Tech

Apple Umumkan Fitur Kontrol iPhone Pakai Mata, Cek Juga 5 Fitur Lain!

Sumber: Apple.com Teknologi.id - Pada Hari Kesadaran Aksesibilitas Global yang dirayakan pada Kamis (16/5/2024), Apple meluncurkan serangkaian fitur aksesibilitas baru untuk iPad dan iPhone. Inovasi-inovasi ini dirancang untuk menciptakan pengalaman yang lebih inklusif bagi pengguna dengan berbagai jenis disabilitas. Salah satu fitur unggulan yang diperkenalkan adalah teknologi Pelacakan Mata yang canggih menggunakan kecerdasan buatan, sehingga pengguna dapat

kontrol iphone dengan mata
Sumber: Apple.com

Teknologi.id – Pada Hari Kesadaran Aksesibilitas Global yang dirayakan pada Kamis (16/5/2024), Apple meluncurkan serangkaian fitur aksesibilitas baru untuk iPad dan iPhone. Inovasi-inovasi ini dirancang untuk menciptakan pengalaman yang lebih inklusif bagi pengguna dengan berbagai jenis disabilitas.

Salah satu fitur unggulan yang diperkenalkan adalah teknologi Pelacakan Mata yang canggih menggunakan kecerdasan buatan, sehingga pengguna dapat mengontrol iPhone hanya menggunakan mata. Nah, sekarang mari kita ulas inovasi luar biasa dari Apple ini, mulai dari Pelacakan Mata dan lima fitur lainnya. 

Teknologi Pelacakan Mata untuk Pengguna dengan Disabilitas Fisik

Apple memperkenalkan fitur pelacakan mata baru yang dirancang khusus bagi pengguna dengan disabilitas fisik. Teknologi ini menggunakan kamera depan perangkat untuk melakukan kalibrasi dalam hitungan detik.

“Dengan Pelacakan Mata, pengguna dapat menavigasi elemen aplikasi dan menggunakan Dwell Control untuk mengaktifkan setiap elemen, serta mengakses fungsi tambahan seperti tombol fisik, gesekan, dan gerakan lainnya hanya dengan mata mereka,” jelas Apple. 

Fitur ini bekerja di seluruh aplikasi iPadOS dan iOS tanpa memerlukan perangkat keras atau aksesori tambahan. Selain itu, Apple menjamin bahwa data yang diamankan melalui pemindaian mata hanya disimpan di perangkat dan tidak dibagikan kepada pihak manapun, termasuk Apple. 

Pintasan Vokal dan Listen for Atipikal Pidato

vokal dan listen fot atipikal pidato
Sumber: Apple.com
Apple juga memperkenalkan Pintasan Vokal yang memberikan jangkauan ucapan yang lebih luas sehingga pengguna iPhone dan iPad dapat menentukan ucapan khusus yang dapat dipahami Siri untuk meluncurkan pintasan dan menyelesaikan tugas-tugas kompleks. Selain itu, fitur baru Listen for Atipikal Pidato memberikan kemampuan untuk mengenali pola ucapan pengguna yang memiliki kondisi yang memengaruhi kemampuan bicara, seperti palsi serebral, amyotrophic lateral sclerosis (ALS), dan stroke.

Music Haptics untuk Pengguna Tunarungu

Sumber: Apple.com

Fitur lain yang diperkenalkan adalah Music Haptics. Diciptakan untuk pengguna tunarungu atau yang mengalami gangguan pendengaran, Music Haptics memungkinkan mereka menikmati musik di iPhone melalui getaran. 

“Dengan mengaktifkan fitur aksesibilitas ini, Taptic Engine di iPhone memainkan ketukan, tekstur, dan getaran halus pada audio musik,” jelas Apple.

Fitur ini bekerja dengan jutaan lagu dalam katalog Apple Music dan juga akan tersedia melalui API bagi pengembang untuk membuat musik mereka lebih mudah diakses.

Vehicle Motion Cues untuk Mengurangi Mabuk Perjalanan

Sumber: Apple.com

Untuk pengguna yang sering merasa mabuk perjalanan saat menggunakan gadget di dalam kendaraan yang bergerak, Apple memperkenalkan metode baru untuk membantu mengurangi perasaan tidak nyaman tersebut melalui Vehicle Motion Cues.

Fitur ini menampilkan titik-titik animasi di tepi layar yang bergerak sesuai dengan gerakan kendaraan, membantu mengurangi konflik sensorik tanpa mengganggu konten utama.

“Dengan menggunakan sensor bawaan iPhone dan iPad, Vehicle Motion Cues mengenali saat pengguna berada di dalam kendaraan bergerak dan merespons sesuai dengan kondisi tersebut,” ungkap Apple. 

Pembaruan pada CarPlay dan Fitur Lainnya

carplay
Sumber: Apple.com

Apple juga memberikan pembaruan pada CarPlay dengan menambahkan beberapa fitur aksesibilitas. Salah satunya adalah fitur “Kontrol Suara” yang memungkinkan pengguna mengendalikan CarPlay melalui perintah suara. 

Selain itu, ada fitur “Filter Warna” yang membantu pengguna buta warna dengan memberi teks tebal dan lebih besar, serta fitur “Sound Recognition” yang memberitahu pengguna tunarungu atau yang mengalami gangguan pendengaran ketika ada klakson dan sirine mobil.

Fitur Aksesibilitas di visionOS

visionOS
Sumber: Apple.com

Selain pembaruan pada iOS dan iPadOS, Apple juga mengungkapkan fitur aksesibilitas yang hadir di visionOS. Salah satu fitur penting adalah teks langsung selama panggilan FaceTime, yang akan sangat membantu pengguna tunarungu dalam berkomunikasi secara lebih efektif.

Komitmen Apple terhadap Aksesibilitas

Pengumuman ini menunjukkan komitmen Apple untuk terus meningkatkan aksesibilitas produk mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, Apple telah menjadi pelopor dalam menyediakan teknologi yang inklusif bagi semua pengguna, tanpa memandang kemampuan fisik atau sensorik mereka.

Dengan memperkenalkan fitur-fitur baru ini, Apple berharap dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih inklusif.

Dalam pernyataannya, Apple menekankan bahwa inovasi ini tidak hanya tentang membuat teknologi yang canggih, tetapi juga tentang memahami dan memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda-beda. 

Fitur-fitur aksesibilitas baru yang diperkenalkan Apple ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi jutaan pengguna di seluruh dunia. Dengan terus berinovasi dan memperhatikan kebutuhan pengguna dengan disabilitas, Apple membuktikan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang sangat kuat untuk inklusi dan pemberdayaan.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(bmm)

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 227
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 99
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 54
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories