Islami

Tahun 760-762 M: Membangun Baghdad sebagai Ibu Kota Baru dan Simbol Kekhalifahan

Laduni.ID, Jakarta - Ibu kota adalah kota atau munisipalitas utama di suatu negara, negara bagian, provinsi, kabupaten, atau wilayah administratif lainnya. Kota ini biasanya menjadi pusat administrasi pemerintahan, tempat kantor-kantor pemerintahan dan pusat pengambilan keputusan berada. Selain itu, ibu kota juga sering kali berfungsi sebagai pusat kegiatan ekonomi, sosial, dan politik di wilayahnya. Dalam beberapa

Laduni.ID, Jakarta – Ibu kota adalah kota atau munisipalitas utama di suatu negara, negara bagian, provinsi, kabupaten, atau wilayah administratif lainnya.

Kota ini biasanya menjadi pusat administrasi pemerintahan, tempat kantor-kantor pemerintahan dan pusat pengambilan keputusan berada. Selain itu, ibu kota juga sering kali berfungsi sebagai pusat kegiatan ekonomi, sosial, dan politik di wilayahnya.

Dalam beberapa definisi, ibu kota diartikan lebih luas sebagai pusat kegiatan wilayah dengan hierarki yang lebih tinggi. Kota ini bukan hanya pusat administrasi, tetapi juga pusat berbagai aktivitas yang memiliki pengaruh besar dalam aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan politik.

Dengan status hukumnya yang resmi, ibu kota memiliki peran strategis dalam mengarahkan pembangunan dan pertumbuhan wilayah secara keseluruhan.

Pusat Pemerintahan Sementara

Selama beberapa tahun setelah Bani Umayyah ditaklukkan oleh Bani Abbasiyah, pusat pemerintahan Abbasiyah tidak berada di Khurasan, tempat asal mereka, ataupun di Kuffah, yang merupakan sekutu mereka, apalagi di Syam, bekas pusat kekuasaan Bani Umayyah.

Pada awal pendirian kekhalifahan Abbasiyah, pusat pemerintahan mereka terletak di sekitar daerah Ambar, yang mereka namakan

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories