Bisnis

10 Business Woman Indonesia yang Menginspirasi

Peran perempuan Indonesia dalam dunia bisnis semakin terlihat dan diakui. Kegigihan, tekad, dan kreativitas mereka telah mengantarkan banyak business woman berada dipuncak kesuksesan mereka. Kisah mereka tentu saja bisa menjadi inspirasi bagi para pengusaha wanita diluaran sana, bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika ada tekad dan niat. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai

Peran perempuan Indonesia dalam dunia bisnis semakin terlihat dan diakui. Kegigihan, tekad, dan kreativitas mereka telah mengantarkan banyak business woman berada dipuncak kesuksesan mereka.

Kisah mereka tentu saja bisa menjadi inspirasi bagi para pengusaha wanita diluaran sana, bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika ada tekad dan niat.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa pengusaha di Indonesia dan kisah inspiratifnya.

10 Business Woman di Indonesia dan Kisah Inspiratifnya

Ini dia beberapa pengusaha wanita sukses di Indonesia dan kisah Inspiratifnya

1. Martha Tilaar (Martha Tilaar Group)

Pengusaha Wanita Indonesia

Marta Tilaar, founder Martha Tilaar Group (Credit: IDN Times.com (Credit: Freepik.com)

Business woman pertama ada Marta Tilaar, founder Martha Tilaar Group sebuah perusahaan kosmetik terkemuka di Indonesia. Ia memulai bisnis kosmetiknya dari garasi rumahnya dengan modal kecil.

Meskipun menghadapi banyak tantangan pada zamannya yang belum banyak wanita memasuki dunia bisnis, kegigihannya membawa kesuksesan.

Kini merek Martha Tilaar tetap menjadi salah satu yang terdepan di Indonesia, menunjukkan bahwa kegigihan dan ketekunan bisa mengalahkan segala rintangan.

2. Nurhayati Subakat (Wardah)

Nurhayati Subakat (wardah)

Potret Business Woman Indonesia Nurhayati Subakat (Credit: Harianhaluan.id)

Selanjutnya ada Nurhayati Subakat, contoh nyata bahwa latar belakang pendidikan bisa menjadi kekuatan dalam membangun bisnis. Ia merupakan lulusan farmasi dan berhasil mendirikan brand kosmetik ternama Wardah.

Selain itu, ia juga merupakan CEO dari PT Paragon Technology and Innovation yang menaungi berbagai brand kosmetik ternama selain Wardah. Seperti, Emina, Khaf, Make Over hingga perawatan rambut Putri dan IX.

Ia sendiri memulai usahanya pada tahun 1985, saat itu perusahaannya masih bernama PT Pusaka Tradisi Ibu. Hingga pada tahun 2017 Forbes mengatakan ia sudah memiliki 8.300 karyawan dan sudah berhasil menguasai 30% pasar produk kecantikan di Indonesia.

3. Mooryati Soedibyo  (Mustika Ratu)

Mooryati Soedibyo

Potret Mooryati Soedibyo (Credit: Detik.com)

Berikutnya ada Mooryati Soedibyo pendiri Mustika Ratu, yang berhasil membawa produk-produk tradisional Indonesia ke pasar global.

Saat ini produk mustika ratu sudah diterima kurang lebih 20 negara, seperti usia, Belanda, Jepang, Afrika Selatan, Timur Tengah, Malaysia, Brunei dan lainnya.

Selain menjadi pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo juga merupakan salah satu pencetus ajang putri Indonesia, ide ini muncul setelah ia menyaksikan Miss Universe di Bangkok pada tahun 1990.

4. Amanda Susanti (Sayurbox)

Amanda Susanti

Amanda Susanti, Founder Sayurbox (Credit: Swa.co.id)

Business woman sukses di Indonesia berikutnya ada Amanda Susanti, pendiri Sayurbox. Ia berhasil merubah paradigma dalam industri pertanian dengan menghubungkan langsung petani dengan konsumen melalui platform digital.

Kehadiran Sayurbox tidak hanya menguntungkan para petani dengan harga yang lebih adil, tetapi juga memberikan solusi praktis bagi konsumen yang menginginkan produk pertanian segar.

5. Catherine Hindra Sutjahyo (Zalora)

Catherine Hindra Sutjahyo

Catherine Hindra Sutjahyo, Founder Zalora (Credit: Kumparan.com)

Kelima ada Catherine Hindra Sutjahyo, contoh inspiratif dari seorang wanita yang meninggalkan pekerjaan mapan untuk mengejar tantangan baru dalam industri e-commerce.

Sebagai pendiri dan direktur Zalora Indonesia, ia berhasil mengelola perusahaan dalam skala besar dengan tanggung jawab yang besar pula.

Keberaniannya untuk memasuki dunia bisnis yang kompetitif menunjukkan bahwa dengan tekad dan keberanian, perempuan dapat meraih kesuksesan dalam berbagai bidang.

6. Shinta Nurfauzia (Lemonilo)

Business Woman Indonesia

Shinta Nurfauzia, CEO Lemonilo (Credit: Lemonilo.com)

Business woman berikutnya ada Shinta Nurfauzia, contoh inspiratif seorang pengusaha yang mampu mengubah jalur karirnya dari seorang pengacara menjadi wirausaha sukses di bidang kuliner.

Dengan latar belakang pendidikan hukum, ia berhasil menciptakan Lemonilo, merek mie instan sehat yang sukses di pasaran.

Keberhasilannya tidak hanya terletak pada inovasi produk, tetapi juga kemampuannya dalam memahami pasar dan kebutuhan konsumen, terutama ibu rumah tangga yang peduli akan kesehatan.

6. Najwa Shihab (Narasi)

Najwa Shihab

Portret Najwa Shihab (Credit: Instagram/@najwashihab)

Berikutnya ada Najwa Shihab, dikenal sebagai jurnalis dan pendiri Narasi, platform media yang fokus pada jurnalisme independen dan edukasi.

Najwa Shihab berani menyuarakan isu-isu penting dan kritis, menjadikannya panutan bagi banyak perempuan di Indonesia.

Selain itu, Ia menunjukkan bahwa perempuan bisa sukses di bidang jurnalisme dan media, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

8. Diajeng Lestari (HijUp)

Diajeng Lestari

Potret Diajeng Lestari (Credit: Tempo.co)

Berikutnya ada Diajeng Lestari, seorang wanita yang mampu mengubah kesulitan pribadinya menjadi peluang bisnis yang sukses.

Bisnisnya dimulai dari keresahan yang ia alami selama ini, dimana ia merasa kesulitan dalam mencari baju muslimah berkualitas.Hingga pada akhirnya ia membangun HijUp, sebuah platform e-commerce yang khusus menjual produk baju dan aksesori muslimah.

Keberhasilannya dalam merambah pasar lokal dan internasional menunjukkan visi dan dedikasinya dalam memberikan solusi bagi kaum muslimah yang membutuhkan pilihan fashion yang sesuai dengan nilai-nilai mereka.

9. Nabilah Alsagoff (DOKU)

Nabilah Alsagoff

Nabilah Alsagoff, Founder Doku (Credit: europeanbusinessreview.com)

Kemudian ada Nabilah Alsagoff, ia berhasil meninggalkan zona nyamannya untuk mengejar impian dan mendirikan DOKU, salah satu perusahaan pembayaran online terkemuka di Indonesia dan Asia.

Nabilah Alsagoff sendiri memulai perjalanannya sebagai seorang profesional yang bekerja di Kementerian Pariwisata Indonesia. Namun, kemudian ia memutuskan untuk meninggalkan zona nyamannya dan mengejar mimpinya untuk membangun perusahaan sendiri.

10. Hanifa Ambadar (Female Daily Network)

Hanifa Ambadar

Potret Hanifa Ambadar (Credit: femaledaily.com)

Terakhir ada Hanifah Ambadar, business woman sukses yang memanfaatkan hobi dan minatnya untuk membangun sebuah kanal yang bermanfaat bagi banyak orang.

Dengan hobi menulis dan minatnya dalam topik-topik yang berkaitan dengan perempuan, ia berhasil membangun Female Daily Network.

Sebuah platform yang menyediakan informasi edukatif tentang kecantikan, review produk kosmetik, dan komunitas yang membahas isu-isu tertentu yang relevan bagi perempuan.

Baca Juga: 10 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses di Indonesia

Mau Jadi Business Woman Sukses Seperti Mereka? Ini Caranya!

Berikut cara menjadi business woman yang sukses:

1. Temukan Passion dan Peluang Pasar

Hal pertama yang penting diperhatikan sebelum membangun bisnis adalah memahami apa passion diri Anda dan bagaimana peluang pasarnya.

Sebab, bisnis yang dijalankan dengan passion cenderung lebih bertahan dan sukses karena Anda akan memiliki motivasi intrinsik yang kuat.

Caranya mengetahui peluang pasarnya bagaimana? Lakukan riset pasar, pahami kebutuhan pasar, tren, dan persaingan di industri yang Anda targetkan.

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam Tentang Riset Pemasaran Sebelum Memulai Bisnis

2. Buatlah Rencana Bisnis yang Matang

Selanjutnya buat rencana yang matang untuk proses bisnis kedepannya, mulai dari tujuan jangka pendek dan panjang, strategi pemasaran, proyeksi keuangan, hingga rencana operasional.

Meskipun rencana sudah disusun sebelumnya, Anda harus tetap fleksibel dan siap untuk menyesuaikan strategi Anda dengan perubahan pasar dan kondisi yang tidak terduga.

3. Bangun jaringan dan Mentorship

Berikutnya mulailah bangun jaringan dengan pengusaha lain, investor dan profesional di bidang terkait. Jaringan yang kuat dapat membantu Anda mendapatkan peluang bisnis, informasi terbaru, dan dukungan.

Selain itu, carilah mentor yang berpengalaman di bidang bisnis yang Anda minati. Mentor dapat memberikan Anda pembelajaran, bimbingan, dan saran yang dapat membantu Anda mengatasi tantangan dan mencapai tujuan bisnis Anda.

4. Kelola Keuangan dengan Baik

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memiliki pengelolaan keuangan yang baik, mulai dari pencatatan keuangan yang rapi dan akurat, memahami arus kas hingga laporan keuangan.

Hal ini akan membantu Anda memantau kesehatan keuangan bisnis Anda, menghindari kekurangan kas, menjaga kelancaran operasional dan membuat keputusan yang lebih baik.

Pencatatan yang rapi, arus kas dan laporan keuangan bisa dicek kapan saja dan dimana saja bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Aplikasi pembukuan keuangan Beecloud.

Dilengkapi berbagai fitur unggulan 100% siap bantu pebisnis jalankan bisnisnya lebih mudah dan efisien. Masih ragu? Anda bisa uji coba gratis sekarang juga dengan klik banner di bawah ini!

Pakai Beecloud Mudah Kontrol Hutang Dan Piutang Untuk Mengelola Kondisi Arus Kas Usaha

5.  Kembangkan Kemampuan Diri dan Bisnis

Terakhir adalah meningkatkan kemampuan diri dan bisnis. Teruslah belajar dan tingkatkan pengetahuan Anda tentang aspek-aspek bisnis yang relevan, seperti manajemen, pemasaran, dan keuangan.

Selalu ikuti perkembangan terbaru dalam industri Anda. Hal ini akan membantu Anda tetap kompetitif dan menghadapi tantangan yang ada.

Nah itu dia 10 business woman di Indonesia lengkap dengan kisah inspiratif mereka. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 226
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 54
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories