Islami

Keutamaan Amalan Minum Susu Putih pada Malam 1 Muharram

Laduni.ID, Jakarta - Di antara kebiasaan orang-orang sholeh (min da’bis shalihin) ialah, salah satunya meminum susu putih pada malam 1 Muharram. Kebiasaan ini sebagaimana diamalkan oleh ulama besar, Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, yang diikuti oleh para santrinya dan telah banyak disampaikan untuk diamalkan pula oleh masyarakat Muslim secara umum di setiap awal tahun. Biasanya, ketika

Laduni.ID, Jakarta – Di antara kebiasaan orang-orang sholeh (min da’bis shalihin) ialah, salah satunya meminum susu putih pada malam 1 Muharram. Kebiasaan ini sebagaimana diamalkan oleh ulama besar, Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, yang diikuti oleh para santrinya dan telah banyak disampaikan untuk diamalkan pula oleh masyarakat Muslim secara umum di setiap awal tahun. Biasanya, ketika telah masuk dari pada 1 Muharram, Abuya Sayyid Muhammad akan membagikan susu kepada para santri.

Amalan ini dimulai pada saat memasuki malam 1 Muharram setelah Marghrib, sampai menjelang Subuh. Kebiasaan ini mempunyai banyak keutamaan dan merupakan bentuk tafa’ulan, atau meminta dan berharap kepada Allah agar pada satu tahun ke depan dijadikan sebagai tahun yang bersih, sebagaimana layaknya susu putih yang diminum itu. Artinya tahun yang akan dilalui ke depan bisa digunakan untuk melakukan kebaikan demi kebaikan.

Adapun doa minum susu putih di awal tahun baru Hijriiyah yang diajarkan oleh Sayyid Muhammad adalah sebagaimana berikut ini:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَ زِدْنَا مِنْهُ

“Ya Allah berkahilah minuman kami, dan tambahkanlah darinya (rezeki) pada kami.”

Sebagaimana diketahui, bahwa susu memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh, seperti kalsium yang baik untuk tulang. Selain itu, di dalam susu terdapat anugerah yang telah Allah persiapkan untuk umat Rasulullah SAW. Oleh sebab itu dalam doanya ditambahkan kalimat  وزدنا منه.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories