Bisa Hapus Objek Foto hingga Buat Emoji Kustom, Ini Dia 9 Fitur AI Baru di iOS 18!

bisa-hapus-objek-foto-hingga-buat-emoji-kustom,-ini-dia-9-fitur-ai-baru-di-ios-18!
Bisa Hapus Objek Foto hingga Buat Emoji Kustom, Ini Dia 9 Fitur AI Baru di iOS 18!
service
Share

Share This Post

or copy the link

fitur baru ios 18Foto: Pocket-lint

Teknologi.id – Beberapa waktu yang lalu, Apple mengumumkan salah satu terobosan terbarunya untuk iPhone, yakni dukungan AI (Artificial Intelligence) untuk iOS 18 dalam acara Worldwide Developer Conference atau WWDC 2024. AI pada iOS 18 tersebut secara khusus diberi nama Apple Intelligence.

“Ini adalah momen yang sudah lama kami usahakan,” kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple saat pidato utama WWDC. “Apple intelligence adalah sistem kecerdasan pribadi yang menempatkan model generatif yang kuat tepat di inti iPhone, iPad, dan Mac Anda. Sistem ini memanfaatkan konteks pribadi Anda untuk memberikan kecerdasan kepada Anda.”

Apple Intelligence membawa berbagai fitur baru ke dalam iOS 18 seperti writing tools, image playground, Siri, dan lain-lain. Berikut ulasan lengkap fitur Apple Intelligence dalam iOS 18!

1. AI Siri

Foto: Apple

Fitur AI pertama dengan pengembangan terbesar yakni AI pada Siri. Siri akhirnya dapat memahami konteks dan berinteraksi langsung dengan pengguna serta mengikuti instruksi. Dengan dukungan AI, kemampuan pemahaman bahasa dan komunikasinya meningkat. Siri dapat memahami pembicaraan yang dibuat sebelumnya, sehingga dapat menjawab pertanyaan atau perintah lanjutan dari pengguna.

Selain itu, Siri dapat menyajikan informasi yang tersedia di perangkat Apple seperti nomor telepon, alamat e-mail, dan lain-lain yang diinginkan pengguna tanpa mengganggu privasi. Kemudian, Siri dapat berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga yang diinginkan pengguna. Misalnya, pengguna ingin mengirim e-mail tertentu ke satu kontak maka Siri akan memahami e-mail dan kontak mana yang dimaksud. Siri kini juga dapat berinteraksi dengan pengguna melalui teks, tak hanya perintah suara.

2. Akses ChatGPT 

Foto: Apple

Fitur selanjutnya adalah integrasi antara ChatGPT dan Siri. Apple telah bekerja sama dengan OpenAI untuk mengintegrasikan layanan ChatGPT pada fitur Siri. Jika pengguna menanyakan sesuatu kepada Siri yang tidak dapat dijawabnya, dia akan menanyakan apakah boleh meminta bantuan ChatGPT. Tanggapannya kemudian akan dibuat dengan ChatGPT 4-o, tanpa perlu berlangganan ChatGPT. Jika pengguna memiliki langganan berbayar, maka dapat menggunakan fitur tambahan yang telah dibayar dari dalam Siri.

3. Notifikasi Prioritas

Foto: Apple

Fitur ketiga adalah notifikasi prioritas. Dengan menggunakan AI, perangkat Apple kini dapat menampilkan notifikasi terpenting di bagian atas layar, meskipun bukan notifikasi terbaru. Notifikasi ini juga menyertakan ringkasan. Misalnya, jika pengguna menerima iMessage yang panjang, notifikasi pada iPhone akan menampilkan ringkasan isi pesan.

AI di notifikasi iOS 18 juga memungkinkan pengguna mengurangi notifikasi-notifikasi yang tak penting. Apple Intelligence dapat memahami konten notifikasi dan menyeleksinya secara otomatis untuk hanya menampilkan notifikasi yang penting atau butuh respons segera.

4. Ringkasan Email

Foto: Apple

Fitur keempat adalah ringkasan email. Alih-alih menampilkan dua baris pertama dari setiap pesan seperti biasanya, kotak masuk email sekarang akan menampilkan ringkasan konten untuk setiap pesan. Mail juga dapat menggunakan AI untuk mengurutkan email berdasarkan prioritas sehingga email yang paling penting muncul di bagian atas kotak masuk. 

Baca Juga: 5 Fitur iOS 18 yang Diadopsi Apple dari Android

5. Writing Tools

Foto: Apple

Fitur kelima ini adalah fitur spesial, pengguna sekarang dapat menulis dengan mudah di iOS 18 dengan Writing Tools. Pengguna dapat meminta AI untuk melakukan peninjauan (proofread) teks yang yang telah dibuat. Pengguna juga dapat meminta AI untuk menulis ulang teks (rewrite) dengan tone dan bahasa yang baru. Selanjutnya, AI dalam Writing Tools juga memungkinkan pengguna untuk merangkum (summarize) secara otomatis konten teks.

Kemampuan Writing Tools ini akan hadir pada setiap layanan bawaan pengolahan teks di iPhone, seperti Mail, Notes, dan lainnya. Writing tools juga dapat digunakan untuk merangkum transkrip audio yang dibuat di aplikasi bawaan Notes.

6. Smart Reply

Foto: Apple

Fitur AI selanjutnya di iOS 18 adalah Smart Reply. Fitur ini memungkinkan pengguna membalas pesan atau e-mail dengan jawaban yang disarankan. Saran jawaban dibuat dengan melihat kata kunci yang ada. Jika pesan berisi pertanyaan, maka balasan yang disarankan akan memberikan saran jawaban potensial untuk pertanyaan tersebut. 

7. Image Playground

Foto: Apple

Apple Intelligence juga menghadirkan aplikasi Image Playground yang dapat diakses untuk membuat gambar berdasarkan teks. Kemampuan Image Playground ini mirip seperti platform AI Art Generator lain, seperti Dall-E atau Midjourney. Di aplikasi ini, pengguna dapat memilih gaya gambar yang hendak dibuat hingga memakai foto untuk dibuat menjadi gambar. Aplikasi Image Playground juga bisa memberikan beberapa saran konsep yang dapat dipilih pengguna dalam proses pembuatan gambar.

Selain itu, tersedia alat yang disebut Image Wand. Alat ini berfungsi untuk mengolah gambar berdasarkan sketsa yang dibuat di Notes. Pengguna dapat membuat gerakan melingkar dengan jari atau Apple Pencil di sekitar sketsa, lalu Image Wand akan mengidentifikasinya. Kemudian, Image Wand akan membuka Image Playground yang menyertakan sketsa pengguna lalu membuat gambar berdasarkan sketsa atau konsep lain yang dapat pengguna pilih untuk disertakan.

8. Buat Custom Emoji lewat Genmoji

Foto: Apple

Fitur menarik selanjutnya adalah Genmoji. Dengan AI, pengguna dapat membuat emoji kustom dari input yang dimasukkan.  Selain itu, Genmoji juga dapat dibuat dengan memasukkan teks dan foto. Fitur ini akan membantu pengguna untuk mendeskripsikan perasaan ataupun situasi dengan emoji tanpa batas.

Baca Juga: Apple Intelligence Jalin Kerja Sama dengan Gemini, Siap Buka Peluang Baru!

9. AI di Photos

Foto: Apple

Nah, fitur terakhir yang ada dalam iOS 18 adalah dukungan AI pada aplikasi Photos. Terdapat beberapa fitur AI yang ditambahkan seperti edit foto dan pembuatan video kenangan. Pada fitur edit foto, Apple Intelligence akan membantu pengguna untuk menghapus objek pada foto dengan mudah.

Selain itu, Apple Intelligence dapat digunakan untuk membuat video singkat berisi rangkuman konten di Photos dengan memasukkan deskripsi teks tertentu. AI akan menemukan foto atau video terbaik, menggabungkannya, dan menambahkan musik yang sesuai, untuk membuat memori khusus untuk pengguna.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

0
happy
Happy
0
sad
Sad
0
annoyed
Annoyed
0
surprised
Surprised
0
infected
infected
Bisa Hapus Objek Foto hingga Buat Emoji Kustom, Ini Dia 9 Fitur AI Baru di iOS 18!
Anda dapat berlangganan buletin kami sepenuhnya tanpa biaya. Segera daftarkan diri Anda untuk mendapatkan berita terbaru dengan mengklik tautan berikut: www.facebook.com/i/10 ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy kabarwarga.com privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow us