World News

Presiden China langsungkan pertemuan dengan PM Pakistan

Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping melangsungkan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Pakistan Shehbaz Sharif di Beijing pada Jumat (7/6). Menyebut bahwa China dan Pakistan merupakan tetangga yang baik yang dihubungkan oleh gunung dan sungai, sahabat karib yang berbagi keyakinan dan nilai kebenaran, mitra yang saling membantu, serta saudara yang saling berbagi suka dan

Beijing (ANTARA) – Presiden China Xi Jinping melangsungkan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Pakistan Shehbaz Sharif di Beijing pada Jumat (7/6).

Menyebut bahwa China dan Pakistan merupakan tetangga yang baik yang dihubungkan oleh gunung dan sungai, sahabat karib yang berbagi keyakinan dan nilai kebenaran, mitra yang saling membantu, serta saudara yang saling berbagi suka dan duka, Xi mengatakan bahwa kemitraan kerja sama strategis China-Pakistan telah semakin diperdalam dan menikmati dukungan publik yang kuat dengan kekuatan pendorong internal yang besar dan prospek yang luas untuk pembangunan.

Xi menuturkan bahwa China siap bekerja sama dengan Pakistan untuk saling mendukung, memperkuat kerja sama, memperdalam koordinasi strategis, serta mempercepat pembangunan komunitas China-Pakistan yang lebih erat dengan masa depan bersama di era baru, sembari terus memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perdamaian, stabilitas, pembangunan, dan kemakmuran di kawasan tersebut.

Xi menekankan bahwa kunci persahabatan erat antara China dan Pakistan terletak pada pengertian timbal balik, kepercayaan yang tinggi, dan dukungan kuat antara kedua belah pihak. Xi menyampaikan terima kasih kepada Pakistan atas dukungan jangka panjang dan tegasnya kepada China dalam isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan inti serta perhatian utama China.

China, seperti biasanya, mendukung Pakistan dalam menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorialnya, dalam mengejar jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya, dan dengan tegas memerangi terorisme, sambung Xi.

Dikatakan Xi bahwa China siap untuk mendorong keselarasan kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra yang berkualitas tinggi dengan rencana pembangunan Pakistan, melaksanakan kerja sama di bidang pertanian, pertambangan, dan kesejahteraan sosial dengan mempertimbangkan kondisi setempat, memperdalam dan memperkuat pembangunan berkualitas tinggi dari Koridor Ekonomi China-Pakistan (China-Pakistan Economic Corridor/CPEC), serta membantu meningkatkan pembangunan ekonomi dan sosial Pakistan.

Pakistan diharapkan dapat terus menciptakan lingkungan bisnis yang aman, stabil, dan dapat diprediksi serta dengan sungguh-sungguh menjamin keselamatan personel, proyek, dan lembaga-lembaga China di Pakistan, kata Xi.

China bersedia memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Pakistan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Kerja Sama Shanghai, dan mekanisme multilateral lainnya, bersama-sama mendorong multipolarisasi dunia yang setara dan tertib, serta globalisasi ekonomi yang inklusif dan menguntungkan semua pihak, sembari berfokus pada agenda pembangunan, berusaha keras untuk mengatasi tantangan keamanan, meningkatkan tata kelola global, dan menjaga kepentingan bersama dari negara-negara berkembang, serta ketidakberpihakan dan keadilan internasional, papar Xi.

Sementara itu, Shehbaz mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Xi, China telah menorehkan pencapaian besar dalam pengentasan kemiskinan, pemberantasan korupsi, dan pembangunan, yang menarik perhatian dunia.

Pakistan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra, Inisiatif Pembangunan Global, Inisiatif Keamanan Global, dan Inisiatif Peradaban Global yang diusulkan oleh Presiden Xi, yang telah memberikan panduan strategis dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dunia saat ini, serta mendorong pembangunan dunia yang lebih damai dan lebih baik, lanjutnya.

PM Pakistan itu mengatakan bahwa kehadiran CPEC telah secara signifikan mendorong pembangunan nasional Pakistan dan membawa manfaat nyata bagi rakyat Pakistan. Dia berujar bahwa Pakistan akan belajar dari pengalaman China di bidang tata kelola pemerintahan dan terus berkolaborasi dengan China dalam kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra yang berkualitas tinggi, serta memperdalam kerja sama praktis di berbagai bidang.

Dia menegaskan bahwa tidak ada kekuatan yang dapat membendung perkembangan dan pertumbuhan China ataupun menggoyahkan persahabatan yang kuat antara Pakistan dan China. Dia menekankan bahwa Pakistan akan terus mendukung dengan tegas posisi China dalam segala isu yang menyangkut kepentingan inti negara itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 225
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories