Hari Anak Nasional: Cara Membangun Kepercayaan Diri Anak

hari-anak-nasional:-cara-membangun-kepercayaan-diri-anak

Mubadalah.id – Kepercayaan diri anak ialah penilaian positif terhadap kemampuan dirinya sendiri. Bersikap tenang, mudah menyesuaikan diri di lingkungan baru, serta mampu mengaktualisasikan potensinya secara maksimal.

Di momen Hari Anak Nasional yang jatuh setiap 23 Juli, saya ingin mengingatkan kembali tentang hak anak. Anak bukanlah objek investasi masa depan. Anak merupakan amanah yang besar dari Allah. Mendidiknya secara maksimal sudah menjadi tanggung jawab dari setiap orang tua.

Salah satu hak anak yang perlu menjadi perhatian bersama adalah rasa percaya diri yang harus terus tumbuh seiring dengan perkembangannya. Jangan berlebihan, jangan juga kurang. Kepercayaan diri harus dimiliki anak sesuai dengan porsi masing-masing.

Anak yang memiliki percaya diri, ia akan mudah dalam meningkatkan prestasi. Ia juga akan berani dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun kepercayaan diri anak.

Memberikan pujian yang tulus dan spesifik

Sebagai orang tua yang demokratis, harus siap untuk mengapresiasi segala pencapaian anak. Meskipun terkesan kecil bahkan sepele, jangan sungkan untuk memberikan pujian tulus kepada sang anak. Misalnya “Kamu sudah belajar dengan keras, apapun hasilnya, kamu tetap hebat”.

Jangan pernah menuntut anak agar memiliki hasil yang selalu bagus. Perhatikan prosesnya, apresiasi segala kemajuan-kemajuan kecil yang mereka lalui. Dengan begitu anak akan merasa dirinya berharga sehingga jalan-jalan kecil yang sudah ia lalui memiliki makna yang besar.

Memberikan kesempatan untuk mencoba hal baru

Keluarga menjadi tempat bagi anak memperoleh banyak pengetahuan sekaligus kesempatan untuk belajar. Sebagai orang tua yang bijaksana, jangan memandang anak sebagai makhluk yang tidak tahu apa-apa. Berikan ia kesempatan dan ruang belajar yang dapat membangun kepercayaan dirinya.

Dalam pembagian tugas rumah, berikan anak tanggung jawab kecil. Misalnya, ajari anak untuk merapihkan kamar tidurnya. Ajak anak dalam proses menyiapkan makanan dan bersih-bersih rumah lainnya.

Dalam pengambilan Keputusan, libatkan anak di dalamnya. Misalnya memilih pakaian dan menu makanan, menentukan tujuan liburan, dan lain sebagainya. Dengan seperti itu, anak akan merasa terlibat aktif dalam kehidupan keluarga.

Bangun hubungan yang positif

Anak dan orang tua harus memiliki kerja sama yang baik. Intensitas hubungan yang positif, sehingga akan tercipta bonding di antara mereka. Sesibuk apapun orang tua, luangkan waktu untuk anak. Siapkan jiwa dan raga untuk mendengarkan ceritanya dan bermain langsung dengan anak. Sehingga anak merasa bahwa orang tuanya mengafirmasi perasaan dan pendapat mereka.

Berikan dukungan emosional untuk membantu kepekaannya. Ketika anak menuai kegagalan, beri perhatian, dukungan, dan sesekali tawaran bantuan.

Setiap anak membutuhkan umpan balik yang membangun. Bukan hanya menyalahkan ketika anak salah. Fokus pada solusi, misalnya “Gapapa, kamu bisa mencoba dengan cara lain yang sama baiknya”. Selain itu, ajak anak untuk merefleksikan setiap pengalaman yang ada. Dengan begitu, anak akan menemukan hikmah dari setiap peristiwa sehingga ia akan menghargai dirinya seperangkat dengan pengalamannya.

Orang Tua sebagai Panutan

Jangan hanya menuntut anak menjadi pribadi yang hebat. Jauh sebelum itu, didik diri sendiri untuk menjadi pantas sebagai role model atau panutan bagi anak. Salah satu metode dalam pembentukan karakter adalah teladan.

Orang tua merupakan orang yang terdekat bagi anak, maka tidak heran jika anak banyak meniru apapun yang ada pada orang tuanya. Jadilah teladan yang baik, tunjukkan rasa percaya diri sehingga anak akan menirunya.

Selain itu, baiknya orang tua juga berbagi pengalaman kepada anak. Namun jangan mendominasi suatu momen kebersamaan. Sesekali ceritakan pengalaman pribadi dalam menghadapi tantangan yang ada. Sehingga, anak memiliki kesadaran bahwa kegagalan dan kesulitan merupakan bagian dari sebuah perjuangan.

Memang tidak mudah untuk menjadi orang tua yang bertanggungjawab. Namun bukan berarti sulit. Selalu ada jalan kalau kita mau belajar dan memaksimalkan ruang-ruang positif untuk meningkatkan responsifitas kepada kondisi dan kebutuhan anak. Selamat Hari Anak Nasional dan selamat menjadi ibu yang mampu memaknai segala tumbuh kembang anak secara bijaksana. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Hari Anak Nasional: Cara Membangun Kepercayaan Diri Anak

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us