Tech

Inovasi Google Ciptakan AI Vlogger untuk Buat Foto Jadi Berbicara

Foto: YouTube KilObit Teknologi.id - Google baru-baru ini menggemparkan dunia dengan penemuan terbarunya, teknologi AI VLOGGER, melalui postingan blog di halaman GitHub. Terobosan teknologi AI ( Artificial Intelligence) terbaru ini mampu mengubah foto statis menjadi avatar yang hidup dan berbicara. VLOGGER menggabungkan dua model AI, yaitu model visual dan model audio, untuk menghasilkan animasi yang realistis dan natural.   Model visual menganalisis

ai vlogger
Foto: YouTube KilObit

Teknologi.id – Google baru-baru ini menggemparkan dunia dengan penemuan terbarunya, teknologi AI VLOGGER, melalui postingan blog di halaman GitHub. Terobosan teknologi AI (Artificial Intelligence) terbaru ini mampu mengubah foto statis menjadi avatar yang hidup dan berbicara. VLOGGER menggabungkan dua model AI, yaitu model visual dan model audio, untuk menghasilkan animasi yang realistis dan natural.  

Model visual menganalisis foto secara mendalam, memetakan fitur wajah, rambut, dan pakaian dengan presisi tinggi. Model ini kemudian menggunakan informasi yang ada untuk membangun model 3D avatar yang menyerupai orang di foto. Sedangkan, model audio menganalisis rekaman suara dan mencocokannya dengan gerakan bibir dan ekspresi wajah avatar.  

Kilas Balik Sejarah Google 

Sejarah Google
Foto: Unsplash.com

Google dikenal sebagai perusahaan yang selalu berinovasi di bidang teknologi. Sejak didirikan pada tahun 1998, Google telah mempelopori berbagai terobosan yang mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berkomunikasi. Berikut beberapa contoh inovasi Google:

  • Mesin pencari Google: Mesin pencari revolusioner yang mengubah cara kita menemukan informasi di internet.
  • Android: Sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di dunia, memungkinkan jutaan orang untuk terhubung dengan informasi dan hiburan.
  • Google Cloud: Platform komputasi awan yang menyediakan berbagai layanan untuk bisnis, seperti penyimpanan data, analisis data, dan kecerdasan buatan.
  • Google Maps: Layanan peta digital yang membantu orang untuk menemukan lokasi dan merencanakan perjalanan.
  • Gmail: Layanan email gratis yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.
  • YouTube: Platform video online terbesar di dunia, memungkinkan orang untuk menonton, berbagi, dan membuat video.

Google terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, dan selalu mencari cara baru untuk meningkatkan produk dan layanannya. Google juga berkomitmen untuk menggunakan teknologi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. 

Lebih Dalam Tentang AI Vlogger

AI Vlogger
Foto: JagatReview.com

AI VLOGGER dari Google merupakan sebuah teknologi kecerdasan buatan (AI) yang revolusioner, memungkinkan penggunanya untuk membuat video animasi realistis dengan mudah. Teknologi ini menggunakan model AI canggih bernama VLOGGER (Video-to-Avatar talking head Generative model with Language and multi-modal priors), yang dilatih dengan jutaan gambar dan video.

AI VLOGGER bekerja dengan cara menganalisis foto wajah pengguna dan kemudian menghasilkan avatar 3D yang sangat mirip. Avatar ini kemudian dapat dianimasikan dengan suara pengguna, menghasilkan video yang terlihat dan terdengar seperti pengguna yang berbicara. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video tanpa perlu merekam diri mereka sendiri.  

Manfaat AI VLOGGER di Berbagai Bidang

Manfaat AI Vlogger
Foto: Unsplash.com

Lantas, apakah AI ini hanya bermanfaat bagi pengguna internet terutama content creator? Sebenarnya, AI ini tidak hanya berguna sebagai pendukung media hiburan, namun juga dapat dimanfaatkan di banyak bidang lainnya. Apa saja potensi VLOGGER di berbagai bidang? 

  1. Pendidikan: Teknologi AI ini dapat menciptakan video edukasi interaktif dengan avatar yang menjelaskan konsep dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, pengguna dapat membuat simulasi dan visualisasi yang kompleks untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran yang abstrak. 
  2. Hiburan: Konten hiburan yang inovatif, seperti video musik, animasi, dan film pendek dengan mudah dan efisien. Pengguna dapat personalisasi konten hiburan dengan avatar yang menyerupai pengguna atau karakter favorit mereka. 
  3. Media Sosial: AI VLOGGER membantu pengguna untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut di media sosial dan meningkatkan engagement, serta mempromosikan produk atau layanan dengan cara yang lebih menarik. 

Meskipun VLOGGER memiliki banyak potensi, ada beberapa kekhawatiran yang perlu dipertimbangkan

  • Deepfakes: VLOGGER dapat digunakan untuk membuat deepfakes yang realistis, yang dapat menimbulkan masalah privasi dan keamanan. 
  • Kehilangan kontrol: Orang lain dapat membuat avatar dari foto Anda tanpa persetujuan, yang dapat menimbulkan masalah privasi dan keamanan. 
  • Etika: Perlu ada pedoman etika yang jelas untuk penggunaan VLOGGER untuk  memastikan penggunanya bertanggung jawab.

AI ini masih dalam tahap pengembangan, namun potensinya sangat besar. Teknologi ini dapat mengubah cara kita membuat dan mengonsumsi konten video, dan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. 

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(bmm)

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories