Tech

Gojek & Google Collab: Kini Order GoFood Bisa Lewat Google Search & Maps

Foto: Kompasiana Teknologi.id - Layanan pesan makanan online GoFood dari Gojek (PT GoTo Gojek Tokopedia) kini dapat diakses langsung melalui mesin pencari Google Search dan aplikasi Google Maps. Inovasi ini merupakan hasil kolaborasi antara Gojek dan Google, bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam memesan makanan serta meningkatkan visibilitas para mitra usaha GoFood. Sebelumnya, layanan GoFood hanya bisa diakses

order gofood bisa lewat google search dan maps
Foto: Kompasiana

Teknologi.id – Layanan pesan makanan online GoFood dari Gojek (PT GoTo Gojek Tokopedia) kini dapat diakses langsung melalui mesin pencari Google Search dan aplikasi Google Maps.

Inovasi ini merupakan hasil kolaborasi antara Gojek dan Google, bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam memesan makanan serta meningkatkan visibilitas para mitra usaha GoFood.

Sebelumnya, layanan GoFood hanya bisa diakses melalui aplikasi Gojek. Dengan adanya fitur baru ini, pengguna kini dapat memesan makanan langsung dari Google Search dan Maps.

Head of Food and Ads Business Gojek, Satria Situmorang, menyatakan bahwa kerja sama dengan Google ini diharapkan dapat mengoptimalkan visibilitas mitra usaha GoFood serta memperluas akses pelanggan ke berbagai restoran.

“Kerja sama ini juga bertujuan untuk mengoptimalisasi visibilitas para mitra usaha GoFood dan memperluas akses pelanggan ke resto di mana pun mereka berada, sehingga bisa tetap mudah dan nyaman pesan kuliner online,” kata Satria dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (6/6/2024).

Cara Memesan GoFood Melalui Google Search dan Maps

Berdasarkan pantauan KompasTekno, layanan pesan makanan GoFood kini sudah tersedia di Google Search dan Maps versi Indonesia. Pemesanan makanan dapat dilakukan melalui tombol “Pesan” atau “Place an order” yang muncul di detail restoran di Google Search atau Maps.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memesan makanan melalui fitur baru ini:

  1. Cari Restoran: Pengguna dapat mencari restoran atau makanan tertentu melalui Google Search atau Maps. 
  2. Pilih Restoran: Setelah menemukan restoran yang diinginkan, pengguna akan melihat tombol “Pesan” atau “Place an Order”. 
  3. Klik Tombol Pesan: Dengan menekan tombol tersebut, pengguna akan dialihkan ke aplikasi atau situs web Gojek, tepatnya ke laman restoran di fitur GoFood. 
  4. Pesan Makanan: Di laman GoFood, pengguna bisa langsung memilih dan memesan makanan yang diinginkan, sama seperti melakukan pemesanan melalui aplikasi Gojek. 
order gofood bisa lewat google search dan maps
Sumber: Teknologi.id/ Bunga Melssa Maurelia

Pentingnya Akun Gojek dan Google Business Profile

Untuk memesan makanan melalui Google Search dan Maps, pengguna harus memiliki akun Gojek. Jika pengguna belum memiliki akun, mereka akan diarahkan untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum bisa melanjutkan pemesanan.

Selain itu, tidak semua restoran memiliki tombol “pesan” di Google Search dan Maps. Hanya restoran yang memiliki akun Google Business Profile dan sudah menjadi mitra usaha GoFood yang dapat mengaktifkan fitur ini.

Proses pembuatan akun Google Business Profile dan integrasi dengan akun mitra usaha GoFood tidak dikenakan biaya alias gratis. Restoran yang ingin menggunakan fitur ini bisa mengikuti panduan yang tersedia di laman dukungan Google.

Baca juga: GOTO Bantah Rumor Merger Grab, Manajemen Akhirnya Buka Suara

Kolaborasi Gojek dan Google

Kolaborasi antara Gojek dan Google tidak hanya memberikan kemudahan bagi pelanggan, tetapi juga membawa manfaat besar bagi mitra usaha GoFood. Dengan fitur ini, visibilitas restoran di platform digital meningkat, memungkinkan mereka menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Satria Situmorang berharap inovasi ini akan terus membantu meningkatkan visibilitas mitra usaha GoFood serta kepuasan para pelanggan, baik yang baru maupun yang setia.

“Melalui kolaborasi ini ke depannya kami berharap dapat terus membantu meningkatkan visibilitas mitra usaha GoFood serta kepuasan para pelanggan baru maupun setia GoFood,” pungkas Satria.

Implementasi Teknologi dan Tantangan

Mengintegrasikan layanan GoFood dengan Google Search dan Maps melibatkan beberapa tantangan teknis, terutama dalam memastikan sinkronisasi data dan pengalaman pengguna yang mulus.

Restoran harus memastikan bahwa informasi mereka di Google Business Profile selalu terkini dan akurat. Selain itu, sistem backend Gojek harus mampu menangani lonjakan permintaan yang mungkin terjadi akibat peningkatan visibilitas di platform Google.

Dampak Positif bagi Pengguna dan Mitra Usaha

Kolaborasi ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi semua pihak yang terlibat. Bagi pengguna, akses yang lebih mudah dan cepat ke layanan GoFood melalui Google Search dan Maps akan meningkatkan kenyamanan dan kepuasan.

Sementara itu, mitra usaha GoFood akan mendapatkan eksposur lebih besar dan potensi peningkatan penjualan.

Dengan memanfaatkan platform Google Search dan Maps, Gojek mampu memperluas jangkauan layanan GoFood dan memberikan keuntungan lebih bagi mitra usaha. Ke depannya, diharapkan kerja sama ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi ekosistem kuliner online di Indonesia.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(bmm)

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 225
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories