Telisik

10 Palung Terdalam di Samudera Dunia: Dari Challenger Deep hingga Palung Atacama

Samudera luas yang menutupi lebih dari 70% permukaan planet kita menyimpan keajaiban yang sebagian besar belum terjamah oleh manusia. Di balik hamparan air yang menyimpan sekitar 1,35 miliar kilometer kubik air ini, tersembunyi bentang alam yang luar biasa di dalamnya: dataran tinggi, lembah, dataran luas, gunung, dan palung yang begitu dalam. Menariknya, formasi bawah laut

Samudera luas yang menutupi lebih dari 70% permukaan planet kita menyimpan keajaiban yang sebagian besar belum terjamah oleh manusia. Di balik hamparan air yang menyimpan sekitar 1,35 miliar kilometer kubik air ini, tersembunyi bentang alam yang luar biasa di dalamnya: dataran tinggi, lembah, dataran luas, gunung, dan palung yang begitu dalam.

Menariknya, formasi bawah laut ini memiliki skala yang jauh lebih besar daripada yang ada di daratan. Gunung-gunung di dasar laut menjulang lebih tinggi, ada yang datarannya lebih rata, dan palungnya mencapai kedalaman yang tak terbayangkan.

Kedalaman inilah yang menjadi daya tarik utama lautan. Rata-rata, kedalaman laut mencapai 3,5 kilometer. Namun, di beberapa titik, kedalaman ini bertambah hingga berkali-kali lipat, membentuk apa yang dikenal sebagai “laut dalam” – area di bawah 200 meter yang masih menyimpan banyak misteri.

Bagian terdalam dari lautan ini dikenal sebagai palung. Secara ilmiah, palung adalah titik terdalam yang dapat diakses dan diukur. Palung-palung ini, atau zona hadal, terbentuk akibat pergeseran lempeng tektonik. Saat ini, terdapat 46 zona hadal di seluruh dunia, namun pengetahuan manusia tentang wilayah ini masih sangat terbatas karena sulitnya melakukan penelitian di kedalaman ekstrem tersebut.

Mari kita jelajahi 10 palung terdalam di dunia, tempat-tempat yang menjadi saksi keajaiban dan misteri lautan, terutama jauh di kedalamannya.

Baca juga:  Ternyata Ada Kehidupan di Dasar Samudera Sedalam 11,3 Km

1. Palung Mariana: Jurang Terdalam di Bumi

Lokasi: Samudra Pasifik bagian barat Kedalaman Maksimum: 10.91 km (Challenger Deep)

Palung Mariana adalah bagian terdalam dari permukaan bumi, terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Di dalamnya terdapat titik terdalam bumi yang dikenal sebagai Challenger Deep. Meskipun banyak orang telah berhasil mencapai puncak Gunung Everest, hanya dua orang yang pernah menjejakkan kaki di dasar Challenger Deep.

Jacques Piccard dan Don Walsh mencapai kedalaman 10.916 meter menggunakan bathyscaphe Trieste pada tahun 1960. Sementara itu, kendaraan tak berawak pertama yang berhasil mencapai Challenger Deep adalah yang dikendalikan oleh para peneliti dari Woods Hole Oceanographic Institution, mencapai kedalaman 10.902 meter.

Trieste, 23 Januari 1960: Sesaat sebelum penyelaman.| Oleh U.S. Navy photo NH 96797, Domain Publik

Palung Mariana terlihat seperti bekas luka berbentuk bulan sabit pada kerak bumi. Panjangnya mencapai sekitar 2.550 km, dengan lebar rata-rata 69 km, dan kedalaman maksimum 10,91 km di Challenger Deep. Meskipun demikian, beberapa pengukuran lain mencatat kedalaman maksimum mencapai 11.034 km. Palung ini membentang ratusan kilometer ke arah barat daya menuju Pulau Guam, Amerika Serikat.

Letak Palung Mariana, terdalam di dunia| Oleh I, Kmusser, CC BY 2.5

Lubang-lubang dalam di Palung Mariana terbentuk karena tumbukan lempeng-lempeng litosfer samudra yang saling bertemu. Saat terjadi tumbukan, salah satu lempeng turun ke dalam mantel bumi, dan lekukan ke bawah membentuk palung di garis kontak antara lempeng-lempeng tersebut.

Di dasar Palung Mariana, kepadatan air meningkat sebesar 4,96% akibat tekanan tinggi di dasar laut. Namun, ekspedisi yang dilakukan pada berbagai waktu telah menemukan keberadaan makhluk besar seperti ikan pipih, amphipoda jenis udang besar, krustasea, dan bahkan jenis ikan siput yang belum dikenal. Para ilmuwan percaya masih banyak spesies baru yang menunggu untuk ditemukan di Palung Mariana.

Baca juga: Polutan Berbahaya Ditemukan di Palung Laut Terdalam di Bumi

2. Palung Tonga: Terdalam di Bumi Belahan Selatan

Lokasi: Samudra Pasifik barat daya Kedalaman Maksimum: 10.88 km (Horizon Deep)

Terletak di Samudra Pasifik barat daya dan di ujung utara Zona Subduksi Kermadec Tonga, Palung Tonga berada sekitar 10.882 km di bawah permukaan laut.

Titik terdalam di palung ini, yang dikenal sebagai Horizon Deep, dianggap sebagai titik terdalam kedua di Bumi setelah Challenger Deep dan juga merupakan palung terdalam di Belahan Bumi Selatan. Membentang sepanjang 2.500 km dari Pulau Utara Selandia Baru hingga ke arah timur laut ke pulau Tonga, Palung Tonga terbentuk akibat subduksi lempeng Pasifik oleh lempeng Tonga.

Lokasi Palung Tonga, salah satu yang terdalam di dunia | | Sumber gambar: freeworldmaps.net

Para peneliti juga menemukan bahwa pergerakan lempeng ini menyebabkan gunung berapi besar di Palung Jepang dan Palung Mariana. Menurut para ilmuwan kelautan, sedimen di Horizon Deep menjadi habitat bagi komunitas cacing gelang.

3. Palung Filipina: Pernah Dikira Palung Terdalam

Lokasi: Laut Filipina Kedalaman Maksimum: 10.54 km (Galathea Depth)

Titik terdalam ketiga di dunia, yakni Galathea Depth di Palung Filipina, berada 10,54 km di bawah permukaan laut. Juga dikenal sebagai Palung Mindanao, palung ini terletak di Laut Filipina dan membentang sepanjang 1.320 km dan lebar 30 km di timur Filipina.

Lokasi Palung Filipina, palung yang juga disebut Galathea Depth | Sumber gambar: Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=567742

Menonjol di antara palung-palung lain di Laut Filipina, Palung Filipina ini terbentuk karena tabrakan antara lempeng Eurasia dan lempeng Filipina yang lebih kecil. Palung-palung penting lainnya di Laut Filipina termasuk Palung Manila, Palung Luzon Timur, Palung Negros, Palung Sulu, dan Palung Cotabato.

Konon, para ilmuwan pernah menganggap Palung Filipina sebagai titik terdalam di planet ini hingga tahun 1970-an. Para ilmuwan memperkirakan bahwa Palung Filipina berusia kurang dari 8-9 juta tahun.

4. Palung Kuril-Kamchatka: Vulkanisme Bawah Laut

Lokasi: Samudra Pasifik barat laut Kedalaman Maksimum: 10.5 km

Bagian terdalam lainnya dari lautan yang termasuk ke dalam Samudra Pasifik ini terletak pada kedalaman sekitar 10,5 km di bawah permukaan laut. Berada dekat dengan Pulau Kuril dan lepas pantai Kamchatka, palung ini membuat banyak aktivitas vulkanik dasar laut di wilayah tersebut.

Lokasi Palung Kuril – Kamchatka | Sumber gambar: TheEarthMaster (Youtube Screenshot)

Palung ini terbentuk karena zona subduksi yang berkembang di akhir periode Kapur, yang menciptakan busur vulkanik Pulau Kuril dan Kamchatka.

5. Palung Kermadec: Rumah Amphipoda Raksasa

Lokasi: Samudra Pasifik Selatan Kedalaman Maksimum: 10.04 km

Palung bawah laut lainnya terletak di dasar Samudra Pasifik Selatan. Palung Kermadec membentang sekitar 1.000 km antara Rantai Gunung Laut Louisville dan Dataran Hikurangi. Terbentuk oleh penunjaman Lempeng Pasifik di bawah Lempeng Indo-Australia, Palung Kermadec memiliki kedalaman maksimum 10,04 km. Bersama dengan Palung Tonga di utara, Palung Kermadec membentuk sistem penunjaman sepanjang 2.000 km yang hampir linear, yaitu sistem penunjaman Kermadec-Tonga.

Lokasi Palung Kermadec | Sumber gambar: Google Map screenshot

Palung ini juga menjadi rumah bagi berbagai spesies, termasuk amfipod raksasa yang panjangnya sekitar 34 cm di dasar. Beberapa tahun lalu, Palung Kermadec menjadi berita setelah Nereus, kapal selam penelitian tak berawak, meledak karena tekanan tinggi pada kedalaman 9.990 meter saat menjelajahi Palung Kermadec.

Amfipoda raksasa di jurang laut terdalam| Sumber gambar oleh Hadal Zone – Own work, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=123525391

6. Palung Izu-Ogasawara Trench (Palung Izu-Bonin)

Lokasi: Samudra Pasifik barat Kedalaman Maksimum: 9.78 km

Peta lokasi Palung Izu-Ogasawara membentang dari Jepang hingga bagian utara Palung Mariana | Sumber gambar : Google map screenshot

Terletak di Samudra Pasifik bagian barat, Palung Izu-Ogasawara memiliki kedalaman maksimum 9,78 km. Juga dikenal sebagai Palung Izu-Bonin, palung dalam ini membentang dari Jepang hingga bagian utara Palung Mariana dan juga merupakan perpanjangan dari Palung Jepang. Selain Palung Izu-Ogasawara, Samudra Pasifik bagian barat juga memiliki Palung Izu dan Palung Bonin.

7. Palung Jepang: Pemicu Gempa dan Tsunami di Jepang

Lokasi: Samudra Pasifik utara Kedalaman Maksimum: 9 km

Palung bawah laut lain yang terletak di timur kepulauan Jepang, Palung Jepang  merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik di Samudra Pasifik bagian utara.

Palung Jepang, bagian dari Cincin Api Pasifik di Samudra Pasifik bagian utara | Sumber gambar: Ensiklopedia Britanica

Dengan kedalaman maksimum 9 km, Palung Jepang membentang dari Kepulauan Kuril hingga Kepulauan Bonin. Palung ini juga memperpanjang Palung Kuril-Kamchatka di utara dan Palung Izu-Ogasawara di selatan. Palung ini terbentuk akibat penunjaman lempeng Pasifik di bawah Lempeng Okhotsk yang bersifat kontinental. Tsunami dan gempa bumi menyebabkan pergerakan zona penunjaman di Palung Jepang.

8. Palung Puerto Rico: Titik Terdalam Atlantik

Lokasi: Antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik Kedalaman Maksimum: 8.64 km (Milwaukee Deep)

Terletak antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik, Palung Puerto Riko menandai titik terdalam di wilayah ini dan titik kedelapan terdalam di permukaan Bumi.

Peta Lokasi Palung Puerto Rico, titik terdalam di samudera Atlantik | Sumber gambar: Google Map Screenshot

Palung ini berada pada kedalaman 8,64 km, terletak di Milwaukee Deep, dan memiliki panjang lebih dari 800 km. Palung ini telah menjadi penyebab banyak tsunami dan aktivitas gempa yang tragis di wilayah ini. Upaya untuk pemetaan lengkap palung ini telah dilakukan selama bertahun-tahun. Bathyscaphe Prancis, Archimède, pertama kali mencoba menjelajahi dasar laut pada tahun 1964, dan sebuah kendaraan robotik dikirim ke palung ini pada tahun 2012 untuk mempelajari karakteristiknya.

9. Palung South Sandwich: Palung Vulkanik Aktif

Lokasi: Samudra Atlantik selatan Kedalaman Maksimum: 8.42 km (Meteor Deep)

Lokasi Palung South Sandwich, terdalam ke-2 di Atlantik | Sumber gambar By Tlm1998 – Own work, CC BY-SA 4.0

Palung terdalam di Samudra Atlantik setelah Palung Puerto Riko, adalah Palung South Sandwich, berada pada kedalaman sekitar 8,42 km, yang disebut sebagai Meteor Deep, dan membentang selama lebih dari 956 km, menjadikannya salah satu palung yang paling dikenal di dunia. Terletak 100 km di sebelah timur Kepulauan South Sandwich di Samudra Atlantik selatan, palung ini terbentuk akibat penunjaman bagian paling selatan Lempeng Amerika Selatan di bawah Lempeng South Sandwich kecil. Palung South Sandwich ini juga terkait dengan busur vulkanik aktif.

10. Palung Peru-Chile: Palung Terpanjang di Dunia

Lokasi: Samudra Pasifik timur Kedalaman Maksimum: 8.06 km (Richards Deep)

Lokasi Palung Peru–Chile (Palung Atacama) terletak sekitar 160 km dari pantai Peru dan Chili di Samudra Pasifik timur | Sumber gambar: World in Maps

Palung Peru–Chile (Palung Atacama) terletak sekitar 160 km dari pantai Peru dan Chili di Samudra Pasifik timur. Palung Atacama memiliki kedalaman maksimum 8,06 km di bawah permukaan laut. Titik terdalam palung ini dikenal sebagai Richards Deep. Palung ini memiliki panjang sekitar 5.900 km dan lebar rata-rata 64 km, sementara mencakup area sekitar 590.000 kilometer persegi. Palung Atacama terbentuk akibat batas konvergen antara Lempeng Nazca yang menyerap dan Lempeng Amerika Selatan.

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 225
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories