Islami

Inilah Doa Khusus pada Malam Lailatul Qadar

Mendapatkan malam Lailatul Qadar merupakan impian umat Islam. Pasalnya, pada malam penuh kemuliaan dan keberkahan tersebut, umat Islam akan mendapatkan pahala ibadah setara dengan 1.000 bulan atau sekira 83 tahun 3 bulan. Di sisi lain, Lailatul Qadar menjadi rahasia Allah yang tidak diketahui secara pasti kapan malam istimewa itu terjadi. Namun demikian, hal ini mestinya

Mendapatkan malam Lailatul Qadar merupakan impian umat Islam. Pasalnya, pada malam penuh kemuliaan dan keberkahan tersebut, umat Islam akan mendapatkan pahala ibadah setara dengan 1.000 bulan atau sekira 83 tahun 3 bulan.

Di sisi lain, Lailatul Qadar menjadi rahasia Allah yang tidak diketahui secara pasti kapan malam istimewa itu terjadi. Namun demikian, hal ini mestinya tidak menyurutkan semangat dalam mencarinya. Sebaliknya, umat Islam dianjurkan untuk mencari malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan, terutama di sepuluh malam terakhir.

Anjuran untuk mencari Lailatul Qadar berdasarkan hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

من قام ليلة القدر إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Artinya: “Barangsiapa yang berdiri (menunaikan shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan (penuh) keimanan dan pengharapan (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Imam Nawawi dalam kitab Majmu Syarah al-Muhadzab menjelaskan, Lailatul Qadar selalu hadir di setiap tahun dan dapat dilihat oleh siapa saja yang dikehendaki oleh Allah. Mereka yang berhasil mendapat Lailatul Qadar pun jumlahnya sangat banyak bahkan tak terhitung.

Selanjutnya, bagi orang yang berhasil mendapatkan Lailatul Qadar dianjurkan agar menyembunyikannya serta memanjatkan doa dengan penuh keikhlasan dan keyakinan untuk kebaikan agama, dunia, terlebih untuk kebaikan akhirat. (Imam Nawawi, Majmu Syarah al-Muhadzab [KSA, Maktabah Al-Irsyad: t.t], juz VI, halaman 494)

Mengingat hal tersebut, setiap umat Islam punya peluang yang sama dalam mendapatkan Lailatul Qadar dan didorong untuk semangat dalam mencarinya. Di antara upaya untuk mendapatkan Lailatul Qadar adalah dengan memperbanyak doa, terutama membaca doa khusus Lailatul Qadar, sebagaimana berikut:

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ

Allâhumma innaka ‘afuwwun karîmun tuḫibbul ‘afwa fa‘fu ‘annî (jika berjamaah, diganti dengan ‘annâ) 

Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (berjamaah: maafkanlah kami).”

Doa Lailatul Qadar tersebut bersumber dari hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah, berikut ini:

أن عائشة رضي الله عنها قالت : يا رسول الله أرأيت إن وافقت ليلة القدر ماذا أقول ؟ قال تقولين : اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Artinya: ”Sesungguhnya Sayyidah ‘Aisyah bertanya (kepada Rasulullah): Wahai Rasulullah, menurut engkau jika aku mendapati malam Lailatul Qadar apa yang harus aku ucapkan? Rasulullah menjawab: Ucapkanlah doa Allâhumma innaka ‘afuwwun karîmun tuḫibbul ‘afwa fa‘fu ‘annî.”

Itulah doa khusus Lailatul Qadar yang dianjurkan dibaca oleh umat Islam terutama di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Diharapkan dengan memperbanyak doa tersebut, Allah menghendaki kita untuk mendapatkan Lailatul Qadar. Wallahu a‘lam.

Inilah doa buka puasa yang dibaca oleh Rasulullah saat berbuka puasa dengan para sahabatnya

Doa Rasulullah saat Buka Bersama dengan Sahabat

Inilah berbagai bacaan doa yang bisa kita baca saat akan berbuka puasa lengkap dengan latin dan artinya

Doa kamilin adalah doa yang dibaca setelah shalat tarawih selama bulan ramadhan. Berikut ini bacaan doa kamilin lengkap teks arab, latin dan terjemah bahasa Indonesia.

Inilah doa yang bisa kita baca agar segala permasalahan yang dihadapi bisa selesai dengan tuntas

Kemunculan hilal atau bulan sabit muda dinilai sangat penting karena akan menentukan awal bulan Hijriyah Berikut ini adalah doa ketika melihat hilal di awal bulan.

Tolok ukur dari keberkahan sebuah ilmu di antaranya adalah kebermanfaatannya dalam kehidupan. Berikut definisi dan doo ilmu yang bermanfaat

Inilah bacaan Tahlil dan doa yang bisa kita amalkan pada malam Nisfu Sya’ban

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories