Islami

Lobi-lobi Gus Men ke Otoritas Saudi Hasilkan Layanan Fast Track di 3 Embarkasi

Jakarta, Arina.id — Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas melepas secara resmi keberangkatan 393 jemaah haji di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Minggu, (12/5) dini hari. Pemberangkatan kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01) ini menandai dimulainya fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci. Proses pemberangkatan ini akan berlangsung dari

Jakarta, Arina.id — Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas melepas secara resmi keberangkatan 393 jemaah haji di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Minggu, (12/5) dini hari.

Pemberangkatan kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01) ini menandai dimulainya fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci. Proses pemberangkatan ini akan berlangsung dari 12 Mei hingga 10 Juni 2024. 

Dalam pelepasan tersebut, para jemaah diberangkatkan menggunakan maskapai Garuda Indonesia setelah sebelumnya memasuki area Makkah Route untuk proses pemeriksaan keimigrasian.

Di Makkah Route ini, sudah diterapkan fast track (jalur cepat) bagi para jemaah haji. Sehingga proses imigrasi untuk berhaji bisa berjalan dengan sangat cepat.

“Kita tadi melihat layanan fast track di Bandara. Waktunya tidak lebih dari 2 menit. Sangat cepat sekali. Sangat membantu jemaah. Nanti sampai Saudi, mereka tidak lagi ada proses imigrasi, dan bisa langsung naik bus ke hotel dan beribadah di Tanah Suci,” sebut Menag Yaqut Cholil Qaumas.

Fast track merupakan fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen jemaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. 

Fast track awalnya hanya dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Mulai tahun ini, fast track juga dilakukan di Bandara Juanda Surabaya, dan Adi Soemarmo Surakarta. 

Layanan fast track dapat menghemat waktu jemaah setibanya di bandara tujuan, baik Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah maupun King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Sebab, proses pengecekan dokumen keimigrasian (pre departure clearance), seperti visa dan paspor, sudah dilakukan sejak di Bandara Soetta, Cengkareng, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

“Ini ikhtiar besama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi dalam memudahkan jemaah. Atas nama pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan fasilitas fast track tambahan, selain di Jakarta, juga ada di Solo dan Surabaya,” sebut Gus Men di Cengkareng, Minggu (12/5/2024).

Lobi Awal Gus Men

Penambahan layanan fast track pada pelaksanaan Haji 2024 ini bermula ketika Menag Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Direktur Jenderal Bidang Paspor Kementerian Imigrasi Saudi Sulaiman bin Abdul Aziz di Jeddah, Arab Saudi, awal Februari lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Gus Men mengajukan rencana pembukaan fast track bagi jemaah untuk embarkasi Solo (Bandara Adi Soemarmo ) dan Surabaya (Bandara Juanda).

“Secara prinsip mereka telah menyetujui untuk membuka layanan fast track bagi jemaah Embarkasi Solo dan Surabaya,” ujar Menag di Jeddah, Selasa (9/1/2023).

Gus Men menilai fast track ini menjadi salah satu layanan penting bagi jemaah. Layanan fast track akan memudahkan jemaah haji dalam proses pengecekan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor. Sebab, prosesnya sudah dilaksanakan di bandara asal.

Tahapan imigrasi yang sudah dilakukan di Indonesia membuat jemaah tidak perlu antre lagi di imigrasi bandara tujuan. Fast Track hanya membutuhkan waktu tak lebih dari enam puluh menit, dibandingkan layanan biasa yang membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam.

Proposal penambahan fast track itu pun disambut positif pihak Arab Saudi dengan terlebih dahulu melakukan survei lapangan di bandara Solo dan Surabaya.

Pada pertemuan di Four Season Hotel, Jakarta, Menag Yaqut Cholil Qoumas menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Haji Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, Selasa (30/4) pagi.  

Pada pertemuan itu, mereka membahas kemudahan layanan bagi jamaah haji, termasuk mengumumkan adanya penambahan layanan fast track untuk embarkasi Solo (Bandara Adi Soemarmo ) dan Surabaya (Bandara Juanda).

Juru bicara Kemenag Anna Hasbie menjelaskan, tahun ini Indonesia memperoleh kuota sebesar 241 ribu jemaah haji. Berdasarkan data Sistem Komputerisasi dan Informasi Haji Terpadu (SISKOHAT), jumlah jemaah asal Embarkasi JKG dan JKS yang akan menggunakan fast track berjumlah 53.621 yang tergabung di dalam 128 kloter dari DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jabar di Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi.

Embarkasi Surabaya sebanyak 39.228 orang yang tergabung dalam 106 kloter yang diberangkatkan ke Arab Saudi menggunakan maskapai Saudia Arabian Airlines dengan type pesawat Airbus 330 dengan kapasitas 371 orang.

Sementara untuk Embarkasi Solo totalnya ada 100 kloter dan jumlahnya 35.977 jemaah yang akan menikmati fasilitas fast track untuk kali pertama.

“Kalau tahun ini ada penambahan layanan fast track pada Embarkasi Solo dan Surabaya, maka lebih dari 50 persen jemaah yang akan menikmati layanan ini,” terang Anna.

Embarkasi Solo

Layanan fast track ‘Mekkah Route’ dalam penyelenggaraan haji untuk pertama kalinya diterapkan di Embarkasi Solo. Nantinya, pemeriksaan keimigrasian dari Kerajaan Arab Saudi itu bakal dihelat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

Kasubag Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi mengatakan fast track di bandara Adi Soemarmo saat ini sudah siap. Mulai pemberangkatan Kloter 1 Minggu (12/5/2024), pelayanan fast track ini sudah diberlakukan.

Karena penerapan fast track ini, Gentur menyampaikan, berdasarkan simulasi yang dilakukan Kamis (10/5), fast track untuk satu kloter setidaknya butuh 2 jam.

“Kemarin kita simulasi rata-rata (fast track untuk satu kloter) di dua jam,” kata Gentur Rachma Indriadi dikutip dari detik, Sabtu (11/5/2024).

Karena penerbangan pemberangkatan jemaah ke Tanah Suci harus sesuai jadwal, maka pemberangkatan dari asrama haji menuju bandara akan lebih awal lagi. Sehingga 3 jam sebelum penerbangan, jemaah harus sudah diberangkatkan ke Bandara Adi Soemarmo.

Embarkasi Surabaya

Sama halnya dengan Embarkasi Solo, Embarkasi Surabaya tahun ini juga menerapkan fast trackuntuk melayani calon jemaah haji (CJH) yang akan diterbangkan ke Tanah Suci, Arab Saudi.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Mufi Imron Rosyadi, menyatakan pihaknya telah melakukan sinkronisasi dengan mencoba melakukan persiapan secara sistemik sehingga tahapan dapat dipahami semuanya dan prosesnya berjalan lancar.

Mufi menjelaskan, layanan fast track diterapkan untuk mempermudah jemaah dalam menjalani pemeriksaan dokumen ke imigrasian. Selain itu, juga untuk mencegah sejak dini apabila terjadi kesalahan dokumen imigrasi di Tanah Air sehingga petugas tidak perlu lagi ke Bandara Arab Saudi untuk membenarkan seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Simulasi layanan ini pun dilakukan PPIH Embarkasi Surabaya pada Jumat kemarin. Semua unsur terkait dilibatkan. Menggunakan 10 bus, simulasi dilakukan sejak dari kedatangan jemaah ke asrama haji hingga tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, untuk proses pemberangkatan ke Arab Saudi.

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 225
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories