Islami

Pesantren Terpadu Bismillah, Kab. Serang

Profil Pesantren Terpadu Bismillah, Kab. Serang didirikan pada tahun 2005 oleh Drs.KH Amin Shobrie,M.Pd, pondok pesantren terpadu Bismillah memiliki area keseluruhan kurang lebih sekitar 4 hektar. Pesantren Terpadu Bismillah berlokasi di Jl. Palka Km. 22 Barugbug Padarincang, Serang, Banten. Pesantren Terpadu Bismillah saat ini diasuh oleh KH. Alvi Ruzabady dan KH. Rifqi Sujahilman. Seiring perkembangan

Profil
Pesantren Terpadu Bismillah, Kab. Serang didirikan pada tahun 2005 oleh Drs.KH Amin Shobrie,M.Pd, pondok pesantren terpadu Bismillah memiliki area keseluruhan kurang lebih sekitar 4 hektar.

Pesantren Terpadu Bismillah berlokasi di Jl. Palka Km. 22 Barugbug Padarincang, Serang, Banten. Pesantren Terpadu Bismillah saat ini diasuh oleh KH. Alvi Ruzabady dan KH. Rifqi Sujahilman.

Seiring perkembangan waktu Pesantren Terpadu Bismillah kini telah memiliki lembaga pendidikan formal terdiri dari PAUD, Diniyah, SMP terpadu Bismillah, MTs Terpadu, SMK Bismillah, MA Bismillah dan STAIB Bismillah.

Sejarah
Pondok pesantren ini terbagi dua antara lain pondok pesantren Riyadussolihin al-halimi yaitu pondok pesantren salafiah dan pondok pesantren terpadu BISMILLAH.kedua pesantren tersebut di ikat oleh badan hukum pihak yayasan yang sah berikut penuturan tim Jendela Banten bersama Bapak Drs.KH Amin Shobrie,M.Pd beliau adalah selaku pengasuh atau pengurus pondok pesantren tersebut. Berdiri pada tahun 1929, pondok pesantren yang awalnya peninggalan dari kakek yang bernama Syekh.KH.Halimi bin Soleh.

Dari kedua Pondok pesantren tersebut mengajarkan ilmu agama arsyifik murni yaitu ilmu yang mengajarkan agama tidak ada campuran ajaran umum. santrinya lumayan banyak pada saat itu belum menjamur pondok pesantren tidak seperti saat sekarang ini.kemudian selain pondok pesantren Riyadiussolihin ada juga madrasah Diniyah 6 tahun yang alhamdulilah muridnya mencapai ribuan. Selain ada majlis ta’lim di peruntukan ibu-ibu dan Bapak-bapak dan di sesuikan dengan jadwal hari minggu dan hari jum’at.

Sampai saat ini pondok pesantren masih tetap exis hingga sekarang. untuk Pendidikan ekstrakurikuler berkaitan dengan Ibaiyah marhaban setiap malam jum’at di lanjutkan dengan nurqhoirot itu merupakan pelajaran tambahan, hiburan anak-anak. dengan menggunakan ilmu pada zaman dulu.yaitu belajar ilmu kekebalan selain itu ekstrakurikuler yang lainya di sini kegiatannya dari mulai band, marawis, drum band, silat, dan lain sebagainya.,
Seiring perkembangan di era regenerasi dimana memang situasi dan kondisi tuntutan zaman semakin berubah.

Secara pribadi saya pernah mesantren di daerah serang,tempatnya di lopang gede, cipare , kemudin di Petir, Jombang, Jawa Timur selama 10 tahun lalu.melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di Tebuireng saat itu banyak pengalaman yang di dapat guna mempelajari ilmu untuk studi banding terkait pesantren-pesantren yang ada di Jawa Timur, kemudian di terapkan kepada pesantren yang saat ini kami bina kemudian kami mencoba mendirikan sekolah formal yaitu madrasah Aliayah dan madrasah tsanawiyah Karena kondisi yang kurang mendukung untuk bisa melaksanakan proses pendidikan secara baik .

Maka kami dapat banyak masukan yang bermanfaat dari bapak Kapolda Banten,kemudian Alm.Prof.Dr.H. Hasan, termasuk wakil gubernur Ibu Hj Ratu Atut chosiyah pada saat itu.berkat dorongan serta masukan mulai mencoba mendirikan suatu lembaga pendidikan modern artinya pendidikan agama terpadu dengan kondisi yang ada bisa melayani masyrakat susai dengan keinginan dan minat pasar di era sekarang walhasil dengan bermodalkan bismillah disitu kami dapat mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang sebenrnya.

Cikal bakal dari pondok pesantren Riyadussolihin di lanjutkan dengan pondok pesantren terpadu Bismillah.dan memiliki area ecara keseluruhan kurang lebih sekitar 4 hektar, berkat dukungan tokoh pemuka agama dan peran serta masyarakat juga Pemerintah.dengan membaca Bismillah. Tidak cukup sampai di sini tak henti-hentinya kami terus melakukan sebuah penataan dalam bentuk pembangunan.

Kemudian pada tahun 2004 peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Ibu Wakil Gubernur Hj.Ratu atut Chosiah akhirnya berkembanglah pesantren dan Madrasah Aliyah lalu di lanjutkan dengan mendirikan SMP terpadu BISMILLAH, kemudian tahun berikutnya berdiri SMK BISMILLAH dan Madrasah Tsanawiyah Sekitar pada tahun 2006 didirikan Paud Terpadu, dan menjadi Paud terbaik se-Provinsi banten.kelompok belajar (KOBER) kelompok bermain dan taman kanak-kanak.

Sedangkan Paud yang dulunya terletak di gedung lama sekarang ini sudah di pindahkan ke bangunan baru, dengan adanya bantuan dana dari pemerintah pusat Alhamdulilah sekarang bangunannya sudah terwujud di pondok pesantren terpadu bismillah. pada intinya mereka menjadi anak yang cerdas di dalam agama, cerdas di dalam ilmu pengetahuan umum, cerdas di dalam keterampilan bahasa kemudian punya inovasi yang kreatif dan sebagainya.

Meskipun sekolah ini pesantren alhamdulillah ekstrakurikuler dengan kegiatan mulai dari Marching band,drum band,marawis,English Club, Pramuka, PMR, PKS, Paskibraka,Teater, dan Pik Remaja, Futsal, Basket, Volly Ball, Sepak Bola, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Takraw, Bela Diri, Silat, Out Bound, Qosidah, Nasyid, Rethorika Dakwah, Band, Paduan Suara dan Perkusi.

Kegiatan lainya setiap Subuh, sore, ba’da Magrib, Isya dipergunakan untuk membaca Al Qur’an,belajar pidato dan membaca kitab-kitab klasik dan kitab kuning,yang tak boleh kami tinggalkan. Lokasi sekolah yang strategis,nyaman,dan mudah terjangkau, gedung belajar terdiri 2 lantai, sarana tempat ibadah, laboratorium komputer, Lab IPA/Sains, Lab PAI, Lab.seni, Studio band, Perpustakaan, tersedia asrama pesantren untuk putra dan putri tersedia pelayanan kesehatan, (Poliklinik), dan di sediakan Bea siswa bagi siswa yang berprestasi.

Santri di sini tidak hanya dari sekitar Banten tetapi ada dari luar daerah yaitu dari Aceh, Riau, Padang, Lampung, JawaTengah, Purbalingga, Brebes, Indramayau, Bandung, dll.

untuk santri yang tinggal di p0ndok pesantren soal biaya atau pembayaran includ dalam satu tahun di kenakan biaya sebesar Rp.4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah untuk All In.

Saat ini sedang dalam tahap pembangunan untuk gedung Perguruan Tinggi STAIB Sekolah tinggi Agama Islam sudah berjalan selama 2 tahun status masih dalam peroses memiliki program dua jurusan yaitu Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam waktu kuliah setiap hari sabtu dan minggu full. Sekolah Tinggi Agama Islam menyelenggarakan program S1 dan bekerjasama dengan lembaga atau intansi baik Pemerintah ataupun swasta dan perguruan tinggi lainya yang ada di Banten.

Secara keseluruhan siswa dan mahasiswa berjumlah sekitar 2000 orang terdiri dari PAUD, Diniyah, SMP terpadu Bismillah, MTs Terpadu, SMK Bismillah dan MA Bismillah serta mahasiswa STAIB Bismillah.

Pendiri
KH Amin Shobrie

Pengasuh

  1. KH Amin Shobrie
  2. KH. Alvi Ruzabady
  3. KH. Rifqi Sujahilman

Pendidikan
Unit Pendidikan di antaranya:

  1. TPA/TPQ
  2. Madin
  3. PAUD
  4. SMP terpadu Bismillah
  5. MTs Terpadu
  6. SMK Bismillah 
  7. MA Bismillah 
  8. STAIB Bismillah

Ekstrakurikuler
Pesantren Bismillah memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya:

  1. Kajian Kitab Kuning
  2. Marching band/drum band
  3. Marawis
  4. English Club
  5. Pramuka
  6. PMR
  7. PKS
  8. Paskibraka
  9. Teater 
  10. Pik Remaja
  11. Olahraga:Futsal, Basket, Volly Ball, Sepak Bola, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Takraw, Bela Diri, Silat
  12. Out Bound
  13. Qosidah
  14. Nasyid
  15. Rethorika Dakwah
  16. Band
  17. Paduan Suara
  18. Perkusi
  19. Komputer


Hadrah di pesantren Bismillah

 
Pelatihan komputer para santri di pesantren Bismillah

Fasilitas
Pesantren Bismillah memiliki fasilitas meliputi:

  1. Lokasi sekolah yang strategis,nyaman,dan mudah terjangkau
  2. Gedung belajar terdiri 2 lantai
  3. Sarana tempat ibadah
  4. Laboratorium komputer
  5. Laboratorium IPA/Sains
  6. Laboratorium PAI
  7. Laboratorium Seni
  8. Studio band
  9. Perpustakaan
  10. Asrama pesantren untuk putra dan putri
  11. Pelayanan kesehatan, (Poliklinik)
  12. Beasiswa bagi siswa yang berprestasi


Gedung pesantren di pesantren Bismillah


Gedung pesantren di pesantren Bismillah

Sumber:
https://www.bismillah.or.id

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

KUNJUNGI JUGA

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 226
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories