4 Dampak Negatif dari Gaya Hidup Sedentary Lifestyle (Mager)

4-dampak-negatif-dari-gaya-hidup-sedentary-lifestyle-(mager)

Mubadalah.id – Generasi saat ini terutama anak muda mesti sudah tidak asing dengan istilah malas gerak yang disingkat “mager” atau dalam bahasa medis disebut sedentary lifestyle. Perilaku ini merupakan kondisi di mana seseorang tidak aktif secara fisik seperti jarang bergerak dan rebahan.

Kebiasaan sedentary lifestyle sudah menjadi kebiasaan atau gaya hidup yang banyak dilakukan terutama pada kalangan anak muda. Seiring berkembangnya teknologi perilaku ini kemudian banyak ditiru dan dijadikan trend dalam kehidupan sehari-hari.

Anak muda atau para remaja sering menggunakan kata mager ketika sedang malas beraktivitas dengan nada bicara yang ringan. Seperti ajakan “ayo main ke pantai” kemudian dijawab dengan ringan “ah mager”.

Perilaku ini sebenarnya normal untuk dilakukan, karena semua orang pasti memiliki rasa malas entah karena kelelahan atau keadaannya sedang tidak baik untuk bisa bergerak.

Namun perilaku mager kerap disalah gunakan menjadi sebuah gaya hidup, di mana seseorang akan banyak menghabiskan waktunya dengan berleha-leha. Sehingga perilaku mager dapat menjadi gaya hidup yang negatif.

Menormalisasi gaya hidup mageran bagi sebagian orang mungkin terdengar biasa saja. Namun pada faktanya menurut WHO, gaya hidup mageran menjadi salah satu dari sepuluh penyebab kematian terbanyak di dunia.

Gaya hidup sedentary dapat memberikan beberapa dampak buruk bagi kesehatan seseorang baik dalam segi fisik maupun mental.

4 Dampak Negatif  Mager Bagi Kesehatan

Gaya hidup malas gerak, dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan fisik maupun mental.

Ada beberapa dampak buruk dari kebiasaan ini, yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Berikut dampak negatif malas gerak bagi kesehatan seperti dalam website Kemenkes.go.id.

Pertama, adalah menurunya konsentrasi. Gaya hidup mager dapat berpengaruh terhadap menurunnya konsentrasi. Hal ini, karena paru-paru yang tidak dapat mengembang secara optimal karena terlalu lama duduk atau rebahan.

Keadaan ini dapat memicu kurangnya oksigen yang diterima otak dan dapat menyebabkan turunnya konsentrasi sehingga berimbas pada penurunan produktifitas seseorang.

Oleh sebab itu, biasakan diri untuk sesekali berjalan keluar atau melakukan aktivitas lainya sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuh dapat berjalan dengan normal.

Kedua, gangguan mental. Melansir dari klikdokter.com kebiasaan malas gerak sejak kecil dapat mengakibatkan seseorang mudah mengalami gangguan mental seperti depresi pada waktu dewasa.

Karena kebiasaan ini banyak mengakibatkan seseorang terbiasa dengan kesendirian dan jarang melakukan aktivitas. Sehingga pada waktu dewasa risiko mengalami depresi akan lebih tinggi, jika kita bandingkan dengan anak yang sejak kecil banyak beraktivitas seperti bermain, belajar bersama, dan lain sebagainya.

Penting bagi setiap orang tua yang memiliki anak atau para anak-anak untuk membiasakan banyak melakukan aktivitas sejak kecil sehingga dapat meminimalisir risiko gangguan kesehatan mental di usia dewasa.

Ketiga, penurunan kualitas hidup. Terlalu sering malas beraktivitas dapat menimbulkan penurunan terhadap kualitas hidup. Hal ini, karena kesehatan fisik menjadi menurun akibat jarang bergerak.

Masalah fisik ini kemudian dapat menjadi penghambat kualitas hidup seseorang pada waktu dewasa karena kesehatan. Jika kesehatan fisiknya menurun. Maka akan berimbas pada penurunan penghasilan serta efisiensi waktu yang juga akan terhambat.

Ganguan Metabolisme

Keempat, gangguan metabolisme. Aktivitas fisik memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Ketika seseorang kurang aktif bergerak, maka metabolisme atau kekebalan tubuh menjadi berkurang.

Hal ini dapat memicu beberapa masalah kesehatan seperti risiko diabetes tipe 2, peningkatan kadar gula darah, dan beberapa masalah kesehatan lainya.

Tak jarang ketika terlalu lama berbaring dan tidak melakukan aktivitas dalam waktu yang lama, tubuh menjadi ringkih dan gampang terserang banyak masalah kesehatan.

Kebiasaan malas bergerak dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu penting bagi kita semua untuk melakukan aktivitas fisik agar tubuh kita terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan.

Oleh sebab itu, karena yang mengetahui kondisi fisik kita adalah diri kita sendiri. Maka dari itu jaga kesehatan dengan mengurangi kebiasaan malas gerak. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
1
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
4 Dampak Negatif dari Gaya Hidup Sedentary Lifestyle (Mager)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us