Islami

Duka Perempuan Palestina di Tengah Konflik Berkepanjangan

Mubadalah.id – Duka perempuan palestina adalah duka untuk semua yang masih menganggap diri sebagai manusia. Sungguh, tidak perlu menjadi warga sana atau tidak harus menjadi muslim dulu untuk dapat merasakan kepedihan yang warga Palestina hadapi. Serangan yang Israel lakukan sejak Oktober tahun lalu adalah kejahatan kemanusiaan, kejahatan genosida yang terlampau kejam. Bagaimana tidak, Israel telah

Mubadalah.id – Duka perempuan palestina adalah duka untuk semua yang masih menganggap diri sebagai manusia. Sungguh, tidak perlu menjadi warga sana atau tidak harus menjadi muslim dulu untuk dapat merasakan kepedihan yang warga Palestina hadapi. Serangan yang Israel lakukan sejak Oktober tahun lalu adalah kejahatan kemanusiaan, kejahatan genosida yang terlampau kejam.

Bagaimana tidak, Israel telah melanggar berbagai aturan perang internasional. Yaitu dengan menyerang tempat-tempat ibadah, rumah sakit, tenaga kesehatan, bahkan perempuan dan anak-anak. Perempuan Palestina sungguh menghadapi duka yang luar biasa. Terenggut darinya kedamaian, dan masih harus melihat suami dan anak-anak mereka gugur di medan perang yang kejam.

Ironisnya, belum ada tindakan tegas dari perdamaian internasional. Pemerintah yang memprioritaskan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan dalam kebijakan luar negeri tidak hanya mengecewakan perempuan Palestina. Tetapi juga mengirimkan pesan bahwa nyawa dan hak-hak perempuan dalam situasi konflik dapat terabaikan.

Pemerintah Israel dan tokoh masyarakatnya menyebut anak-anak Palestina sebagai “anak-anak kegelapan”. Warga Palestina secara keseluruhan tergambarkan sebagai “manusia binatang”. Anggapan demikian membuat niat Pemerintah Israel menjadi jelas dan konsisten dalam rangka menghancurkan rakyat Palestina secara keseluruhan atau sebagian.

Perempuan dan Anak-anak Terbunuh Setiap Hari

Menurut data yang ada, kira-kira 67 persen dari mereka yang terbunuh di Gaza adalah perempuan dan anak-anak. Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), empat ratus dua puluh anak-anak Palestina terbunuh atau terluka setiap hari di Gaza atau satu anak setiap 10 menit. Perempuan yang terbunuh dalam konflik ini berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Termasuk jurnalis, staf medis, personel PBB, dan anggota organisasi masyarakat sipil.

Kondisi di Palestina menjadi semakin menyedihkan untuk para perempuan yang juga seorang ibu. Ketika mereka harus menyaksikan anak-anak yang dengan susah payah mereka lahirkan dan besarkan harus gugur di medan perang. Menyaksikan mereka menjadi cacat dan terluka parah, atau tidak mengetahui keberadaan mereka sama sekali.

Sebagaimana seperti yang selama ini kita saksikan foto-foto maupun video yang beredar di media sosial. Tentang ibu yang memeluk jasad anaknya yang gugur bersimbah darah, atau berlarian berusaha mencarikan pertolongan untuk nyawa anaknya yang sudah di ujung pengharapan. Mereka terlihat tegar, namun barangkali memang air matanya telah kering dan dukanya terlanjur terlampau dalam untuk tergambarkan dengan kata maupun tangisan.

Menurut laporan WHO, dampak dari serangan di Gaza menyebabkan rumah sakit di sana saat ini tidak berfungsi dan penutupan pusat layanan kesehatan primer lainnya. Hal tersebut berimbas pada sekitar 50.000 perempuan hamil di Gaza yang diperkirakan akan melahirkan dalam kondisi yang memilukan, lebih dari 180 perempuan setiap harinya terpaksa melahirkan di tempat yang tidak manusiawi dan berbahaya.

All Eyes On Rafah

Dengan berkurangnya atau habisnya bahan bakar, obat-obatan, air, dan persediaan rumah sakit, wanita hamil menghadapi kemungkinan melahirkan tanpa anestesi ketika mungkin memerlukan tindakan bedah. Diperkirakan setidaknya 15 persen dari kelahiran ini mempunyai komplikasi yang memerlukan perawatan obstetri dasar atau komprehensif.

Beberapa wanita terlaporkan meninggal sebelum atau saat melahirkan. Selain itu, menurut UNFPA, lebih dari 690.000 perempuan dan anak perempuan yang sedang menstruasi memiliki akses terbatas terhadap produk kebersihan menstruasi.

Serangan yang Israel lakukan terhadap perempuan Palestina, bayi baru lahir, bayi, dan anak-anak dapat kita kualifikasikan sebagai pelanggaran hak asasi manusia untuk hidup. Hal ini berdasarkan Pasal 6 Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik.

Selain itu tergolong pula sebagai tindakan genosida berdasarkan Pasal 2 Konvensi Pencegahan Genosida, dan pelanggaran terhadap beberapa Pasal Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan.

Belakangan ini tagline All Eyes On Rafah”, ramai menjadi pembicaraan hangat di media sosial. Ini menjadi bukti bahwa seluruh mata manusia di dunia ini sedang tertuju membela Palestina dan mengutuk perbuatan Israel.

Tak hanya itu, tren boikut turut disusul pula dengan tren blockout sejumlah selebriti kelas dunia yang terafiliasi dengan Israel. Tak terkecuali di dunia Kpopers yang juga beramai-ramai memilih break up dengan idola pujaan mereka demi bukti cintanya pada Palestina.

Life after break up ini memang berat, meninggalkan produk yang biasa kita pakai dan meninggalkan idola yang selama ini kita puja tentu tidak mudah. Namun nyatanya, kita tak hilang akal dan nurani dengan menyadari bahwa upaya kita ini hanyalah upaya kecil yang tak sebanding dengan kerasnya hidup saudara-saudara kita di Palestina sana. []

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 225
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories