Telisik

Orangtua dan Anak Harus Saling Memberikan Kasih Sayang

Orangtua dan anak

Orangtua dan anak

Mubadalah.id – Dalam Islam, salah satu bentuk penghormatan anak terhadap orangtua adalah menaati perintahnya. Tentu saja hal ini sejauh tak bertentangan dengan ketaatan kepada Allah Swt.

Sementara ayah dan ibu sebagai yang lebih tua harus menunjukkan kasih sayangnya kepada anak sebagai yang lebih muda. Nabi Muhammad Saw. bersabda:

Dari Zarbi berkata, “Aku mendengar Anas bin Malik menuturkan, seorang tua hendak menemui Rasulullah Saw. lalu ketika itu sekelompok orang tidak segera memberi kesempatan membuka jalan baginya (untuk menghadap Rasulullah).

Lalu Rasulullah pun bersabda, “Tidak termasuk golongan umatku, mereka yang (tua) tidak menyayangi yang muda, dan mereka yang (muda) tidak menghormati yang tua.” (Sunan al-Tirmidzi, no. 2043).

Semangat Hadis ini adalah mendahulukan kewajiban. Kewajiban orangtua adalah menyayangi dan haknya adalah memperoleh penghormatan. Sebaliknya, kewajiban anak adalah menghormati orangtua dan haknya adalah memperoleh kasih sayang.

Seseorang diwajibkan menghormati jika memperoleh kasih-sayang. Dan orangtua diwajibkan menyayangi jika memperoleh penghormatan. Ini bersifat timbal balik.

Kedua orangtua, terutama ibu, telah mengawali kewajiban dengan memberikan kasih sayang sejak anak masih dalam kandungan.

Hamil, melahirkan, menyusui, merawat, mendidik dan menafkahi. Semua perjuangan itu merupakan bentuk kasih sayang yang telah dilakukan kedua orangtua (QS. Luqman (31): 14 dan QS. al-Ahqaf (46): 15). Kewajiban bagi anak tak bisa lain kecuali menghormati dan memuliakan orangtuanya.

Pertanyaannya, bagaimana bentuk penghormatan terhadap orangtua? Bagaimana mendefinisikan ketaatan?.

Jelas sekali bahwa penghormatan kepada orangtua mempunyai banyak bentuk, di antaranya adalah dengan berbuat baik kepada mereka, mendoakan dan memenuhi kejnginan mereka, atau menaati perintah-perintahnya.

Penghormatan ini sekali lagi merupakan perimbangan dari pengorbanan orangtua terhadap anak.

Demikian tingginya pengorbanan itu sehingga Islam menetapkan bahwa durhaka terhadap kedua orangtua termasuk salah satu dosa besar. []

Redaksi

Kalau ada cupang di rawa-rawa sendirian. Bolehlah arwana menumpang berenang Kalau ada peluang kerja di Kabarwarga. Bolehlah raih kesempatan dan kirim cv sekarang

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories