World News

Negara Arab desak semua penyeberangan perbatasan Israel-Gaza dibuka

Kairo (ANTARA) - Para menteri luar negeri dari Mesir, Yordania, Arab Saudi, Qatar dan Uni Emirat Arab menyerukan agar semua penyeberangan perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza dibuka, kata Kementerian Luar Negeri Mesir pada Kamis (21/3). Kairo menjadi tuan rumah bagi para diplomat negara Arab tersebut dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada sehari

Kairo (ANTARA) – Para menteri luar negeri dari Mesir, Yordania, Arab Saudi, Qatar dan Uni Emirat Arab menyerukan agar semua penyeberangan perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza dibuka, kata Kementerian Luar Negeri Mesir pada Kamis (21/3).

Kairo menjadi tuan rumah bagi para diplomat negara Arab tersebut dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada sehari sebelumnya.

“Partisipan menekankan prioritas untuk mencapai gencatan senjata segera dan komprehensif, menambah pengiriman bantuan kemanusiaan, membuka semua penyeberangan perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza dan mengatasi hambatan yang dilakukan Israel,” tulis Kemenlu Mesir melalui media sosial.

Pertemuan mereka juga mencatat perlunya mendukung misi UNRWA PBB di Jalur Gaza dan menyatakan penolakan terhadap upaya pemukiman kembali warga Palestina di luar wilayah mereka.

Pada Oktober lalu kelompok perlawanan Palestina, Hamas, melancarkan serangan roket besar-besaran terhadap Israel dari Jalur Gaza dan melanggar perbatasan. Akibatnya, 1.200 orang tewas dan sekitar 240 orang lainnya disandera.

Israel kemudian melakukan serangan balasan, memerintahkan pengepungan total terhadap Gaza dan mulai melakukan serangan darat ke daerah kantong Palestina tersebut dengan tujuan membumihanguskan para pejuang Hamas dan menyelamatkan para sandera.

Hingga kini lebih dari 31.900 orang telah terbunuh di Jalur Gaza, menurut pemerintah setempat.

Baca juga: Mesir tidak akan izinkan pemindahan paksa warga Palestina dari Gaza
Baca juga: Presiden Mesir, Menlu AS bahas mediasi gencatan senjata di Gaza

Sumber: Sputnik

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories