Islami

Tahun 721 M: Kegagalan Bani Umayyah dalam Menaklukkan Prancis

Laduni.ID, Jakarta - Pernah mendengar bahwa Islam pernah menapakan jejaknya di negara Prancis? Negara Prancis merupaka salah satu negara maju di dunia pada saat ini. Tetapi pernahkah kalian membayangkan bagaimana orang-orang Islam pada masa lampau berusaha untuk menaklukan negara tersebut. Simak tulisan di bawah ini. Ketika seluruh wilayah Andalusia (Spanyol) berhasil dikuasai oleh orang-orang Muslim

Laduni.ID, Jakarta – Pernah mendengar bahwa Islam pernah menapakan jejaknya di negara Prancis? Negara Prancis merupaka salah satu negara maju di dunia pada saat ini. Tetapi pernahkah kalian membayangkan bagaimana orang-orang Islam pada masa lampau berusaha untuk menaklukan negara tersebut. Simak tulisan di bawah ini.

Ketika seluruh wilayah Andalusia (Spanyol) berhasil dikuasai oleh orang-orang Muslim, periode tersebut dikenal dengan sebutan masa “Al-Wulat” yang dalam bahasa Arab berarti “para gubernur.” Hal ini mencerminkan struktur pemerintahan pada saat itu, di mana Andalusia, menjadi sebuah provinsi dipimpin oleh seorang gubernur. Sistem ini mirip dengan tata kelola di wilayah-wilayah lain di bawah kekuasaan Islam.

Pemerintahan pusat Muslim pada masa itu masih berada di Damaskus, di bawah kekuasaan Bani Umayyah. Sedangakn Ibu Kota orang Muslim di Andalusia terdapat di Cordoba.

Selama beberapa tahun lamanya setelah masa penaklukan, masyarakat pribumi mulai menerima Islam, mereka menilai dari cara orang Muslim memperlakukan orang nonmuslim dengan perlakuan yang baik.

Salah satu contoh nyata dari kebijakan toleransi yang diterapkan oleh pemerintah Muslim di Andalusia adalah dalam penanganan tempat ibadah umat Kristen. Ketika orang-orang Muslim menguasai wilayah tersebut, mereka tidak serta merta mengambil alih gereja-gereja yang ada. Bahkan, jika ada kebutuhan untuk mengubah sebuah gereja menjadi masjid, proses ini harus melalui serangkaian prosedur yang menghormati komunitas Kristen setempat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories