Tech

Segera Rilis! Begini Cara Aktifkan Fitur Autoplay Animation WhatsApp

Teknologi.id - WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru yang akan membuat layanan perpesanannya lebih interkatif dan ekspresif. Fitur tersebut adalah Autoplay Animation WhatsApp, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan versi beta.  Dengan fitur ini, pengguna akan dapat mengirim dan menerima pesan animasi seperti stiker, emoji, dan avatar yang akan diputar secara otomatis dalam obrolan. Ini merupakan

autoplay animation whatsapp

Teknologi.id – WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru yang akan membuat layanan perpesanannya lebih interkatif dan ekspresif. Fitur tersebut adalah Autoplay Animation WhatsApp, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan versi beta. 

Dengan fitur ini, pengguna akan dapat mengirim dan menerima pesan animasi seperti stiker, emoji, dan avatar yang akan diputar secara otomatis dalam obrolan. Ini merupakan peningkatan signifikan dari pengalaman pengguna saat ini, di mana untuk melihat animasi, pengguna harus mengklik putar terlebih dahulu, yang sering kali terasa kikuk dan kurang praktis.

Perkembangan Fitur Autoplay Animation WhatsApp

Berdasarkan laporan dari WABetainfo dan dilansir oleh detiKINET dari Android Police, fitur Autoplay Animation ini telah mulai diuji coba oleh beberapa pengguna WhatsApp versi beta 2.23.11.4 di Android. Dalam versi beta ini, WhatsApp yang dimiliki oleh Meta telah meluncurkan opsi baru yang ada dalam Pengaturan Obrolan.

Di sini, pengguna dapat menemukan opsi bernama “Autoplay animated images”. Ketika diaktifkan, fitur ini akan membuat emoji, stiker, dan avatar bergerak secara otomatis di dalam obrolan setelah pengguna mengirim atau menerimanya.

Manfaat dan Kelebihan Fitur Autoplay Animation WhatsApp 

Pengguna yang lebih suka pengalaman aplikasi dengan animasi minimal juga dapat memanfaatkan fitur ini. WhatsApp menyediakan pengaturan satu ketukan untuk mematikan pemutaran otomatis, memberikan fleksibilitas bagi mereka yang ingin menghindari gangguan visual. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa pengguna memiliki kendali penuh atas bagaimana mereka ingin berinteraksi dengan konten animasi dalam aplikasi.

Meski fitur Autoplay Animation WhatsApp ini tidak berlaku untuk gambar berformat GIF, fitur ini tetap memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan dan ekspresi dalam percakapan sehari-hari di WhatsApp. Emoji animasi yang direncanakan untuk diluncurkan dalam pembaruan mendatang akan lebih efektif dengan adanya fitur ini, memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri dengan cara yang lebih dinamis dan menarik.

Baca juga: Tampilan Terkini WhatsApp, Dilengkapi Fitur Terbaru Versi iOS Lebih Terang!

Pengaruh Fitur Autoplay Animation WhatsApp Terhadap Pengguna

Fitur Autoplay Animation berpotensi mengubah cara pengguna berinteraksi dalam obrolan WhatsApp. Dengan animasi yang diputar secara otomatis, percakapan bisa menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Misalnya, ketika seseorang mengirimkan stiker lucu atau emoji animasi, penerima tidak perlu lagi mengklik untuk melihatnya bergerak. Ini bisa membuat komunikasi lebih spontan dan natural.

Selain itu, fitur ini juga dapat membantu memperkaya ekspresi pengguna dalam percakapan. Emoji dan stiker animasi bisa menyampaikan perasaan atau reaksi dengan lebih kuat dibandingkan dengan gambar diam. Sebagai contoh, emoji wajah yang bergerak bisa menunjukkan ekspresi yang lebih jelas, seperti tertawa, sedih, atau terkejut, yang mungkin tidak sepenuhnya tersampaikan dengan gambar statis.

Cara Setting Fitur Autoplay Animation WhatsApp

autoplay animation whatsapp
Sumber: @AssembleDebug (X Twitter)

Sebenarnya, cara untuk dapat menggunakan fitur Autoplay Animation ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini: 

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke menu Pengaturan.
  3. Pilih opsi Obrolan.
  4. Masuk ke Pengaturan Obrolan.
  5. Temukan opsi “Autoplay animated images” dan aktifkan.

Dengan mengaktifkan opsi ini, semua emoji, stiker, dan avatar yang dikirimkan atau diterima akan diputar secara otomatis dalam obrolan. Jika pengguna merasa terganggu dengan animasi yang terus-menerus, mereka dapat dengan mudah menonaktifkan fitur ini melalui pengaturan yang sama.

Tantangan dan Harapan

Meski fitur Autoplay Animation menjanjikan peningkatan pengalaman pengguna, ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi. Salah satunya adalah konsumsi data dan daya baterai. Animasi yang diputar secara otomatis bisa meningkatkan penggunaan data dan menguras baterai lebih cepat, terutama bagi pengguna yang sering berkomunikasi menggunakan animasi.

Selain itu, tidak semua pengguna mungkin menyukai animasi otomatis. Ada pengguna yang lebih memilih tampilan sederhana dan tidak ingin terlalu banyak gangguan visual. Oleh karena itu, penting bagi WhatsApp untuk memastikan bahwa pengaturan untuk mematikan fitur ini mudah diakses dan digunakan.

Namun, dengan pengujian yang terus dilakukan dan umpan balik dari pengguna beta, WhatsApp dapat menyempurnakan fitur ini sebelum peluncuran resminya. Dengan begitu, mereka dapat memberikan keseimbangan antara fungsionalitas dan kenyamanan pengguna.

WhatsApp terus berinovasi untuk meningkatkan layanannya dan membuat pengalaman pengguna semakin baik. Fitur Autoplay Animation merupakan langkah maju dalam membuat komunikasi lebih interaktif dan ekspresif. Meskipun masih dalam tahap pengembangan beta, fitur ini menunjukkan potensi besar untuk merubah cara kita berinteraksi melalui pesan instan.

Dengan animasi yang diputar secara otomatis, percakapan bisa menjadi lebih hidup dan ekspresif, memberikan pengguna cara baru untuk mengekspresikan diri mereka. Sambil menunggu peluncuran resminya, kita dapat mengharapkan WhatsApp untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan fitur ini berdasarkan umpan balik pengguna.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(bmm)

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 226
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories