Keterlibatan Perempuan dalam Puncak Upacara Adat Seren Taun di Cigugur

keterlibatan-perempuan-dalam-puncak-upacara-adat-seren-taun-di-cigugur

Mubadalah.id – Pada tanggal 29 Juni 2024 kemarin merupakan puncak perayaan upacara Adat Seren Taun Masyarakat Sunda Wiwitan Cigugur Kabupaten Kuningan.

Melansir laman Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Kemendikbud, upacara adat ini digelar sebagai rasa syukur masyarakat Sunda khususnya para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala hasil pertanian yang didapat, sembari berdoa dan berharap hasil panen di tahun yang akan datang dapat meningkat.

Pada puncak perayaan Seren Taun ini, aku dan teman-teman Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) ISIF Cirebon mengikuti langsung perayaan puncak Masyarakat Adat Karuhun Urang Sunda (AKUR).

Pada acara puncak Seren Taun diawali dengannmenyanyikan lagu Indonesia Raya dengan 3 stanza, diikuti oleh berbagai pertunjukan tarian.

Aku menyaksikan ada banyak sekali tarian khas tradisi dan budaya Sunda. Mulai Tari Jamparing Apsari, Tari Puragabaya Gebang, dan Tari Buyung.

Saat awal acara puncak ini dimulai dengan Tari Jamparing Apsari, membuatku sangat terkesima. Terlebih para penari yang terdiri dari 12 penari perempuan berlegak-legok dengan indah.

Mereka mengenakan busana khas Sunda dengan hiasan bunga melati dan selendah merah muda. Apalagi dengan membawa busur dan panah, menambah kesatrian para perempuan Sunda.

Setelah selesai tarian yang pertama, dilanjut dengan Tari Puragabaya Gebang. Tarian ini sangat menggambarkan ketangguhan dan keperkasaan prajurit perempuan Sunda dalam melawan penjajahan dan keangkaramurkaan.

Tari Buyung

Dari rangkaian puncak ini ditutup dengan Tari Buyung. Tari ini merupakan mahakarya dari Ratu Emalia istri Pangeran Djatikusuma.

Dalam Tari Buyung ini para penari perempuan membawa kendi di atas kepala. Ini sangat mencerminkan kebersihan dan keseimbangan alam. Kurang lebih dalam tarian ini memiliki nilai “di mana bumi di pijak di situ langit dijunjung.”

Setelah sesi persembahan tarian, acara selanjutnya adalah iringan para orang tua, pemuda dan pemudi, hingga anak-anak membawa seluruh hasil bumi seperti padi, sayur-sayuran, hingga buah-buahan. Mereka semua menuju Paseban Paseban Tri Panca Tunggal.

Dengan melibatkan seluruh generasi pada prosesi iringan hasil bumi ini menjadi pembelajaran bahwa masyarakat AKUR Sunda Wiwitan selalu menjaga tradisi dan budayanya. Bahkan hingga ke anak cucu mereka.

Setelah semua hasil bumi masuk ke dalam Paseban, acara selanjutnya adalah dengan nutu pare atau menumbuk padi. Pada saat menumbuk padi, masyarakat AKUR Sunda Wiwitan membolehkan semua orang yang hadir untuk melakukan penumbukkan tersebut.

Peran Perempuan

Keterlibatan perempuan dalam semua rangkaian perayaan Seren Taun menunjukkan bahwa perempuan memiliki peran penting dalam melestarikan dan menghidupkan nilai-nilai tradisi dan budaya Sunda.

Mereka tidak hanya terlibat dalam pertunjukan seni seperti tari-tarian yang banyak akan makna simbolis. Tetapi juga aktif dalam berbagai aktivitas yang menandai keterlibatan mereka dalam menjaga keharmonisan antara manusia dan alam.

Dari Tari Jamparing Apsari misalnya, tarian ini sangat memperlihatkan kehalusan dan keanggunan gerakan. Lalu, Tari Buyung. Dalam tarian ini sangat menggambarkan tentang kebersihan dan keseimbangan alam. Sehingga dalam tari ini, perempuan memainkan peran kunci dalam melestarikan nilai-nilai budaya serta kearifan lokal.

Kemudian, pada saat nutu pare menjadi momen kolaboratif yang menunjukkan kesatuan komunitas dalam merayakan hasil panen. Di mana perempuan turut serta dalam proses tradisional ini dengan penuh semangat dan keikhlasan.

Dengan demikianlah, upacara Seren Taun bukan hanya menjadi sarana untuk memperkuat ikatan sosial antara sesama anggota masyarakat. Tetapi juga sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan nilai sosial dan spiritual yang mendalam. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Keterlibatan Perempuan dalam Puncak Upacara Adat Seren Taun di Cigugur

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us