World News

Blinken bahas proposal gencatan senjata Gaza dengan menteri Israel

Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, ketika menelpon dua menteri Israel, membicarakan proposal gencatan senjata di Jalur Gaza, yang diungkapkan oleh Presiden Joe Biden pekan lalu. Dalam pembicaraan telepon dengan Menteri Kabinet Perang Israel Benny Gantz, Blinken "memuji Israel untuk proposal tersebut dan menegaskan bahwa Hamas harus menerima keputusan itu tanpa penundaan", kata Juru Bicara

Washington (ANTARA) – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, ketika menelpon dua menteri Israel, membicarakan proposal gencatan senjata di Jalur Gaza, yang diungkapkan oleh Presiden Joe Biden pekan lalu.

Dalam pembicaraan telepon dengan Menteri Kabinet Perang Israel Benny Gantz, Blinken “memuji Israel untuk proposal tersebut dan menegaskan bahwa Hamas harus menerima keputusan itu tanpa penundaan”, kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller dalam pernyataannya, Minggu (2/6).

Blinken memberi tahu Gantz bahwa usulan itu akan memajukan kepentingan keamanan jangka panjang Israel, termasuk dengan membuka kemungkinan perdamaian di sepanjang perbatasan Israel dengan Lebanon yang akan memungkinkan warga Israel untuk kembali ke rumah mereka.

Sementara itu, selama panggilan telepon dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, Blinken memuji kesiapan Israel untuk menyelesaikan kesepakatan dan menegaskan bahwa kini tinggal tanggung jawab Hamas untuk menerima proposal tersebut.

Menegaskan kembali komitmen kuat AS terhadap keamanan Israel, Blinken menggarisbawahi bahwa usulan itu akan memajukan kepentingan keamanan jangka panjang Israel, termasuk dengan memungkinkan integrasi lebih lanjut di kawasan itu.

Baca juga: Presiden Israel dukung kesepakatan Biden tentang gencatan senjata Gaza

Sebelumnya, Presiden Biden mengatakan bahwa Israel memberikan Hamas sebuah kesepakatan tiga tahap yang akan mengakhiri permusuhan di Jalur Gaza serta mengamankan pembebasan sandera yang ditawan di daerah kantong tersebut.

Biden mengimbau Hamas untuk menerima kesepakatan itu dan mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk menolak tekanan dari anggota koalisi pemerintahannya yang menentang rencana tersebut.

Kantor Netanyahu menegaskan kembali niatnya untuk melanjutkan serangan di Gaza hingga semua tujuan perang Israel tercapai.

Sementara Hamas mengatakan akan menanggapi secara positif setiap usulan yang mencakup gencatan senjata permanen, penarikan penuh pasukan Israel dari Jalur Gaza, upaya rekonstruksi, pemulangan para pengungsi, dan penyelesaian kesepakatan pertukaran sandera yang menyeluruh.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Qatar, Mesir, AS desak Hamas-Israel terima usulan gencatan senjata

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories