Opini

Apa yang terjadi setelah RUU TikTok disahkan di Amerika?

Nasib TikTok di Amerika di ujung tanduk. Senat AS pada hari Selasa lalu telah mengesahkan undang-undang yang memberikan waktu sekitar sembilan bulan kepada ByteDance, pemilik TikTok asal Cina, untuk menjual aset AS dari aplikasi video pendek tersebut, atau menghadapi larangan di seluruh negeri. Presiden Joe Biden menegaskan bahwa ia juga akan menandatangani rancangan undang-undang tersebut

Nasib TikTok di Amerika di ujung tanduk. Senat AS pada hari Selasa lalu telah mengesahkan undang-undang yang memberikan waktu sekitar sembilan bulan kepada ByteDance, pemilik TikTok asal Cina, untuk menjual aset AS dari aplikasi video pendek tersebut, atau menghadapi larangan di seluruh negeri.

Presiden Joe Biden menegaskan bahwa ia juga akan menandatangani rancangan undang-undang tersebut menjadi undang-undang pada hari Rabu.

Apa yang kemungkinan akan terjadi selanjutnya dengan operasi TikTok di Amerika?

HITUNG MUNDUR TIKTOK DIMULAI

Setelah Biden menandatangani undang-undang tersebut, dimulailah hitungan mundur 270 hari di mana ByteDance harus menjual TikTok.

Seandainya ada tanda-tanda ByteDance hampir mencapai divestasi mendekati akhir periode sembilan bulan, presiden dapat memberi wewenang tambahan 90 hari untuk menyelesaikan kesepakatan apa pun.

Jika undang-undang tersebut ditandatangani presiden menjadi undang-undang minggu ini, seperti yang diharapkan, periode 270 hari akan berakhir sekitar pelantikan presiden Amerika Serikat berikutnya, yaitu pada tanggal 20 Januari 2025. Hal ini memberikan tiga bulan tambahan baik kepada Biden, seorang Demokrat yang berusaha terpilih kembali, atau calon terkuat dari Partai Republik, Donald Trump.

TIKTOK MENGGUGAT

Setelah undang-undang ditandatangani, TikTok mungkin akan mengajukan gugatan untuk menghentikannya. Pengacara TikTok kemungkinan akan meminta pengadilan untuk menetapkan putusan sela.

TikTok tentu ingin ada perintah pengadilan yang melarang penegakan undang-undang yang diteken presiden supaya mereka bisa mengajukan gugatan untuk menantang undang-undang. Kemungkinan besar proses pengadilan tidak akan selesai pada akhir tahun.Tahun lalu TikTok mengambil tindakan hukum serupa untuk menghentikan pelarangan aplikasi di negara bagian Montana, di mana perintah sementara diberikan.

Jika skenario itu dapat menjadi amunisi bagi upaya TikTok melawan Amerika Serikat, perusahaan dan pengguna TikTok akan mengajukan kasus terpisah untuk menggagalkan RUU AS tersebut.

RUU tersebut menetapkan Pengadilan Banding AS untuk Sirkuit D.C. sebagai forum eksklusif untuk tantangan hukum apa pun.

BERAPA LAMA SEMUA INI AKAN BERLANGSUNG?

Jika TikTok berhasil memperoleh perintah sementara dari pengadilan, proses penjualan paksa dihentikan, berpotensi memberi TikTok lebih banyak waktu untuk beroperasi bebas di AS.

Pada Agustus 2020, Trump, yang saat itu adalah presiden, berusaha untuk melarang baik TikTok maupun WeChat milik Cina, tetapi ditentang oleh pengadilan.

Pada Juni 2021, Biden menarik serangkaian perintah eksekutif era Trump yang berusaha melarang unduhan baru WeChat dan TikTok.

APAKAH TIKTOK AKAN BERUBAH?

Aplikasi TikTok seharusnya tidak berubah bagi 170 juta pengguna di AS antara sekarang dan akhir periode divestasi pada empat bulan pertama 2025.

APA KATA PEMERINTAH CINA?

Cina memiliki daftar teknologi yang memerlukan persetujuan pemerintah Cina sebelum diekspor. Para ahli mengatakan algoritma rekomendasi TikTok akan masuk dalam daftar tersebut.

Ada komentar, Kisanak?

Tagged: Amerika Serikat, berita, Joe Biden, news, ruu, tidak-dikategorikan, TikTok, Trump, umkm

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories