Poligami untuk Syahwat atau Maslahat

poligami-untuk-syahwat-atau-maslahat

Mubadalah.id – Dalam lingkaran pertemanan saya di lingkungan mahasiswa dulu, ada dua orang teman yang memilih untuk menjalani pernikahan agak berbeda dengan kawan-kawan lainnya.

Seorang teman laki-laki memilih untuk melakukan poligami, ketika merasa sedang berada pada puncak karir dengan kecukupan finansial. Dia menikahi secara diam-diam (sirri) seorang perempuan muda yang usianya terpaut 20 tahun. Awalnya, tentu tanpa sepengetahuan istri pertama.

Satu teman lain saya adalah seorang perempuan yang memilih untuk menjadi istri ke dua, juga dengan status penikahan tidak resmi menurut hukum Negara. Ketika itu, ia memang silau dengan kemewahan gaya hidup seorang pria yang sedang menyukainya.

Meski terpaut umur cukup jauh, pria ber anak-istri itu sedang menjadi pejabat penting di sebuah Kementerian. Ia berjanji akan menjadi suami dari dua orang istri yang akan dia perlakukan secara adil. Ia juga berjanji akan mencukupi semua kebutuhan keduanya dengan standar yang lebih baik.

Dampak Ikutan

Seiring dengan perjalanan waktu pernikahan keduanya, teman laki-laki saya yang dahulu asik, periang, ramah dan mudah bergaul, mendadak berubah drastis. Ia menjadi laki-laki  pemurung, sensitif, mudah tersinggung. Tampilan fisiknya nampak jauh lebih tua dari rekan-rekan sebayanya.

Uban memenuhi isi kepala, rambut acak-acakan, kumis dan jenggot ia biarkan tumbuh liar tak terpelihara. Setiap kali ada pertemuan reuni, ia nampak selalu gelisah. Banyak sekali keluhan muncul dari dia, seolah berat sekali beban hidupnya.

Telpon genggam teman pria ini terus menerus berdering. Ia selalu menjauh saat berkomunikasi melalui telepon. Suarannya pelan, seolah takut sekali omongannya terdengar orang lain. Salah satu kebiasaan buruknya adalah, ia sering sekali membuat kebohongan kecil.

Misalnya, dia bilang sedang rapat penting bersama rekan kerja, padahal kami sedang ngopi. Saya tahu karena ia terkadang memvideokan muka saya yang dia akui sebagai teman kantor. Saya selalu tergagap-gagap, salah tingkah, ketika terpaksa ikut nimbrung dalam skenario obrolan bersama istrinya.

Kebiasaan aneh lainnya adalah ia sering sekali mengganti nomer telpon pribadi. Dalam hitungan bulan, dia sudah berganti 3 – 4 kali. Ia pun tidak merasa cukup dengan satu buah telpon genggam. Dua perangkat telpon genggamnya telah menjadi properti paling keramat, sarat kerahasiaan, hingga harus benar-benar ia jaga dari sentuhan siapapun.

Bahkan, telpon genggam itu harus ia bawa ketika masuk ke kamar mandi atau ke toilet dalam waktu lama. Saat hendak tidur, ia akan memasukkan ke dalam laci yang terkunci rapat.

Menilik Perjalanan Hidup

Perjalanan hidup teman perempuan saya tidak seaneh teman laki-laki, namun cukup pedih. Dia sedang bahagia dengan kehidupan serba cukup bersama dua anak yang masih balita. Tiba-tiba suaminya meninggal dunia secara mendadak di kantor.

Sedihnya, sebagai istri tidak resmi, ia tidak berani datang ke tempat penguburan, karena takut dengan istri pertama. Ia hanya bisa menangis keras memeluk ke dua anaknya yang belum bisa ia ajak berbagi kesedihan.

Selang beberapa minggu pasca kematian, ada tamu yang bertandang. Seorang perempuan paro baya beserta tiga orang remaja. Sang ibu yang tampak mewah dan berwibawa itu menyampaikan pertanyaan singkat:

“Anda siapa kok tinggal di rumah keluarga kami?” Tanyanya.

“Saya istri dari Bapak RK (inisial almarhum)” Jawabnya sambil menangis

“Istri? Ada bukti pernikahan degan Bapak RK?” Pertanyaan selanjutnya

“Tidak ada !” Jawabnya lemah.

Singkat cerita, Ibu dan ke tiga remaja itu menjelaskan bahwa mereka adalah keluarga inti dari almarhum RK, dari hasil perkawinan yang sah, legal menurut aturan negara dan agama.  Mereka berpesan bahwa properti (mobil dan rumah) milik keluarga almarhum harus ia kembalikan kepada keluarga yang sah. Ia diberi waktu satu bulan untuk meninggalkan kunci rumah. Sedangkan mobil yang ia gunakan adalah milik Negara dan segera diserahkan ke kantor.

Meski siang itu langit cerah, namun hati perempuan muda ini mendadak gelap. Kepala dan batinnya penuh sesak dengan tanda tanya yang tidak mampu ia jawab seketika. Ia menangis se jadi-jadinnya. Kedua anaknya hanya mampu berdiri setengah tegap. Keduanya ikut menangis keras, meski tidak tahu mereka menangis karena apa.

Sebulan kemudian, Ibu muda ini memutuskan pulang ke kampung halaman, menemui ibu kandung dan menumpang hidup untuk sementara.

Allah pasti dan selalu menjamin kebaikan semua mahklukNYA. Perempuan muda ini tidak berlama-lama larut dalam kesedihan. Ia bangkit pelan-pelan, menggunakan segala kemampuan yang selama ini terpendam, hingga tumbuh menjadi ibu tunggal secara mandiri. Ia memahat pesan kuat di batinnya, bahwa; “hanya keledai yang bisa jatuh dua kali ke dalam lubang yang sama.”

Hakekat Poligami

Menemui sepenggal kisah yang kedua teman saya alami itu telah membuat batin saya perih dan terkoyak. Mimpi mereka untuk mendapatkan sebuah kesenangan itu mendadak pupus. Keterpisahan jarak antara mimpi indah dan kenyataan pahit itu begitu tipis.

Kenyataan yang ada begitu nyata, semu dan tidak seimbang. Perjalanan hidup mereka telah memberi pesan sangat kuat, penuh kejujuran, seperti cermin besar yang utuh, bersih, hingga mampu memantulkan raut wajah saya yang sebenarnya.

Dalam waktu yang sama, saya menemukan sebuah buku saku yang mengupas masalah poligami dengan uraian penjelasan yang gamblang. Argumentasi keagamaan di dalam buku itu sangat kuat. Ada dalil-dalil yang bersumber dari Alqur’an dan Hadis dengan tafsiran yang logis, memenuhi standar otoritas dari para ilmuwan yang mumpuni.

Buku berjudul “Pandangan Islam tentang Poligami” itu ditulis oleh Musdah Mulia, diterbitkan oleh Lembaga Kajian Agama & Jender dan Solidaritas Perempuan, atas dukungan The Asia Foundation, tahun 1999.

Buku ini mengupas bab tentang; Menyikap Tabir Poligami, lalu Poligami dalam Perspektif Islam, Implikasi Poligami, Kritik Terhadap Kebijakan Pemerintah Mengenai Poligami dan terakhir Kesimpulan.

Praktik Pernikahan Rasulullah

Ibarat “Mengajari Ikan Berenang”, saya tidak akan mengupas substansi buku di dalam tulisan ini. Silahkan membaca sendiri dengan hati terbuka. Saya bersaksi, bahwa ulasan di dalam buku itu sangat jernih. Argumentasi yang tersajikan valid dengan sumber rujukan yang otoritatif. Pilihan bahasanya ringan, lugas, renyah dan sangat mudah kita mengerti.

Saya juga tidak akan memperdebatkan mengenai hukum agama terkait boleh-tidaknya melakukan praktik poligami, baik secara hukum Negara ataupun Agama. Bagi yang hendak melakukan poligami karena alasan hendak meniru praktik yang pernah Nabi Muhammad Saw lakukan sebagai Rasulullah, saya merekomendasikan untuk membaca buku kecil ini.

Ia telah menjelaskan secara gamblang latar belakang, alasan dan praktik pernikahan yang adil yang dilakukan oleh Nabi. Semoga pandangan para pembaca buku ini bisa semakin terlengkapi hingga sukur-sukur bisa tercerahkan setelah membacannya.

Kesimpulan akhir yang saya amini setelah membaca buku ini adalah, bahwa praktik pernikahan Rasulullah, bukan semata untuk menyalurkan syahwat yang jauh dari maslahat. Selamat Membaca. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Poligami untuk Syahwat atau Maslahat

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us