Tahapan seleksi sekolah kedinasan PKN STAN

tahapan-seleksi-sekolah-kedinasan-pkn-stan

Jakarta (ANTARA) – Dalam mendaftar kuliah dalam penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN terdapat beberapa tahapan seleksi yang harus peserta ikuti.

PKN STAN sebagai salah satu Sekolah Kedinasan di Indonesia yang dinaungi Kementerian Keuangan. PKN STAN merupakan perguruan tinggi vokasi yang menyelenggarakan program studi diploma di bidang keuangan negara.

Terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru PKN STAN yang bisa peserta pilih satu, yaitu Jalur Reguler, Jalur Afirmasi Kewilayahan, dan Jalur Pembibitan.

PKN STAN menerima putra-putri warga negara Indonesia lulusan sekolah menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) atau Kementerian Agama seperti Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kelompok Belajar Paket C atau sekolah keagamaan sederajat.

Pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2024 sudah dibuka.

Melansir dari laman resmi PKN STAN terdapat tahapan seleksi terdiri atas Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Lanjutan I, dan Seleksi Lanjutan II. Berikut tahapan seleksi dalam mendaftar sebagai mahasiswa baru di PKN STAN:

1. Tahap seleksi Administrasi

Peserta diseleksi berdasarkan syarat administrasi untuk Jalur Reguler, Jalur Afirmasi Kewilayahan, Jalur Pembibitan. Peserta dipastikan benar-benar telah memenuhi syarat pada pendaftaran seleksi PKN STAN, seperti nilai, usia, serta terdaftar Nomor Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT).

Jika pada tahap seleksi administrasi dinyatakan lulus, maka pendaftar akan lanjut ke tahapan berikutnya, sedangkan peserta yang dinyatakan tidak lulus akan gugur pada tahap ini dan tidak dapat melanjutkan pada tahapan berikutnya.

2. Tahap seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

SKD diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus tahap eleksi administrasi dan telah melakukan pembayaran. SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

SKD meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Peserta dinyatakan lulus SKD apabila memenuhi ketentuan nilai ambang batas SKD sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Berikut nilai ambang batas untuk pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2024:

-Nilai ambang batas untuk Jalur Reguler dan Pembibitan daerah non-afirmasi: TKP 156, TIU 80, TWK 65

-Nilai ambang batas untuk Jalur Afirmasi Kewilayahan dan Pembibitan daerah afirmasi: TIU 55, Kumulatif dari TKP, TIU, dan TWK 281.

3. Tahap seleksi Lanjutan I

Tahap diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus SKD. Seleksi Lanjutan I terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi. Adapun Tes Psikologi dilaksanakan menggunakan Computer-based Test

Sementara untuk Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi:

a. Tes Kesehatan mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat; dan

b. Tes Kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat

4. Tahapan seleksi Lanjutan II

Seleksi Lanjutan II merupakan Tes Wawancara yang diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I. Seleksi Lanjutan II dilaksanakan dengan tata cara:

1. Peserta mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan

2. Pewawancara melakukan wawancara secara online dengan media video conference

Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan II apabila peserta memenuhi standar minimal kriteria wawancara dan berada di peringkat yang sesuai dengan kebutuhan akhir alokasi pada setiap program studi untuk pada akhirnya dapat dinyatakan diterima sebagai mahasiswa PKN STAN.

Bagi pelajar yang berminat mendaftar di PKN STAN, informasi lebih lanjut bisa mengunjungi laman resmi https://pknstan.ac.id/

Baca juga: Jadwal penerimaan sekolah kedinasan PKN STAN 2024

Baca juga: Simak perubahan syarat pendaftaran SPMB STAN 2024

Baca juga: Mau kuliah gratis di PKN STAN? simak persyaratan masuknya

Pewarta: Sri Dewi Larasati

Editor: Alviansyah Pasaribu

Copyright © ANTARA 2024

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Tahapan seleksi sekolah kedinasan PKN STAN

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us