Islami

Simak 7 Jalur Masuk Kuliah UIN Gus Dur Pekalongan, Ada Jalur Kader Pesantren

Arina.id ~ Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) kembali membuka pendaftaran calon mahasiswa baru jenjang sarjana (S1) tahun 2024. Terdapat 4 fakultas yang ditawarkan UIN Gus Dur Pekalongan, yaitu Fakultas Syariah (Fasya), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Dengan beragam

Arina.id ~ Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) kembali membuka pendaftaran calon mahasiswa baru jenjang sarjana (S1) tahun 2024.

Terdapat 4 fakultas yang ditawarkan UIN Gus Dur Pekalongan, yaitu Fakultas Syariah (Fasya), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK), Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Dengan beragam sarana prasarana di lingkungan kampus UIN Gus Dur Pekalongan turut menunjang proses belajar bagi mahasiswa di 22 program studi yang ada.

Tahun 2024 ini, UIN Gus Dur Pekalongan membuka penerimaan mahasiswa baru melalui 7 jalur.

1. Jalur SNPMB
Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di UIN Gus Dur terbagi lagi menjadi 2 jalur, yakni
a. SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)
Merupakan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non-akademik siswa. Keuntungan peserta SNBP yakni tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNBP sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.

b. SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes)
SNBT merupkan jalur masuk perguruan tinggi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain (ditetapkan bersama oleh PTN/PTKIN). Pelaksanaan Tes menggunakan computer dan biaya ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.

Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNBP dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024 bersama Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Prosedur, syarat dan pendaftaran dapat diakses melalui https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

2. Jalur SPAN-PTKIN 
SPAN-PTKIN adalah pola penjaringan prestasi akademik yang menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tulis yang diselenggarakan serentak secara nasional bagi siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah kelas terakhir pada pada tahun berjalan dan telah didaftarkan oleh pihak sekolah.

Biaya pendaftaran SPAN-PTKIN gratis atau tidak dipungut biaya karena ditanggung oleh pemerintah. Prosedur, syarat dan pendaftaran dapat diakses melalui https://span.ptkin.ac.id.

3. Jalur UM-PTKIN
Jalun UM-PTKIN adalah mekanisme seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN menggunakan komputer (computer based testing) yang dilaksanakan secara nasional dan serentak. Pelaksanaan ujian tertulis berlokasi di 56 kampus di Indonesia. Prosedur, syarat dan pendaftaran dapat diakses melalui https://um.ptkin.ac.id.

4.  Jalur Mandiri
Jalur Mandiri adalah mekanisme seleksi masuk UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melalui ujian menggunakan komputer (computer based testing) dan wawancara yang dilaksanakan secara mandiri oleh panitia penerimaan mahasiswa baru di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Jalur ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para lulusan MA/SMA/SMK sederajat pada 20 tahun terakhir. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman  https://pmb.uingusdur.ac.id.

5. Jalur Minat Bakat/Jalur Prestasi
Adalah mekanisme seleksi masuk UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan berdasarkan penjaringan prestasi minat bakat bidang olahraga, seni, dan karya ilmiah minimal juara 1 tingkat Kabupaten/Kota atau Hafidz Qur’an minimal 5 juz.

Seleksi dilaksanakan secara mandiri oleh panitia penerimaan mahasiswa baru UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan tanpa ujian tertulis. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman web http://pmb.uingusdur.ac.id.

6. Jalur Portofolio
Adalah mekanisme seleksi masuk UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menggunakan raport sekolah semester 1-5, untuk saat ini hanya prodi tertentu yang dapat ditempuh melalui jalur portofolio ini.

Pada jalur portofolio terdiri dari 2, yakni Jalur Portofolio Nasioanal dan Internasional (diperuntukkan bagi mahasiswa asing). Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://pmb.uingusdur.ac.id.

7. Jalur Kader Pesantren
Adalah mekanisme seleksi masuk UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan khusus bagi santri pondok pesantren.

Untuk saat ini hanya prodi Ilmu Hadits yang dapat ditempuh dengan jalur ini. Informasi dan pendaftaran melalui laman https://linktr.ee/Kaderpesantren 

Selain program S1 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan juga membujka pendaftaran untuk Program Sarjana (S2).

Informasi lengkapnya bisa diakses di https://pps.uingusdur.ac.id.

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories