#Fyp

Benahi Sistem Penanganan Pertandingan Sepak Bola, Polri Studi Banding ke Luar Negeri

Upaya tingkatkan kemampuan jajaran

Demi benahi sistem pertandingan sepak bola, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo disebutkan akan mengirim personel ke luar negeri.

Para anggota rencananya akan belajar manajemen pengamanan stadion untuk kompetisi sepak bola.

FYI, langkah ini merupakan lanjutan setalah adanya kurus manajemen pengamanan stadion yang menghadirkan para tenaga pengajar dari Coventry University, London.

Kami juga akan mengirimkan personel-personel kami ke luar negeri untuk studi banding,” kata Sigit dilansir dari Antara, Rabu (1/2/2023).

“Studi banding ini untuk mendapatkan gambaran dan melakukan pengayaan untuk penyelenggaraan keamanan sepak bola yang betul-betul sesuai dengan standar FIFA,” kata Sigit.

Sigit juga berkeyakinan bahwa pemerintah terus berupaya melakukan pengamanan stadion mampu menyelenggarakan pertandingan sepak bola yang lebih profesional ramah, aman, dan nyaman.

Harapan kami bisa mewujudkan kompetisi sepak bola yang lebih sehat, berkualitas dan tentunya ke depan bisa membawa harum Indonesia di tingkat internasional,” kata Sigit.

Benahi Sistem Penanganan Pertandingan Sepak Bola, Polri Studi Banding ke Luar Negeri

Kursus dari Coventry University berikan banyak insight baru

Di sisi lain, gelaran kursus pengamanan stadion menghadirkan pengajar dari Coventry University, London, berlangsung selama sembilan hari (25 Januari-2 Februari) disebut memberikan banyak insight baru.

Mulai dari penentuan kapasitas jumlah penonton dan analisa risiko.

Sigit menjelaskan bahwa analisis risiko juga melibatkan tim dari pemangku kepentingan terkait lainnya.

Kemudian terkait pembagian tugas pengamanan dan pengawasan, zona satu di dalam stadion merupakan bagian pengamanan dari steward, sedangkan kepolisian berada di luar stadion.

Polri tetap melakukan pengawasan di sektor-sektor dengan menggunakan CCTV yang ada sehingga Polri pun siap antara steward dengan kepolisian tentunya juga saling berhubungan sehingga sewaktu-waktu eskalasi meningkat personel kepolisian pun siap,” terang Sigit.

Faculty GIF by Coventry University - Find & Share on GIPHY

Top image via ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.

Let us know your thoughts!

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.