Tech

13 Daftar Produk Terbaik Apple WWDC 2024: Kabar Baik untuk Pengguna Apple!

Sumber: Apple Teknologi.id - WWDC 2024 telah berlangsung pada Senin (10/6/24) dan membawa banyak pengumuman menarik dari Apple. Dari pengenalan AI canggih hingga pembaruan perangkat lunak dan perangkat keras, Apple terus menunjukkan komitmennya dalam membawa pengalaman pengguna ke level berikutnya.  Lantas, apa saja produk terbaru Apple yang dipertontonkan pada WWDC24? Berikut adalah rangkuman lengkap dari produk dan

apple wwdc 2024Sumber: Apple

Teknologi.id – WWDC 2024 telah berlangsung pada Senin (10/6/24) dan membawa banyak pengumuman menarik dari Apple. Dari pengenalan AI canggih hingga pembaruan perangkat lunak dan perangkat keras, Apple terus menunjukkan komitmennya dalam membawa pengalaman pengguna ke level berikutnya. 

Lantas, apa saja produk terbaru Apple yang dipertontonkan pada WWDC24? Berikut adalah rangkuman lengkap dari produk dan fitur baru yang diumumkan pada Apple WWDC 2024. 

Apple Intelligence

apple wwdc 2024
Sumber: Apple

Apple meluncurkan Apple Intelligence, inisiatif AI yang menjanjikan personalisasi dan privasi yang lebih baik. CEO Tim Cook menekankan bahwa ini bukan sekadar AI, tetapi “personal intelligence” yang dapat mengenali konteks pribadi pengguna dan memberikan notifikasi yang relevan serta peningkatan penulisan di seluruh aplikasi.

Ada pun fitur utama Apple Intelligence, antara lain: 

  • Pembaruan Berbasis Konteks: Mampu mengenali notifikasi penting sesuai dengan konteks pengguna. 
  • Peningkatan Penulisan: Termasuk pemeriksaaan tata bahasa dan gaya penulisan yang ditingkatkan di aplikasi pihak ketiga dan bawaan. 
  • Generasi Gambar: Membuat foto generatif berdasarkan galeri foto pengguna dengan tiga gaya: Sketsa, Ilustrasi, dan Animasi. 
  • Tugas Lintas Aplikasi: Mengakses dan menjalankan tugas di berbagai aplikasi berdasarkan permintaan pengguna. 

Siri dengan ChatGPT

apple wwdc 2024
Sumber: Cult of Mac

Siri kini dapat terhubung dengan OpenAI’s ChatGPT, memberikan kemampuan AI yang lebih kuat. Pengguna dapat menggunakan Siri untuk mengakses ChatGPT tanpa harus membuat akun atau mencatat permintaan mereka, menjaga privasi tetap terjaga.

Fitur ini akan hadir di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia, dengan berbagai peningkatan: 

  • Penanganan Pertanyaan Kompelks: Siri sekarang dapat menjawab ribuan pertanyaan tentag cara menggunakan perangkat Apple. 
  • Aksi Lintas Aplikasi: Dapat mengirim artikel dari Apple News ke grup pesan di Messages, serta dukungan untuk aplikasi pihak ketiga. 
  • Konteks Pribadi: Memungkikan Siri mencari data di seluruh perangkat pengguna untuk memberikan  jawaban yang lebih relevan. 

Hadirnya iOS 18

apple wwdc 2024
Sumber: Apple

iOS 18 hadir dengan berbagai fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk lebih mempersonalisasi pengalaman mereka. Beberapa keunggulan yang ditawarkan dari sistem OS terbaru ini, termasuk: 

  • Kustomisasi Layar Utama: Pengguna dapat mengatur aplikasi dengan cara baru, mengubah warna, dan menyesuaikan kegelapan aplikasi.
  • Tampilan Baru Control Center: Kontrol yang lebih mudah digunakan dan API kontrol baru untuk pengembang.
  • Privasi yang Ditingkatkan: Mengunci aplikasi agar orang lain tidak dapat melihat atau mengakses informasi tanpa otentikasi.
  • Pesan via Satelit: Mengirim pesan iMessage dan SMS melalui satelit.
  • Filter untuk Aplikasi Mail: Memfilter email berdasarkan kategori.
  • Tap to Cash: Cara cepat dan pribadi untuk membayar orang lain hanya dengan mendekatkan ponsel.

Genmoji: Buat Emoji dengan AI 

apple wwdc 2024
Sumber: Mashable

Apple memperkenalkan Genmoji, emoji kustom yang dapat dibuat menggunakan AI. Pengguna dapat membuat emoji yang mirip dengan teman atau yang sesuai dengan deskripsi yang mereka ketik di keyboard. Genmoji ini akan tersedia di seluruh perangkat Apple.

macOS Sequoia

apple wwdc 2024
Sumber: Apple

macOS Sequoia membawa banyak pembaruan, termasuk integrasi yang lebih erat dengan iPhone. Fitur utama dari macOS Sequoia, yaitu: 

  • Mirroring iPhone: Mengontrol iPhone dari Mac melalui Continuity tanpa mengganggu tampilan StandBy.
  • Unified Notification Center: Notifikasi iPhone akan muncul di macOS.
  • Aplikasi Passwords Baru: Mengelola kata sandi, kode verifikasi, dan lainnya dengan cara yang mirip dengan 1Password.

iPadOS 18

apple wwdc 2024
Sumber: Apple

iPadOS 18 membawa berbagai peningkatan untuk memanfaatkan sepenuhnya kekuatan iPad. Fitur baru iPadOS 18: 

  • Peningkatan Antarmuka: Bilah tab mengambang dan sidebar otomatis memungkinkan penggunaan layar yang lebih optimal, memberi pengguna lebih banyak ruang untuk bekerja dan bermain.
  • SharePlay yang Ditingkatkan: Pengguna kini dapat mengontrol sesi SharePlay, memberikan pengalaman berbagi konten yang lebih interaktif dan menyenangkan.
  • Kalkulator Asli di iPad: Akhirnya, Apple menghadirkan aplikasi kalkulator untuk iPad, lengkap dengan konversi unit dan fitur Math Notes untuk Apple Pencil, yang memungkinkan pengguna menulis dan memecahkan masalah matematika secara langsung.

watchOS 11

apple wwdc 2024
Sumber: Apple

watchOS 11 memperkenalkan fitur baru yang berfokus pada kesehatan dan pelatihan, seperti: 

  • Mode Pelatihan: Melacak intensitas dan durasi latihan pengguna, memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana latihan mempengaruhi tubuh dari waktu ke waktu.
  • Aplikasi Vitals Baru: Memantau tanda vital seperti detak jantung, suhu tubuh, dan laju pernapasan. Aplikasi ini memberikan wawasan tentang bagaimana faktor-faktor seperti alkohol, penyakit, dan perubahan ketinggian mempengaruhi kesehatan pengguna.
  • Alat untuk Pengguna Hamil: watchOS 11 kini mendukung pelacakan siklus dengan bantuan kehamilan, menyediakan informasi penting dan saran kesehatan bagi pengguna hamil.

Pembaruan AirPods dan tvOS

apple wwdc 2024
Sumber: Lowyat.NET

AirPods dan tvOS juga mendapatkan pembaruan signifikan. Untuk AirPods ada dua pembaruan yang diperkenalkan Apple, yaitu: 

  • Siri dengan AirPods: AirPods kini dapat mendeteksi gerakan kepala untuk menjawab atau menolak panggilan, dengan menganggukkan kepala untuk menjawab dan menggeleng untuk menolak.
  • Voice Isolation: AirPods Pro sekarang mampu mengisolasi suara pengguna bahkan dalam lingkungan yang bising, memastikan panggilan yang lebih jelas.

Sedangkan, untuk pembaruan tvOS yang dapat dirasakan pengguna, antara lain: 

  • Insight: Fitur baru yang memberikan informasi tentang apa yang sedang diputar di TV, termasuk di iPhone pengguna.
  • Audio Enhancements: Peningkatan audio yang memungkinkan isolasi suara dialog dan penyesuaian waktu subtitle secara otomatis.

VisionOS 2

apple wwdc 2024
Sumber: Apple

VisionOS 2 untuk Vision Pro membawa dukungan baru dan peningkatan pengalaman pengguna. Beberapa fitur baru VisionOS 2, termasuk: 

  • Foto Spasial: Mengubah foto biasa menjadi foto spasial yang kompatibel dengan Vision Pro, meningkatkan kedalaman dan dimensi visual.
  • Gerakan Baru: Kontrol berbasis gestur baru yang mempermudah navigasi dan interaksi dengan perangkat.
  • Dukungan Layar Ultrawide: Mendukung tampilan ultrawide yang setara dengan dua monitor 4K berdampingan, memberikan pengalaman visual yang lebih luas dan imersif.

Messages via Satellite

apple wwdc 2024
Sumber: PCMag

Messages via Satellite adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim pesan iMessage dan SMS melalui koneksi satelit. Ini sangat berguna di area tanpa jangkauan seluler, memastikan komunikasi tetap terjaga meski di lokasi terpencil.

Fitur ini menambah lapisan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna yang sering berada di daerah dengan konektivitas yang terbatas.

New App Color Customization & Organization Options

apple wwdc 2024
Sumber: MacRumors Forums

New App Color Customisation and Organisation Options memungkinkan pengguna untuk lebih personal dalam mengatur layar utama mereka. Pengguna dapat mengubah warna ikon aplikasi, menyesuaikan tema aplikasi, dan mengatur tata letak aplikasi dengan cara yang lebih fleksibel.

Fitur ini memberikan kebebasan untuk menciptakan tampilan layar utama yang unik dan sesuai dengan selera pribadi.

Tap to Cash

apple wwdc 2024
Sumber: Apple

Tap to Cash adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan cepat hanya dengan mendekatkan ponsel mereka. Fitur ini memanfaatkan teknologi NFC untuk transaksi yang cepat dan aman, menjadikan proses pembayaran lebih mudah dan lebih efisien.

New Head Gestures to Answer/Decline Phone Calls on Airpods Pro

apple wwdc 2024
Sumber: MacRumors

New Head Gestures to Answer/Decline Phone Calls on AirPods Pro memungkinkan pengguna menjawab atau menolak panggilan hanya dengan gerakan kepala. Menganggukkan kepala untuk menjawab panggilan atau menggeleng untuk menolak panggilan.

Ini adalah fitur hands-free yang menambah kenyamanan dan fleksibilitas saat menggunakan AirPods Pro.Dengan berbagai inovasi ini, Apple terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam teknologi dan pengalaman pengguna.

Dengan inovasi-inovasi ini, Apple terus menunjukkan komitmennya untuk memberikan teknologi yang meningkatkan pengalaman pengguna dan mempermudah kehidupan sehari-hari.

Fitur-fitur ini mencerminkan upaya Apple untuk mengintegrasikan AI dan teknologi canggih dalam ekosistem produknya, membuat perangkat lebih cerdas, lebih intuitif, dan lebih terhubung.

Anda bisa menonton Apple WWDC 2024, selengkapnya di sini: 

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(bmm)

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?


    Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 225
    Awesome
    Awesome

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 15
    EW
    Ew!

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 12
    FUNNY
    Funny

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 9
    LOL
    Lol

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 98
    Loved
    Loved

  • Warning: Undefined array key "nonce" in /home/kabarwar/public_html/wp-content/plugins/newsy-reaction/class.newsy-reaction.php on line 342
  • 53
    OMG
    Omg!
Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories