Islami

Mengungkap Cara Joki Hajar Aswad Melancarkan Modusnya

Arina.id ~ Salah satu tempat yang menjadi magnet bagi jemaah di Masjidil Haram adalah Hajar Aswad. Hajar Aswad adalah batu dari surga yang semula berwarna putih salju, namun karena ulah dan dosa manusia, akhirnya batu itu berubah menjadi hitam. Batu ini berada di salah satu sudut Ka’bah dan menjadi rebutan para jemaah yang ingin menciumnya.

Arina.id ~ Salah satu tempat yang menjadi magnet bagi jemaah di Masjidil Haram adalah Hajar Aswad. Hajar Aswad adalah batu dari surga yang semula berwarna putih salju, namun karena ulah dan dosa manusia, akhirnya batu itu berubah menjadi hitam.

Batu ini berada di salah satu sudut Ka’bah dan menjadi rebutan para jemaah yang ingin menciumnya. Dan inilah yang dijadikan modus orang yang tidak bertanggung jawab dengan pura-pura menawarkan bantuan agar dapat mencium batu mulia ini. Namun sebenarnya ini hanyalah modus untuk memeras jemaah.

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag, Arsad Hidayat mengungkapkan bahwa modus para joki Hajar Aswad ini biasanya mencari target yang terlihat memiliki banyak uang. Jika target sudah ditemukan, mereka akan menawarkan diri kepada jemaah untuk mencium Hajar Aswad.

Setelah itu sang joki, yang melakukan modusnya tidak sendiri alias akan menghubungi beberapa rekan mereka untuk membukakan jalan menuju hajar aswad. Bisanya, sindikat mereka terdiri dari 3-4 orang. 

“Dia (joki) biasanya tanpa bilang biayanya,” kata Arsad saat Bimtek PPIH Arab Saudi, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Setelah bisa mencium Hajar Aswad, jemaah tersebut akan diajak menepi. Di situlah para joki itu memeras jemaah. Tidak tanggung-tanggung komplotan ini memeras jemaah mulai dari 500 riyal sampai bisa menguras seluruh uang jemaah.

Ia menyebut ada korban yang akhirnya memberikan semua uangnya di dompet sekitar 1.500 riyal atau sekitar Rp6 juta. Oleh karena itu, ia mengingatkan para jemaah tidak tergiur dengan tawaran-tawaran bisa mencium Hajar Aswad yang bukan merupakan kewajiban dalam ibadah haji ini.

Lokasi seluruh tenda jamaah haji pada tahun 2024 dekat dengan jamarat dan tidak ada lagi yang berada di Mina Jadid

Alhamdulillah, Tenda Jamaah Haji 2024 di Mina Dekat dengan Jamarat

Ibadah puasa adalah ibadah yang memiliki banyak manfaat di antaranya mampu menentramkan hati

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengikuti bimtek 19-28 Maret 2024. Mereka didorong menjadi petugas haji yang bertanggung jawab penuh.

Inilah lagu dan lirik Mars petugas Haji yang telah diluncurkan Kemenag dan mampu membangkitkan semangat

Allah memberikan karunia spesial bagi umat Nabi Muhammad walaupun memiliki umur yang cenderung lebih pendek dari umat sebelumnya

Perang sarung kembali marak di bulan Ramadhan di beberapa daerah. Mengingat dampaknya yang berbahay, perlu pengawasan berbagai pihak kepada para remaja.

Artikel ini mengajak umat Islam untuk mewaspadai 4 sifat yang bisa membangkitkan dosa dalam diri manusia

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories