Lifestyle

Manfaat Rutin Melakukan Perawatan Scaling Gigi

Kebersihan dan kesehatan gigi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Mengabaikan perawatan gigi, seperti scaling, dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi, lho. Istilah “scaling gigi” mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, perawatan ini adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Scaling adalah prosedur pembersihan gigi oleh dokter gigi untuk menghilangkan

Manfaat Rutin Melakukan Perawatan Scaling Gigi

Kebersihan dan kesehatan gigi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Mengabaikan perawatan gigi, seperti scaling, dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi, lho.

Istilah “scaling gigi” mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, perawatan ini adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Scaling adalah prosedur pembersihan gigi oleh dokter gigi untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang menumpuk pada permukaan gigi. Selain orang dewasa, anak-anak juga dapat melakukan prosedur ini sebagai bentuk perawatan kesehatan gigi dan mulutnya selain sikat gigi dengan benar. Tentunya jika dokter gigi yang menganjurkannya.

Baca Juga: Pengalaman Tambal Gigi Anak di Klinik BPJS

scaling gigi

Manfaat Scaling Gigi

Scaling gigi berperan penting dalam menjaga kesehatan mulut. Plak atau karang gigi adalah lapisan lengket yang terdiri dari sisa-sisa makanan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi, seperti radang gusi, bahkan seringkali karang gigi yang menumpuk dapat membuat keropos gigi.

Scaling gigi dapat dilakukan secara berkala untuk membantu:

  • Mencegah perkembangan plak atau karang gigi
  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi
  • Mengurangi risiko masalah kesehatan gigi yang lebih serius

Baca Juga: Obat Sariawan yang Aman untuk Anak

Waktu yang Tepat Melakukan Scaling Gigi

Seiring berjalannya waktu, plak dan karang gigi dapat menumpuk di sekitar permukaan gigi, meskipun kita rutin menyikat gigi. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan kita perlu melakukan scaling gigi:

  • Gusi bengkak dan berdarah saat menyikat gigi
  • Bau mulut yang tidak sedap
  • Gigi sensitif terhadap makanan dingin atau panas
  • Perubahan pada warna permukaan gigi

Jika teman-teman mengalami salah satu dari tanda-tanda tersebut, segera lakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Prosedur Scaling Gigi

Prosedur scaling gigi dilakukan oleh dokter gigi profesional. Berikut langkah-langkahnya:

Pemeriksaan dengan dokter gigi:

  • Dokter gigi melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menilai kondisi gigi dan gusi kita lalu mengidentifikasi area yang perlu dilakukan perawatan scaling.

Scaling:

  • Dokter gigi menggunakan instrumen khusus untuk menghapus plak atau karang gigi yang menumpuk di sekitar permukaan gigi.
  • Dokter gigi membersihkan karang gigi yang masuk ke dalam sela-sela gusi.
  • Proses scaling gigi bisa dilakukan menggunakan scaler ultrasonik.

Polesan gigi:

  • Proses terakhir ini dilakukan untuk menghilangkan noda dan membuat permukaan gigi terlihat lebih bersih.
gigi sehat

Memilih dokter gigi profesional untuk menangani proses scaling gigi adalah hal yang penting. Rekomendasi klinik gigi yang dapat teman-teman kunjungi adalah Happy Dental Clinic. Klinik ini memiliki tenaga kedokteran gigi yang ahli di bidangnya dan staf yang berkompeten. Happy Dental Clinic selalu memberikan penawaran terbaik untuk perawatan scaling gigi. Happy Dental Clinic terbukti aman dan terbaik.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs https://www.happydentalclinic.com.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories