Opini

Kiat memotret dengan gaya blur

Apa itu gaya blur? Gaya atau teknik blur dalam fotografi jalanan adalah metode yang digunakan untuk menambahkan efek gerakan atau dramatisasi pada gambar. Teknik ini sering digunakan untuk menangkap dinamika kehidupan kota yang bergegas dan cepat. Beberapa aspek penting dari teknik blur dalam fotografi jalanan, di antaranya … Shutter Speed: Kunci utama menciptakan efek blur

Apa itu gaya blur?

Gaya atau teknik blur dalam fotografi jalanan adalah metode yang digunakan untuk menambahkan efek gerakan atau dramatisasi pada gambar. Teknik ini sering digunakan untuk menangkap dinamika kehidupan kota yang bergegas dan cepat.

Beberapa aspek penting dari teknik blur dalam fotografi jalanan, di antaranya …

Shutter Speed: Kunci utama menciptakan efek blur adalah penggunaan kecepatan rana yang lambat. Dengan memperlambat shutter speed, kamera akan merekam gerakan subjek selama periode waktu yang lebih lama, yang menciptakan efek blur.

Panning: Teknik ini melibatkan menggerakkan kamera untuk mengikuti subjek yang bergerak. Hal ini menjaga subjek tetap fokus sementara latar belakang menjadi blur, menciptakan rasa gerakan yang kuat.

Motion Blur: Ini terjadi ketika subjek atau elemen dalam frame bergerak cukup cepat selama eksposur, menyebabkan mereka tampak kabur. Ini digunakan untuk menunjukkan gerakan dan kecepatan.

Depth of Field: Menggunakan bukaan lebar dapat membantu memisahkan subjek dari latar belakang dengan membuat latar belakang menjadi blur, teknik ini dikenal sebagai bokeh.

Light Trails: Di malam hari atau dalam kondisi cahaya rendah, lampu yang bergerak dapat menciptakan jalur cahaya yang menarik, memberikan efek dinamis dan artistik.

Post-Processing: Kadang-kadang, blur ditambahkan atau ditingkatkan melalui pengeditan pasca-produksi menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop atau Lightroom.

Penerapan teknik blur dalam fotografi jalanan sangat bergantung pada kreativitas fotografer dan kondisi lingkungan yang ada. Tujuannya adalah untuk menangkap momen yang hidup dan dinamis, serta memberikan kesan spontanitas dan energi yang khas dalam kehidupan kota.

Membuat foto blur dengan aplikasi AI seperti Dall-e sangat mudah. Tinggal beri perintah (prompt) ini: Street photo of a woman, in the style of blurred forms, tokyo, japonism influenced pieces, minimalism with movement, contax tix, elegant, emotive faces, light indigo and red.

Tertarik mencoba, Kisanak?

Tagged: Blur, Street photography

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories