Bisnis

7 Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula dan Tips Suksesnya

Dipublish Tgl: Thursday, 16 May 2024 Saat ini TikTok Shop telah menjadi platform yang semakin populer bagi para pengusaha untuk memasarkan dan menjual produk mereka. Tidak jarang orang mulai berbondong-bondong menjadi bagaimana cara jualan di TikTok Shop ini. Sebuah platform short video yang dilengkapi dengan marketplace,  memudahkan penjual mempromosikan produknya melalui video pendek dan live

Dipublish Tgl: Thursday, 16 May 2024

Saat ini TikTok Shop telah menjadi platform yang semakin populer bagi para pengusaha untuk memasarkan dan menjual produk mereka. Tidak jarang orang mulai berbondong-bondong menjadi bagaimana cara jualan di TikTok Shop ini.

Sebuah platform short video yang dilengkapi dengan marketplace,  memudahkan penjual mempromosikan produknya melalui video pendek dan live streaming.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara memulai jualan di TikTok mulai dari panduan mendaftar hingga tips suksesnya!

Apa itu TikTok Shop?

cara berjualan di tiktok shop

Manfaatkan fitur live untuk optimasi penjualan di TikTok (Credit: Freepik.com)

Sebelum membahas lebih dalam mengenai bagaimana cara jualan di TikTok, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Tiktok Shop ini.

TikTok Shop adalah platform perdagangan sosial yang memungkinkan pengguna dan pencipta untuk memasarkan serta menjual produk mereka langsung melalui aplikasi TikTok.

Diluncurkan pada pertengahan tahun 2021, TikTok Shop menjadi pusat perhatian dengan 49% pengguna yang menyatakan kecenderungan untuk membeli produk setelah melihat promosi di TikTok.

Namun, di Indonesia, operasional TikTok Shop terpaksa ditutup pada 4 Oktober 2023 karena peraturan larangan berdagang di media sosial yang diberlakukan oleh Pemerintah.

Mengutip dari Katadata.id TikTok kemudian melakukan integrasi dengan Tokopedia, yang resmi selesai pada Maret 2024. Integrasi ini mengizinkan Tokopedia untuk mengontrol sepenuhnya fitur belanja di TikTok, sesuai dengan regulasi Peraturan Menteri Perdagangan.

Meskipun demikian, pengalaman pengguna antara aplikasi Tokopedia dan TikTok Shop tetap berbeda.

Panduan Daftar TikTok Shop dan Syaratnya

Berikut syarat dan panduan daftar untuk penjual di TikTok Shop:

# Syarat Mendaftar TikTok Shop

Sebelum melakukan pendaftaran akun, pastikan terlebih dahulu Anda sudah memenuhi syarat untuk menjadi seller di TikTok Shop, berikut syaratnya:

  • Minimal berusia 18 tahun
  • Tidak menjadi pengguna TikTok Lite
  • Memiliki Followers (Pengikut) minimal 2.000
  • Memiliki jumlah views minimal 50 dalam 28 hari terakhir.

# Cara Daftar TikTok Shop sebagai Seller

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, Anda bisa melakukan pendapatkan dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi TikTok Anda dan pastikan sudah memiliki konten dengan video views minimal 50.
  • Kemudian, klik menu ‘Profile’.
  • Selanjutnya, klik ikon titik tiga atau tanda V terbalik dan pilih ‘Creator Tools (Alat kreator)’.
  • Lalu pilih menu ‘Monetization dan klik oke.
  • Kemudian Apply pengajuan sebagai TikTok Shop Seller.
  • Pada tahapan ini ANda akan melakukan verifikasi dan akun pengguna akan diberikan patch dari TikTok Shop.

# Cara Memasukkan Barang Dagang

Jika pengajuan Anda sebagai Seller di TikTok Shop sudah selesai, berikutnya adalah memasukkan barang dagang Anda. Caranya bagaimana?

  • Pertama-tama, buka aplikasi TikTok Shop Seller Anda.
  • Kemudian masuk ke akun yang sudah diverifikasi.
  • Masukkan data toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi.
  • Berikutnya, isi formulir data diri sebagai persyaratan verifikasi seperti KTP dan seterusnya lalu tunggu sampai TikTok selesai memverifikasi.
  • Jika sudah klik Start dan pilih opsi Add Product.
  • Pada tahap ni Anda sudah bisa memasukkan data mengenai produk yang akan Anda jual, mulai dari foto hingga deskripsinya.
  • Lakukan secara berulang, sehingga seluruh produk dagangan Anda sudah terinput semua.
  • Terakhir, pilih rekening yang akan dihubungkan ke TikTok Shop, dan Anda sudah bisa berjualan.

Tips Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula Cepat Laris

Ilustrasi pembuatan konten video pendek untuk tiktok (Credit: Freepik.com)

Untuk mengoptimalkan penjualan di TikTok Shop, Anda bisa mengikuti beberapa tips sukses cara jualan di TikTok Shop berikut ini:

1. Memahami Cara Kerja TikTok dan Algoritmanya

Agar sukses dalam berjualan di TikTok, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempelajari bagaimana cara kerja dan algoritmanya. Pelajari jenis konten yang populer di TikTok dengan melihat tren dan konten yang banyak disukai oleh pengguna.

Sedangkan pemahaman algoritma akan membantu Anda dalam  menjangkau audiens hingga mengoptimalkan konten Anda agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna TikTok.

2. Profil Toko yang Menarik

Selanjutnya, buat profil toko baik dari foto produknya atau deskripsi produknya. Dengan profil yang menarik pelanggan akan merasa lebih yakin jika produk yang Anda jual benar-benar berkualitas.

3. Optimalkan Konten

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika TikTok adalah platform video pendek berbasis marketplace. Sehingga, konten ini merupakan bagian penting yang perlu dioptimalkan.

Dengan konten yang optimal maka jangkauan akan lebih maksimal dan dapat meningkatkan awareness hingga penjualan. Manfaatkan fitur-fitur TikTok seperti hashtag, challenge, dan duet untuk meningkatkan visibilitas konten Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Baca Juga: 7+ Cara FYP di TikTok Bikin Promosi Makin Top

4. Manfaatkan Fitur TikTok Ads

Jika Anda merasa konten organik Anda kurang optimal, Anda bisa memanfaatkan TikTok Ads untuk memperluas jangkauan Anda dan meningkatkan penjualan.

Pastikan untuk membuat iklan yang menarik dan menargetkan dengan tepat agar dapat memaksimalkan hasil dari kampanye iklan Anda.

5. Miliki Pembukuan Keuangan

Dalam menjalankan usaha, baik usaha online maupun offline pembukuan keuangan sangat perlu dilakukan. Dimana dengan pembukuan ini perusahaan bisa memantau bagaimana arus kas keuangannya, bagaimana pertumbuhanya dan lain sebagainya.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud, bantu rekap transaksi penjualan lebih rapi sampai laporan keuangan. Penasaran? Uji coba saja sekarang dengan klik banner di bawah ini!

Beecloud Adalah Aplikasi Pembukuan Terintegrasi Untuk Pencatatan, Pengaturan Anggaran, Dan Pelaporan Keuangan Yang Akurat!

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 227
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 99
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 54
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories