Telisik

Rahasia Umur Panjang Kucing dan Anjing

Penelitian di Inggris menemukan ras kucing dan anjing yang memiliki tingkat harapan hidup paling lama. Kucing Burma adalah ras kucing dengan tingkat harapan hidup paling lama, yaitu 14,42 tahun. Anjing Lancashire Heeler adalah ras anjing dengan tingkat harapan hidup paling tinggi, yaitu 15,4 tahun. Kucing betina umumnya lebih berumur panjang daripada kucing jantan. Buat penyayang

  • Penelitian di Inggris menemukan ras kucing dan anjing yang memiliki tingkat harapan hidup paling lama.
  • Kucing Burma adalah ras kucing dengan tingkat harapan hidup paling lama, yaitu 14,42 tahun.
  • Anjing Lancashire Heeler adalah ras anjing dengan tingkat harapan hidup paling tinggi, yaitu 15,4 tahun.
  • Kucing betina umumnya lebih berumur panjang daripada kucing jantan.

Buat penyayang kucing dan anjing, hasil penelitian di Inggris ini bisa jadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan ras mana yang akan dipilih sebagai teman. Bagi mereka yang sudah memilikinya, mengetahui tingkat harapan hidup hewan peliharaan membantu menghargai setiap momen bersama mereka.

Apa ras kucing dan anjing yang tingkat harapan hidupnya paling lama?

Penelitian tentang kucing yang dipublikasikan pada Mei 2024, di Journal of Feline Medicine and Surgery menyebutkan kucing burma menjadi kucing dengan tingkat harapan hidup paling lama, yaitu 14,42 tahun. Sedangkan kucing sphynx merupakan jenis kucing dengan tingkat harapan hidup paling singkat, yaitu 6,68 tahun. Kucing persia yang juga populer di Indonesia memiliki tingkat harapan hidup 10,93 tahun.

Sementara penelitian tentang anjing yang dipublikasikan sebelumnya yaitu pada Februari 2024, di Scientific Reports menyatakan anjing lancashire heeler memiliki tingkat harapan hidup tertinggi yaitu 15,4 tahun. Anjing dengan tingkat harapan hidup paling singkat adalah anjing gembala kaukasia, yaitu 5,4 tahun. Husky Siberia, salah satu anjing breeding yang punya banyak penggemar di sini memiliki tingkat harapan hidup 11,9 tahun.

“Hasil penelitian terkini dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kucing dan mendorong penelitian serupa di masa datang,” tulis Kendy Tzu-yun Teng, peneliti pertama, seperti dikutip dari laporan yang menyorot harapan hidup dan risiko kematian kucing di Inggris itu.

Baca : Kucing Merah Kalimantan, Jenis Kucing Paling Misterius di Dunia

Anakan kucing burma. Foto : pickpik / creative commons

Tim peneliti menggunakan data 7.936 kasus kematian yang terkonfirmasi dan berada di bawah perawatan dokter hewan. Data dikumpulkan sejak 2019 hingga 2021. Jumlah data yang hampir 8.000 kasus itu telah disortir dari 1,25 juta kucing yang dirawat dokter hewan di Inggris.

Hasil penelitian menunjukkan kucing peliharaan di Inggris memiliki harapan hidup 11,7 tahun saat lahir. Angka itu lebih tinggi dibanding Amerika 11,18 tahun, dan Jepang 4,2 tahun. Penelitian juga menemukan kucing betina lebih berumur panjang dibanding kucing jantan. Selisih umurnya rata-rata adalah 1,33 tahun.

Secara keseluruhan kucing hasil persilangan memiliki umur 1,5 tahun lebih panjang dibanding kucing ras murni. Sementara kucing yang dikebiri atau diangkat rahimnya memiliki umur 1,1 tahun lebih panjang dibanding kucing lainnya.

Laporan sebelumnya menyebut kucing sphynx yang memiliki ciri khas tidak memiliki rambut itu menderita masalah jantung. Selain penyakit tulang, gangguan kornea mata, dan kelopak mata yang melipat ke dalam. Laporan tersebut memberi gambaran kucing jenis ini butuh perawatan khusus agar punya kesempatan hidup lebih lama. Diduga penyakit-penyakit tersebut berkaitan dengan kelainan genetik.

Meski rata-rata umur hidup kucing burma kurang dari 15 tahun, namun usianya bisa sampai sekitar 21 tahun. Sedangkan sphynx, yang memiliki tingkat harapan hidup paling singkat, dengan  perawatan yang baik usianya bisa mencapai sekitar 14 tahun.

Sementara itu penelitian di Inggris yang menggunakan data 584.734 ekor anjing dari lebih 150 breeding memberikan gambaran anjing ras berbadan besar dan moncong pendek memiliki rata-rata umur yang juga lebih pendek dibanding anjing berbadan kecil dan moncong panjang.

Baca juga : Jenis Kucing Liar Ini Jago Memanjat dan Mencari Mangsa di Pohon

Seekor anjing Lancashire Heeler. Foto : Svenska Mässan via wikimedia creative commons

“Sekarang kita telah mengidentifikasi populasi yang berisiko mengalami kematian dini, kita dapat mulai mencari tahu mengapa hal tersebut terjadi,” kata Kirsten McMillan, yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari New York Times.

Secara umum, ras anjing berbadan kecil memiliki rata-rata umur hidup 12,7 tahun dibanding ras berbadan besar yang hanya 11,9 tahun. Ras anjing bermoncong pendek rata-rata lama hidupnya mencapai 11,2 tahun, sedangkan yang bermoncong sedang dan panjang adalah 12,8 tahun dan 12,1 tahun.

Misalnya chihuahua, kucing kecil yang lincah ini memiliki rata-rata usia 11,8 tahun. Sementara bulldog yang berbadan lebih besar dengan hidung pesek punya rata-rata umur yang lebih pendek, yaitu 9,8 tahun.

Para ahli telah memperingatkan bahwa moncong mereka yang sangat pendek dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi anjing hasil persilangan ini. Gangguan itu antara lain pada pernafasan, juga gigi. Bulldog diketahui sering menderita masalah kulit dan sendi. Bahu yang cukup lebar dengan tulang panggul kecil membuat bulldog juga seringkali harus menjalani operasi sesar saat melahirkan.

Penelitian itu menyertakan temuan sebelumnya bahwa praktik breeding yang hanya mementingkan penampilan fisik, seringkali mengakibatkan berkurangnya perhatian terhadap kesehatan, kesejahteraan, fungsi, dan perilaku anjing.

Ada kecenderungan para breeder mengawinkan indukan dari ras berbeda untuk menghasilkan anjing jenis baru yang memiliki penampilan lucu dan mungkin terlihat aneh. Beberapa negara telah membatasi izin persilangan anjing untuk mencegah penderitaan akibat kelainan genetik ini. (***)

Hyena, Kucing yang Dikira Anjing

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 226
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories