PollingStories

Polling : Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Selain Membuat Hati Lega, Menangis adalah reaksi yang wajar ketika seseorang sedang merasa sedih. Bahkan, kebahagiaan juga bisa membuat seseorang meneteskan air mata. Menangis adalah reaksi yang wajar ketika seseorang sedang merasa sedih. Bahkan, kebahagiaan juga bisa membuat seseorang meneteskan air mata.

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Ketika orang mengalami frustrasi, kehilangan, kesedihan, atau stres, beberapa segera memasang penghalang emosional, memaksa diri mereka sendiri untuk menjadi kuat. Yang lain, bagaimanapun, memberi diri mereka izin untuk meneteskan air mata. Ketika mereka menghilangkan sebagian rasa sakit, mereka umumnya merasa lebih baik. Kenyataannya adalah menangis bisa baik untuk Anda. Berikut beberapa manfaat kesehatannya:

Menangis adalah katup pengaman yang penting

Leo Newhouse, LICSW, menulis ini di blog kesehatan Harvard: “Menangis adalah katup pengaman yang penting, terutama karena menyimpan perasaan sulit di dalam — apa yang disebut psikolog sebagai koping represif — dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita. Studi telah menghubungkan mengatasi represif dengan sistem kekebalan tubuh yang kurang tangguh, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi, serta dengan kondisi kesehatan mental, termasuk stres, kecemasan, dan depresi. Menangis juga terbukti meningkatkan perilaku keterikatan, mendorong kedekatan, empati, dan dukungan dari teman dan keluarga.”

Menangis meningkatkan gerakanmu

Anda mungkin berpikir bahwa menangis akan membuat Anda merasa lebih sedih, tetapi kebanyakan orang merasa lebih baik setelah menangis. Ada ilmu yang mendukung pengalaman manusia ini. Para ilmuwan mengkategorikan tiga jenis cairan yang berbeda dalam air mata. Dua yang pertama disebut “air mata refleks” dan “air mata basal.” Tujuannya adalah untuk menghilangkan iritasi, seperti asap dan debu, dan melumasi mata untuk mencegah infeksi. Kandungannya adalah 98 persen air. Kategori ketiga dari air mata adalah “air mata emosional”. Mereka mengeluarkan racun dari tubuh dan benar-benar melepaskan endorfin, bahan kimia alami yang membuat tubuh merasa baik, yang meredakan rasa sakit fisik dan emosional.

Menangis menenangkanmu

Para peneliti telah belajar bahwa menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PSNS), bagian penting dari sistem saraf manusia yang membantu tubuh beristirahat, rileks, dan melepaskan. Tom Bunn, LCSW, menjelaskan bahwa PSNS “adalah nama sistem yang menenangkan Anda. Para. . . berarti melawan dan simpatik mengacu pada sistem saraf simpatik, sistem yang membangkitkan Anda ketika hormon stres dilepaskan. Sistem saraf parasimpatis dirancang secara alami untuk melawan sistem saraf simpatik dan menjaganya agar tidak menyebabkan hyperarousal.

Menangis membantu Anda menyembuhkan secara emosional

Setelah kehilangan besar seperti kematian orang yang dicintai, menangis dapat membantu Anda sembuh lebih cepat. Tina B. Tessina, PhD, seorang psikoterapis dan penulis It Ends with You: Grow Up and Out of Dysfunction, mengatakan, “Setiap orang perlu tahu bagaimana berduka dan bagaimana menjadi sedih untuk mengatasi peristiwa sulit. Ada sejumlah air mata yang harus Anda tangisi untuk dilepaskan, dan terus menangis adalah cara tercepat.”

Menangis menghilangkan stres

Ketika stres tidak hilang, orang sering beralih ke alkohol atau obat-obatan untuk mengurangi stres. Meneteskan air mata adalah alternatif yang jauh lebih sehat. Ketika Anda melihat air mata sebagai salah satu mekanisme penyembuhan alami tubuh, Anda akan cenderung membiarkan diri Anda menangis sesekali dan lebih kecil kemungkinannya untuk mencoba mengatasinya dengan menjadi mati rasa atau beralih ke kecanduan.

Menangis memperkuat koneksi

Kita sering ragu untuk menangis di depan orang lain karena kita tidak ingin terlihat rapuh atau lemah secara emosional. Daripada merasa malu atau malu karena air mata, cobalah untuk mengingat bahwa kerentanan emosional dapat memperkuat hubungan penting Anda. Ketika kita mampu menangis di depan orang lain, kita membiarkan mereka melihat sisi lain dari diri kita, sisi yang lebih lembut, lebih lembut, dan rentan. Dengan berbagi emosi tersebut dengan keluarga atau teman dekat, Anda dapat membentuk ikatan yang lebih dalam dan lebih otentik.

Menangis membunuh bakteri

Tangisan yang baik bisa menjadi cara yang baik untuk membunuh bakteri, menurut penulis kesehatan Lizette Borreli. “Air mata mengandung cairan lisozim—juga ditemukan dalam ASI, air mani, lendir, dan air liur—yang dapat membunuh 90 hingga 95 persen semua bakteri hanya dalam lima hingga 10 menit. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Food Microbiology menemukan bahwa air mata memiliki kekuatan antimikroba yang sangat kuat sehingga mereka bahkan dapat melindungi dari kontaminasi antraks yang disengaja. Lisozim dapat membunuh bakteri tertentu dengan menghancurkan dinding sel bakteri—kulit terluar kaku yang memberikan lapisan pelindung.”

Menangis menenangkanmu

Kebanyakan orang merasa lebih tenang dan bahkan bahagia setelah menangis. Itu karena pernapasan menjadi stabil, detak jantung menurun, dan tekanan darah turun. Satu studi mengungkapkan bahwa hampir 89 persen orang merasa lebih baik setelah menangis, dengan hanya 8 persen yang merasa lebih buruk. Fakta sederhananya adalah menangis itu menenangkan secara fisik.

Menangis membantumu belajar tentang dirimu sendiri

Terkadang kita berpaling dari emosi yang tidak menyenangkan dan menekannya. Menangis adalah apa yang membantu kita mengenali bahwa ada sesuatu yang salah. Kesadaran itu menuntun kita untuk melihat lebih dekat pada diri kita sendiri dan sumber rasa sakit kita. Setelah masalah atau rasa sakit diidentifikasi, Anda dapat membuat penyesuaian yang diperlukan dan mengambil langkah yang tepat untuk bergerak maju. Jadi, ketika Anda merasa air mata mengalir, jangan merasa Anda harus menahannya. Apakah Anda menangis tentang seseorang, pekerjaan, atau situasi yang sulit, air mata Anda membantu Anda mengetahui apa yang penting. (KW001)

Apakah anda merasakan lega ketika sudah menangis?

Menangis adalah tanda bahwa jiwa dan naluri manusia bekerja

Lega

Merasa lebih baik

Hanya menambah kesedihan

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 251
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 17
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 13
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 10
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 109
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 59
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories