Jangan Keliru! Ini Perbedaan Matcha dan Green Tea dari Bentuk hingga Rasanya

jangan-keliru!-ini-perbedaan-matcha-dan-green-tea-dari-bentuk-hingga-rasanya

Kyla Putri Nathania | Beautynesia

Rabu, 31 Jul 2024 06:30 WIB

Jangan Keliru! Ini Perbedaan Matcha dan Green Tea dari Bentuk hingga Rasanya

Foto: freepik.com

Green tea dan matcha sedang menjadi tren di dunia minuman sehat. Banyak kafe dan restoran yang menawarkan berbagai variasi minuman berbasis green tea dan matcha, mulai dari latte, smoothie, hingga dessert. 

Dalam dunia teh, green tea dan matcha adalah dua jenis teh hijau yang sering kali dianggap sama oleh banyak orang. Namun, meskipun berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia sinensis, kedua jenis teh ini memiliki perbedaan yang signifikan.

Seperti apa perbedaan keduanya? Yuk pahami!

Proses Produksi

Proses Produksi/ Foto: pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Melansir Art of Tea, green tea dan matcha dipelihara dengan cara yang berbeda. Green tea ditanam di bawah sinar matahari, sedangkan matcha ditanam di tempat teduh selama tiga minggu sebelum dipanen. 

Green tea tumbuh dengan warna hijau kusam dengan warna kecoklatan, sedangkan matcha tumbuh dengan warna hijau cerah. Tempat teduh meningkatkan kadar klorofil dalam daun yang membuat matcha berwarna cerah.

Selama panen, green tea dipotong oleh mesin dan langsung dikirim ke pabrik pengolahan di mana ia dikukus untuk menghentikan fermentasi. Daunnya kemudian dikeringkan oleh mesin pemutar. 

Daun matcha dipanen dengan memilih dahan daun green tea terbaik dari tanaman. Batang dan urat daun dihilangkan, dan daun digiling dengan batu hingga menjadi bubuk matcha.

Bentuk dan Penampilan

Green Tea/ Foto: freepik.com

Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah bentuk dan penampilan keduanya. Green tea biasanya hadir dalam bentuk daun teh yang dikeringkan dan dikemas dalam kantong teh atau loose leaf. 

Matcha/ Foto: freepik.com

Matcha/ Foto: freepik.com

Sementara itu, matcha berbentuk bubuk hijau terang yang sangat halus. Karena itu, matcha biasanya dikonsumsi dengan cara dicampur langsung dengan air, sehingga kita mengonsumsi seluruh daun teh, bukan hanya ekstraknya.

Rasa dan Aroma

Rasa dan Aroma/ Foto: freepik.com/pvproductions

Green tea memiliki rasa yang lebih ringan dan sedikit pahit dibandingkan matcha. Rasa green tea juga bervariasi tergantung pada jenis dan asalnya. 

Di sisi lain, mengutip Uji Matcha, matcha memiliki rasa yang lebih kuat dan umami, sering digambarkan sebagai “earthy” atau seperti rumput laut. Karena rasa matcha yang cukup kuat, sering kali disajikan dengan tambahan susu atau pemanis untuk menyeimbangkan rasa.

Keduanya pun diketahui mengandung kafein. Kandungan kafein akan bervariasi tergantung pada persiapannya. Melansir Medical News Today, green tea mengandung sekitar 11–25 miligram (mg) kafein per gram (g). Matcha mengandung sekitar 19–44 mg kafein per gram.

Itulah perbedaan antara green tea dan matcha. Kamu lebih suka yang mana, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Jangan Keliru! Ini Perbedaan Matcha dan Green Tea dari Bentuk hingga Rasanya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us