4 Memecoin Paling Terkenal di Jaringan Blockchain Populer

4-memecoin-paling-terkenal-di-jaringan-blockchain-populer
4 Memecoin Paling Terkenal di Jaringan Blockchain Populer
service
Share

Share This Post

or copy the link
Dokumentasi: Nusa Finance

Memecoin yang akhir – akhir ini sedang ramai di perbincangkan di dunia kripto merupakan salah satu jenis mata uang kripto yang sering kali direpresentasikan dengan meme dan lelucon internet untuk mengurangi unsur “serius” dari mata uang kripto. Selain itu, memecoin juga sering kali dibangun sepenuhnya oleh semangat dan dukungan komunitas tanpa ada kendali secara tokenomi dari pengembang awal.

Hal ini membuat memecoin berpotensi untuk memiliki lonjakan harga yang tinggi sesuai dengan dukungan komunitasnya, begitu juga sebaliknya. Ternyata banyak juga pengguna yang menikmati volatilitas ini karena potensi keuntungannya yang bisa mencapai ratusan hingga ribuan persen. Hal ini lah yang menjadi awal mula dari memecoin season di awal tahun 2024 ini.

Dengan berbagai memecoin yang tersedia di luar sana, dalam artikel ini akan kami ulas 4 memecoin paling terkenal di jaringan Blockchain paling populer.

Dogecoin (DOGE) – Dogecoin Blockchain Network

Memecoin satu ini dikenal sebagai “the original memecoin” karena menjadi yang pertama memulai era memecoin. Pencetus Dogecoin yaitu Billy Markus dan Jackson Palmer ingin mengubah citra mata uang kripto yang dianggap terlalu serius, menjadi lebih santai dan menyenangkan. Maka, dibuatlah sebuah koin bergambarkan anjing Shiba Inu yang terinspirasi dari meme terkenal doge. Peluncuran Dogecoin pertama kali pada 6 Desember 2013 disambut antusias tinggi dari komunitas hingga transaksi hariannya melebihi transaksi Bitcoin pada dua minggu pertama.

Dogecoin dibangun pada jaringan blockchain tersendiri yang merupakan pecahan dari jaringan Litecoin, yang juga merupakan pecahan dari jaringan Bitcoin. Namun, berbeda dengan Bitcoin yang menggunakan algoritma SHA-256, Dogecoin menggunakan algoritma Scrypt yang lebih hemat energi sehingga bisa di-mining oleh komputer biasa. Selain itu, biaya transaksi Dogecoin juga jauh lebih murah, proses transaksinya jauh lebih cepat, serta suplai maksimum yang jauh lebih tinggi membuat Dogecoin menjadi alternatif Bitcoin yang ideal sebagai media pembayaran.

Shiba Inu (SHIB) – Ethereum Network

Serupa dengan Dogecoin yang menggunakan maskot anjing Shiba Inu, memecoin Shiba Inu merupakan alternatif dari Dogecoin yang sering dijuluki sebagai “dogecoin killer”. Lain halnya dengan Dogecoin yang memiliki jaringan sendiri, Shiba Inu dibangun di atas jaringan Ethereum sehingga memiliki keunggulan dari jaringan tersebut seperti dalam hal keamanan, desentralisasi, kompatibilitas dengan berbagai dApps Ethereum, serta kemudahan untuk melakukan swap dengan token ERC20 lainnya. Selain itu, jaringan Ethereum juga memudahkan pengembangan jaringan di atasnya atau disebut sebagai Layer-2 (L2). Hal inilah yang dilakukan pada pengembangan ekosistem Shiba Inu pada tahap selanjutnya yaitu pembuatan Shibarium.

Shibarium adalah jaringan blockchain L2 di atas jaringan Ethereum yang dibangun untuk mengurangi kepadatan transaksi, mengurangi biaya gas fee, memungkinkan mekanisme staking, serta menunjang ekspansi inovasi Web3 dari ekosistem Shiba Inu. 

Dogwifhat (WIF) – Solana Network

Popularitas memecoin yang terinspirasi dari anjing Shiba Inu tidak berhenti di situ saja, memecoin dogwifhat di jaringan Solana juga menggunakan Shiba Inu sebagai maskot utamanya dengan sedikit perbedaan unik, yaitu menggunakan topi rajut berwarna pink. Namun, berbeda dengan Dogecoin yang masih memiliki utilitas serta Shiba Inu yang bahkan memiliki  ekosistem tersendiri, koin dogwifhat sama sekali tidak memiliki utilitas tertentu dan harganya sepenuhnya dipengaruhi oleh spekulasi pasar. Hal ini membuat dogwifhat menjadi representasi memecoin seutuhnya yang benar – benar terbangun dari semangat komunitas.

Popularitas dogwifhat juga tidak terlepas dari performa jaringan Solana yang setahun terakhir melahirkan berbagai memecoin baru yang turut memeriahkan memecoin season. Beberapa faktor yang membuat jaringan Solana menjadi populer dengan memecoin di antaranya adalah kecepatan transaksi instan yang membuat investor mudah keluar masuk pasar untuk menyesuaikan pergerakan harga memecoin yang volatil, biaya transaksi yang murah sehingga ramah bagi pengguna baru yang turut meningkatkan hype dan volume transaksi, serta komunitas jaringan Solana yang antusias akan memecoin sehingga secara terus menerus meningkatkan hype memecoin di social media.

Brett (BRETT) – Base Network

Brett merupakan memecoin terbesar di Base dengan kapitalisasi pasar yang mencapai 570 juta dolar AS. Memecoin yang terinspirasi dari salah satu karakter komik Boy’s Club ciptaan Matt Furrie ini dilepaskan kepemilikan smart contract-nya dan dihilangkan fungsi mintingnya. Sehingga, tokenomi coin ini sepenuhnya diserahkan kepada komunitas dan tim pengembang tidak memiliki kuasa untuk mengubahnya dari sisi smart contract. Jaringan Base dimana coin BRETT diluncurkan merupakan jaringan yang dikembangkan oleh exchange Coinbase yang bekerja sama dengan Optimism dan dibangun di atas jaringan Ethereum. Pengembangan jaringan Base memungkin untuk optimasi kecepatan transaksi dan biaya transaksi yang murah. Selain itu, produk dari jaringan Base mempermudah integrasi dengan berbagai aplikasi pada jaringan Ethereum serta berbagai produk dalam ekosistem Base. Hal ini membuat Base memiliki potensi yang tinggi untuk berkembangnya berbagai memecoin.

Kesimpulan

Memecoin adalah jenis mata uang kripto yang sering kali diwakili oleh meme dan lelucon internet untuk mengurangi unsur “serius” dari mata uang kripto. Memecoin biasanya didukung sepenuhnya oleh komunitas, yang membuat harga mereka sangat volatil namun berpotensi memberikan keuntungan besar. Dogecoin, Shiba Inu, Dogwifhat, dan Brett sudah tersedia di fitur Nusa Swap pada platform Nusa Finance.

Tentang Nusa Finance

Dokumentasi: Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan, dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa Finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia

Referensi

Airdrop hunter. (2024, April 30). What meme coins on Base will give 100X returns, and when will the blockchain distribute the drop? Medium. Retrieved May 31, 2024, from https://medium.com/@airdrophunter_official/what-meme-coins-on-base-will-give-100x-returns-and-when-will-the-blockchain-distribute-the-drop-ab0aff8b7785

Boogaard, A. v. d. (n.d.). What is Dogecoin? Everything you need to know about DOGE. BLOX. Retrieved May 31, 2024, from https://weareblox.com/en-eu/dogecoin

Dogecoin. (n.d.). The History of Dogecoin. Dogecoin. Retrieved May 31, 2024, from https://dogecoin.com/dogepedia/articles/history-of-dogecoin/#

Trust wallet. (2024, March 25). Solana Meme Coins Vs. Ethereum Meme Coins | Trust. Trust Wallet. Retrieved May 31, 2024, from https://trustwallet.com/blog/solana-memecoins-vs-ethereum-memecoins

Unchained Crypto. (2024, March 20). What Is Dogwifhat (WIF) and Why Is It Up so Much? Unchained crypto. Retrieved May 31, 2024, from https://unchainedcrypto.com/what-is-dogwifhat-wif-and-why-is-it-up-so-much/

Velasquez, V. (2023, December 8). What Is Shiba Inu (SHIB) in Cryptocurrency, and How Does It Work? Investopedia. Retrieved May 31, 2024, from https://www.investopedia.com/shiba-inu-shib-5207903

0
happy
Happy
0
sad
Sad
0
annoyed
Annoyed
0
surprised
Surprised
0
infected
infected
4 Memecoin Paling Terkenal di Jaringan Blockchain Populer
Anda dapat berlangganan buletin kami sepenuhnya tanpa biaya. Segera daftarkan diri Anda untuk mendapatkan berita terbaru dengan mengklik tautan berikut: www.facebook.com/i/10 ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy kabarwarga.com privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow us