Betawi

Inilah Alasan Bubur Pacar Cina Betawi Cocok untuk Menu Takjil

Senibudayabetawi.com – Bulan Ramadan menjadi waktu yang senantiasa ditunggu-tunggu oleh umat Muslim, tak terkecuali Betawi. Momen ini juga identik dengan kemunculan kembali takjil khas Betawi seperti bubur pacar cina. Bubur pacar cina merupakan salah satu hidangan takjil khas Betawi yang populer dinikmati saat bulan Ramadan. Hidangan ini terbuat dari biji pacar cina yang direbus hingga

Inilah Alasan Bubur Pacar Cina Betawi Cocok untuk Menu Takjil

Senibudayabetawi.com – Bulan Ramadan menjadi waktu yang senantiasa ditunggu-tunggu oleh umat Muslim, tak terkecuali Betawi. Momen ini juga identik dengan kemunculan kembali takjil khas Betawi seperti bubur pacar cina.

Bubur pacar cina merupakan salah satu hidangan takjil khas Betawi yang populer dinikmati saat bulan Ramadan. Hidangan ini terbuat dari biji pacar cina yang direbus hingga matang dan dicampur dengan kuah santan manis.

Berikut beberapa alasan mengapa bubur pacar cina menjadi favorit orang Betawi untuk berbuka puasa:

1. Rasanya yang Manis dan Segar

Bubur pacar cina memiliki rasa manis dan segar yang cocok untuk dinikmati setelah seharian berpuasa. Rasa manisnya berasal dari gula pasir yang dicampurkan ke dalam kuah santan, sedangkan rasa segarnya berasal dari biji pacar cina yang memiliki tekstur kenyal dan lembut.

2. Mudah Dibuat

Bubur pacar cina tergolong hidangan yang mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama. Biji pacar cina hanya perlu direbus hingga matang dan kemudian dicampurkan dengan kuah santan yang sudah dimasak.

3. Kaya Nutrisi

Bubur pacar cina mengandung berbagai nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, dan vitamin B kompleks. Karbohidrat dari biji pacar cina memberikan energi, protein dari santan membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, dan vitamin B kompleks berperan penting dalam metabolisme tubuh.

4. Memiliki Makna Simbolis

Bagi orang Betawi, bubur pacar cina melambangkan persatuan dan kesatuan. Warna-warni biji pacar cina yang beragam diibaratkan sebagai keragaman suku dan budaya yang bersatu dalam bingkai kebersamaan.

5. Tradisi Turun-Temurun

Menyantap bubur pacar cina saat Ramadan merupakan tradisi turun-temurun yang sudah dilakukan oleh masyarakat Betawi sejak lama. Tradisi ini menjadi bagian dari budaya Betawi dan identitas mereka sebagai masyarakat yang religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan.

6. Hidangan yang Menyehatkan

Bubur pacar cina tergolong hidangan yang menyehatkan karena terbuat dari bahan-bahan alami, seperti biji pacar cina, santan, dan gula pasir. Biji pacar cina sendiri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ramadani Wahyu

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories