Cara Membuat WhatsApp Centang Satu Padahal Sedang Online

service
Share

Share This Post

or copy the link
cara membuat whatsapp centang satu padahal sedang online
Sumber: Christian Wiediger/ Unsplash.com

Teknologi.id – WhatsApp telah menjadi aplikasi pertukaran pesan yang mendunia, termasuk di Indonesia. Dengan 167 juta pengguna per Januari 2023, WhatsApp menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi melalui teks, audio, video, hingga dokumen. Salah satu fiturnya, “Seen”, memungkinkan pengguna mengetahui apakah pesan telah dibaca atau belum.

Namun, di balik kemudahannya, tak semua pengguna menyukai notifikasi “terbaca” ini. Ada kalanya mereka ingin tetap terlihat offline meskipun sedang online. Hal ini memicu munculnya cara-cara untuk membuat WhatsApp centang satu padahal sedang online.

Lantas, bagaimana cara membuat WhatsApp centang satu padahal sedang online? Jika Anda tertarik untuk mencobanya, berikut adalah tiga cara yang bisa Anda lakukan. 

Baca juga: Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Sendiri, Ikuti Langkah Ini!

Cara Membuat WhatsApp Centang Satu Padahal Sedang Online

Perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan aplikasi pihak ketiga, dan keamanan aplikasi pihak ketiga tidak selalu terjamin. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan matang sebelum menggunakannya ya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan

1. Menonaktifkan Tanda Terima Baca (Read Receipts)

Fitur “Read Receipts” di WhatsApp memang memberikan kemudahan dalam mengetahui apakah pesan sudah dibaca atau belum. Namun, bagi sebagian orang, fitur ini dapat mengganggu privasi mereka.

Menonaktifkan Tanda Terima Baca memungkinkan pengguna untuk membaca pesan tanpa diketahui pengirim, sehingga memberikan kontrol lebih atas interaksi mereka di WhatsApp. Ada pun cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih ‘Settings’ > ‘Privacy’
  • Matikan opsi ‘Read Receipts’

Catatan: Ini hanya menyembunyikan centang biru, pesan tetap akan terlihat terkirim (tanda centang satu abu-abu). 

2. Menggunakan Aplikasi WhatsApp GB

Salah satu cara membuat WhatsApp centang satu padahal sedang online adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp GB. Meskipun menawarkan kemudahan untuk menyembunyikan status online di WhatsApp, penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp GB mengandung risiko keamanan yang tidak boleh diabaikan.

Berikut adalah cara membuat WhatsApp centang satu padahal sedang online menggunakan WhatsApp GB: 

  • Unduh dan instal aplikasi WhatsApp GB
  • Buka aplikasi tersebut
  • Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih ‘GB Settings’ > ‘Privacy and Security’
  • Pilih ‘Contacts’
  • Aktifkan kedua opsi: ‘Hide Double Check’ dan ‘Hide Blue Trick’

3. Menggunakan Aplikasi Unseen-No Last Seen

Di antara berbagai cara membuat WhatsApp centang satu padahal sedang online, aplikasi Unseen-No Last Seen menawarkan solusi yang cukup mudah dan praktis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca pesan tanpa membuka WhatsApp, sehingga pesan di WhatsApp tetap bertanda “belum dibaca” meskipun pengguna sebenarnya sedang online.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti Unseen-No Last Seen memiliki potensi risiko keamanan. Pengguna harus mempertimbangkan dengan matang sebelum menggunakan aplikasi ini dan selalu waspada terhadap potensi penyalahgunaan data pribadi.

Ada pun cara memanfaatkan aplikasi ini untuk menyembunyikan status ‘Seen’ adalah: 

  • Unduh dan instal aplikasi Unseen-No Last Seen
  • Buka aplikasi tersebut
  • Pilih WhatsApp
  • Aktifkan ‘Enable Accesibility’
  • Pilih ‘Allow’

Catatan: Pesan akan masuk melalui aplikasi Unseen, dan Anda harus membacanya di sana agar pesan di WhatsApp tetap terlihat ‘belum dibaca’. 

Perhatian yang Perlu Diperhatikan

Sebelum memutuskan untuk mengatur WhatsApp agar centang satu meskipun sedang online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna, antara lain: 

  • Mengubah status online di WhatsApp dapat memicu notifikasi kepada orang lain. 
  • Penggunaan aplikasi pihak ketiga harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena risiko keamanan dan privasi data. 
  • Ada resiko akun WhatsApp diblokir jika menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi. 

Dalam menggunakan aplikasi-aplikasi perpesanan, kita juga bertanggung jawab atas penggunaannya. Menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan cara yang melanggar aturan dapat berdampak negatif tidak hanya pada pengguna tersebut tetapi juga pada komunitas secara luas.

Kita harus selalu berupaya untuk menggunakan teknologi dengan cara yang etis dan bertanggung jawab. Dengan menjaga privasi dan mempertimbangkan kebutuhan komunikasi yang sehat, kita dapat memastikan bahwa WhatsApp tetap menjadi alat yang berguna dalam hubungan interpersonal kita.

Meskipun ada berbagai cara membuat WhatsApp centang satu padahal sedang online, penting untuk selalu mempertimbangkan privasi dan keamanan data. Pengguna harus menggunakan cara ini dengan bijak dan memperhatikan risiko yang terlibat.

Penting untuk diingat bahwa komunikasi yang terbuka dan jujur dalam hubungan merupakan kunci utama. Dalam banyak kasus, lebih baik untuk berkomunikasi secara terbuka daripada menyembunyikan status online atau membaca pesan tanpa memberi tahu pengirim. 

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(bmm)

0
happy
Happy
0
sad
Sad
0
annoyed
Annoyed
0
surprised
Surprised
0
infected
infected
Cara Membuat WhatsApp Centang Satu Padahal Sedang Online
Anda dapat berlangganan buletin kami sepenuhnya tanpa biaya. Segera daftarkan diri Anda untuk mendapatkan berita terbaru dengan mengklik tautan berikut: www.facebook.com/i/10 ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy kabarwarga.com privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow us