntung — dalam beberapa hal :

  • Pernikahannya dituding politis, karena terlahir dari Bapak yang kini dua-duanya Ketua Umum Partai Politik.
  • Pernikahannya ditakutkan berhimpitan dengan penggunaan fasilitas negara, karena dua-duanya anak pejabat utama di Kabinet Indonesia  Bersatu II
  • Pernikahannya dituding terlalu mewah, apalagi jika dikaitkan dengan kenyataan banyaknya rakyat yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Di moment seperti ini, seharusnya para orang tua mereka harus membuat pernyataan untuk keluar dari kerumunan. Menyatakan setinggi apapun jabatan, sebesar apapun kekuasaan — akhirnya mereka adalah orang tua yang ingin juga punya capaian kecil di keluarga — mengantarkan anak-anak ke jenjang pelaminan dan melepas mereka dalam kehidupan.

Sayang Pak SBY selalu salah menjawab publik, malah (lagi-lagi) sibuk menjamin tidak akan bolos, tidak akan menggunakan fasilitas publik, blalala…

Bapak Presiden yang saya hormati…., terlepas banyaknya ketidakcocokan atas kepemimpinanmu, di hari yang bahagia ini nikmatilah hari-harimu…

Jadilah Bapak dan orang tua yang baik, mencintai dan membahagiakan anak-anak kebangganmu, sama seperti hak yang dimiliki keluarga-keluarga sederhana dari Bantar Gebang hingga Pondok Indah, dari Tanjung Priok hingga Menteng.

Aliya dan Ibas selamat menempuh hidup baru…., semoga cinta membahagiakan kalian.

** 24 November **

This entry was posted in Celoteh. Bookmark the permalink.

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories