Islami

Serba-serbi PPL UIN SAIZU Purwokerto; Dapat Ilmu dan Pengalaman hingga Diterima Kerja di Tempat Magang

Arina - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah proses pelatihan akademik dalam upaya penerapan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan. Bagi mahasiswa, PPL sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang lingkupnya lebih luas dari bekal ilmu yang dipelajari di di kampus. Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto secara rutin mengirimkan mahasiswanya

Arina – Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah proses pelatihan akademik dalam upaya penerapan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan. Bagi mahasiswa, PPL sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang lingkupnya lebih luas dari bekal ilmu yang dipelajari di di kampus. Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto secara rutin mengirimkan mahasiswanya ke berbagai daerah dan instansi untuk melaksanakan PPL.

Tahun 2024 ini ratusan mahasiswa UIN Saizu dari berbagai fakultas dan jurusan kembali melaksanakan tugas PPL di instansi pemerintah, kantor swasta, dunia usaha, media massa/lembaga penyiaran, serta lembaga lainnya di berbagai kota. Kegiatan PPL memberikan pengalaman secara langsung di lapangan, yang dapat membentuk kepribadian mahasiswa agar lebih mandiri, dewasa, serta bertanggung jawab ketika berinteraksi dan bekerja sama dalam dunia kerja, serta masyarakat luas.

Di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, mahasiswa PPL UIN Saizu melakukan PPL antara lain di Pengadilan Agama Banyumas Kelas 1B. Selama 40 hari, para mahasiswa merasakan langsung dan terlibat dalam suasana kerja di instansi pemerintah itu.

Mahasiswa mendapatkan pengalaman melihat perkara perihal perceraian, dispensasi kawin dan pengangkatan anak yang membuka literasi akan pentingnya menyelesaikan perkara dengan jalan keadilan yang berdasarkan hukum yang berlaku. Mahasisswa juga  bisa mengenal Lembaga Bantuan Hukum yang bisa bekerjasama dengan Pengadilan Agama dalam membantu para pihak yang berperkara. Mahasiswa menjadi lebih faham dunia hukum seputar apa saja perkaran yang dapat diajukan di Pengadilan Agama.

Magang di media
Di Purbalingga, 6 mahasiswa UIN Saizu berkesempatan melakukan PPL di Tabloid Pendidikan Edukator. Keenam mahasiswa tersebut adalah : Alif Cahya Pratama dari angkatan 2019, serta 5 lainnya dari angkatan 2020 yakni Erlina Dwi Anggraini, Alisia Maulani Azarine, Hud Salam, Mila Febriani, dan Musa Asaduddin Wahid. Mereka dibimbing langsung oleh Pemimpin Redaksi Edukator, Prasetiyo.

Pemimpin Redaksi Tabloid Pendidikan Edukator, Prasetiyo merasa sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa PPL dari UIN Saizu. Selama ini, medianya terbuka melakukan kerja sama dengan berbagai kalangan, termasuk perguruan tinggi. Selama PPL, lanjut Prasetiyo, mahasiswa aktif mengikuti peliputan, menulis dan dokumentasi serta belajar manajemen media. Dia juga membekali dan membimbing mahasiswa dengan ilmu jurnalistik.

“Selama PPL, para mahasiswa akan kami bekali tips-tips praktis menulis berita, feature, wawancara, merancang liputan dan mengamati proses produksi di percetakan. Kami juga libatkan peliputan di lapangan. Hasil liputan mereka dipublikasikan di media Edukator baik cetak maupun online,” kata Prasetiyo.

Di Banjarnegara, mahasiswa PPL UIN Saizu tahun ini magang di berbagai instansi penting, salah satunya pada Dinas Komunikasi dan Informatika. Tiga mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah yakni Lina Fauluti Farhah, Imroatul Faizah dan Adi Rizqy Alfarih. Di instansi pemerintah tersebut  mereka juga berkesempatan praktik siaran radio di Suara Banjarnegara FM, yang dibimbing ole Kasmun, program director radio tersebut.

“Kita coba mereka untuk siaran baik live maupun rekaman. Kita juga persilakan mereka untuk  mengekspresikan kreativitasnya dalam produksi audio seperti iklan layanan masyarakat,” ungkap Kasmun.

Dosen Pembimbing Lapangan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Saizu, Arsam, menyampaikan, PPL wajib ditempuh oleh mahasiswa pada semester 6 selama 40 hari. Atas nama kampus, Arsam menyampaikan apresiasi kepada dinas/instansi yang telah memberikan kesempatan dan fasilitas kepada mahasiswa PPL untuk belajar dan berpraktik di lingkungan instansinya. 

Untuk penilaian PPL bagi mahasiswa, lanjutnya, meliputi Kemampuan Profesional, Etik, Kedisiplinan, Kerja Sama, Tanggung Jawab, dan Inisiatif. Penilaian PPL diberikan oleh pejabat di tempat magang. Tak lupa ia juga selalu berpesan kekepada mahasiswa PPL untuk selalu menjaga nama baik UIN Saizu Purwokerto di mana pun mereka berada. 

“Kami selalu menekankan pada mahasiswa untuk menaati perjanjian dan tata tertib PPL antara lain mengikuti PPL sampai selesai, patuh pada tata tertib yang berlaku di lokasi PPL dan selalu menjaga nama baik civitas akademika,” pesan Arsam.

Banyak pengalaman
Selama 40 hari magang pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjarnegara, Adi Rizqy Alfarih banyak mendapatkan pengalaman baru.

Selama magang, pemuda asal Bumiayu, Brebes ini belajar banyak hal. Seperti mengikuti agenda kegiatan Bupati dan pimpinan daerah, siaran radio dan tinjauan ke desa-desa.

“Alhamdulillah, di sini saya dapat ilmu yang tak diajarkan di kampus. Berkat PPL di sini saya bisa memfoto Pak Bupati. Juga bertemu banyak orang penting. Selama kos, warga di sini juga sangat baik, jadi menambah teman dan saudara,” ungkap Ady.

Dari magang jadi pegawai
Pengalaman tak terduga diceritakan Umul Faidah, alumnus UIN Saizu Purwokerto, yang pada 2021 magang di radio Suara Banjarnegara. Mahasiswi angkatan 2017 UIN Saizu Purwokerto dengan skirpsi berjudul Radio sebagai Media Dakwah, Studi Terhadap Program Keagamaan di Radio yang mendapat pujian ini, tak menyangka dirinya kini menjadi penyiar di radio tersebut.

Ikhwal diterimanya Umu sebagai penyiar resmi di radio tersebut terjadi di tahun 2022. Beberapa bula setelah lulus kuliah di UIN, kebetulan pihak radio sedang membutuhkan tenaga untuk posisi penyiar. Tanpa pikir panjang dia segera melamar. Setelah menjalani serangkaian tes, dia pun dinyatakan diterima bekerja di sana.

“Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah, juga orang tuaku, dan tak lupa kepada UIN Saizu serta para dosen yang telah banyak memberi ilmu, untuk bekal saya bisa bekerja di sini,” ungkapnya penuh syukur.

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 226
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 54
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories