Ironi Pasutri Meninggal Karena Tak Kunjung Dijenguk Anak

ironi-pasutri-meninggal-karena-tak-kunjung-dijenguk-anak

Mubadalah.id – Banyak yang bilang orang tua dapat membesarkan sepuluh anak dari sejak ia lahir ke dunia hingga beranjak dewasa dan memulai keluarga. Namun, satu orang anak terkadang tak dapat merawat kedua orang tua mereka, meski hanya sesaat. Begitulah ironi pasutri yang meninggal berdua karena tak kunjung dijenguk anak-anaknya.

Mengapa bisa seorang anak tak dapat meluangkan waktu untuk menjenguk orang tua yang sedang sakit? Sebuah ironi jika kita lihat bahwa ada banyak orang tua yang meski sudah di usia senja, dapat berkunjung dari desa ke kota apabila anaknya membutuhkan bantuan. Baik merawat cucu-cucu mereka, apalagi saat anaknya sedang sakit.

Tak pernah ada rasa praduga beban, maupun rasa anggapan sepele oleh seorang anak. Orang tua selalu menjadi garda terdepan jika anak-anak membutuhkan bantuan. Menjadi tempat berpulang paling nyaman bagi anak-anak yang merasa kesakitan menghadapi kerasnya dunia luar.

Problema Orang Tua dan Kesibukan Anak

Namun, ketika orang tua sakit, selalu ada saja alasan seorang anak untuk tidak bisa pulang ke rumah orang tua. Entah pekerjaan yang tak dapat ditinggalkan. Ekonomi yang menjadi alasan tak punya uang untuk pulang. Maupun kebutuhan keluarga yang harus didahulukan.

Alasan-alasan tersebut selalu dapat pemakluman dari orang tua karena tidak ingin anaknya merasa terpaksa harus pulang meski mereka sangat ingin  sekali dapat bertemu dengan anak-anaknya. Apalagi dalam keadaan sakit, selain perawatan, orang tua juga butuh support dari anak, meski hanya kehadirannya. Karena bertemu anak adalah obat rindu bagi orangtua yang sedang sakit.

Maka, bukanlah perkara yang dapat kita sangkal. Bahwa dengan jarang bertemu dengan anak-anaknya, orang tua merasakan kesepian yang tak kunjung dapat memberikan pertemuan kepada anak-anaknya, yang merupakan pujaan hati mereka. Membuat rasa sakit semakin menyala dan menjalar, karena tak ada yang lebih menyakitkan daripada rasa kesepian tanpa pertemuan.

Kasus Pasutri yang Meninggal Berdua, Romantis atau Mengerikan?

Ironi pasutri yang meninggal berdua, adakalanya terlihat sebagai sebuah kemesraan bagi beberapa orang, karena dapat sehidup semati berdua dengan pasangan. Namun, juga sebuah ironi yang mengerikan, karena baru dapat kita ketahui kematian mereka setelah beberapa hari setelahnya, itu pun berkat para tetangga yang memiliki rasa curiga karena tak melihat pasutri tersebut keluar dari rumah mereka.

Merupakan sebuah ironi, karena di zaman yang serba-serbi vidio call-an saat ini. Apakah anak-anaknya selain tidak bisa menjenguk orang tuanya, juga tak mampu untuk berteleponan bertanya kabar? Barang sehari sekali, atau tiga hari sekali? Sampai tidak mengetahui keadaan orang tua sampai mereka meninggal dalam keadaan berdua dan sampai tidak terketahui oleh siapa pun? Tanpa ada pertolongan?

Memang mati itu adalah sebuah kepastian, yang bahkan orang sehat saja bisa mati kapan pun jika sudah waktunya, apalagi yang sakit. Namun, adakalanya kita tak bisa menyalahkan kematian. Rumah sakit bisa penuh karena ada harapan dari banyak para orang tua, juga anak-anak yang berharap orang yang mereka sayangi dapat pulih kembali. Adalah sebuah harapan yang menjadikan hidup menjadi lebih hidup.

Benarkah Memiliki Anak Laki-laki Menumbuhkan Patriarki?

Dalam pernyataan dari gereja, pasutri tersebut memiliki tiga anak laki-laki, yang sudah sering dihubungi dari sejak kunjungan atau ketika sedang mengadakan perjamuan kudus ke rumah. Atau ketika kerja bakti dan juga pernah bergantian mengantarkan makanan antara warga dan Presbiter SP3, sebelum akhirnya keluarga menyerahkan ke tetangga untuk memesankan makanan untuk pasutri Oma dan Opa. Bahkan, biasanya Opa akan menelepon gereja jika memerlukan sesuatu.

Sampai saat ini, belum dapat kita tahu, apa alasan ketiga anak laki-laki pasutri tersebut jarang menjenguk orang tuanya, dan tidak ada inisiatif untuk mengajak tinggal bersama. Apakah karena mereka anak laki-laki?

Sebagaimana patriarki yang sudah mendarah daging di kehidupan masyarakat. Anak laki-laki memang tidak bisa menjadi harapan untuk menjaga dan merawat orang tua ketika usia senja. Berbeda dengan anak perempuan, yang dalam setiap kesempatan dituntut untuk meluangakan waktu untuk merawat kedua orang tuanya. Bahkan harus meninggalkan pekerjaan yang layak, karena dianggap sebuah kewajiban yang terpatri atas mereka.

Lalu, siapa yang harus disalahkan jika kejadian seperti ini terulang? Apakah kedua pasutri yang tidak bisa mengajarkan ketiga anak laki-lakinya menjadi anak yang berbakti kepada orang tua? Atau kah ketiga anak laki-laki mereka yang memang tidak memiliki rasa tanggung jawab untuk merawat kedua orang tuanya? karena merasa beban telah mereka serahkan kepada pengurus gereja dan tetangga? Apa yang anda pikirkan? []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Ironi Pasutri Meninggal Karena Tak Kunjung Dijenguk Anak

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us