News

BNPB kirim bantuan untuk korban bencana di Afganistan melalui kargo

Bantuan tersebut terdiri atas 10 paket meliputi kebutuhan pokok dan peralatan medis Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan bantuan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk korban bencana di Afganistan menggunakan pesawat kargo barang. "Bantuan tersebut terdiri atas 10 paket meliputi kebutuhan pokok dan peralatan medis seperti obat-obatan bila dinominalkan senilai Rp17,5 miliar," kata

Bantuan tersebut terdiri atas 10 paket meliputi kebutuhan pokok dan peralatan medis

Jakarta (ANTARA) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan bantuan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk korban bencana di Afganistan menggunakan pesawat kargo barang.

“Bantuan tersebut terdiri atas 10 paket meliputi kebutuhan pokok dan peralatan medis seperti obat-obatan bila dinominalkan senilai Rp17,5 miliar,” kata Kepala BNPB Suharyanto, saat ditemui usai mendampingi Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan untuk korban bencana tanah longsor Papua Nugini di Base Ops SUMA 1 Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu petang.

Meski pengiriman dilakukan di saat yang sama, yakni Rabu malam pukul 00:00 WIB tetapi skema pengiriman bantuan untuk Afganistan berbeda dengan Papua Nugini.

Baca juga: Presiden lepas bantuan kemanusiaan ke Papua Nugini dan Afghanistan

Suharyanto menjelaskan paket bantuan untuk korban bencana Afganistan itu dikirimkan dengan pesawat kargo tidak secara langsung oleh delegasi dari Pemerintah Indonesia tetapi melalui bantuan Palang Merah Internasional (IRFC) yang ada di negara tersebut.

Sementara, bantuan serupa sebanyak 14 paket senilai Rp18 miliar untuk korban bencana di Papua Nugini dikirimkan secara langsung oleh delegasi Pemerintah Indonesia yang dalam hal ini dipimpin oleh Kepala BNPB, dan akan diterima oleh Menteri Luar Negeri Papua Nugini di Ibu Kota Port Moresby pada Selasa (9/7) pagi.

“Beda itu karena sementara di Afganistan yang berkuasa adalah Taliban, dan Taliban belum diakui secara internasional maka tidak ada penyerahan secara goverment to goverment tapi melalui Palang Merah Internasional yang ada di Afgasnistan,” ujarnya.

Terlepas dari situ, Suharyanto menegaskan bahwa pengiriman bantuan itu membuktikan komitmen Pemerintah Republik Indonesia dalam mendukung atau membantu warga dari negara yang sedang dalam keadaan darurat seperti bencana kemanusiaan berupa konflik, ataupun bencana alam sehingga kondisinya menjadi lebih baik.

Baca juga: RI terbangkan bantuan untuk korban bencana di Papua Nugini sore ini
Baca juga: BNPB beri bantuan Rp200 juta untuk penanganan banjir Parigi Moutong 

 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories