Mengapa Penyandaran Nama Anak Kepada Ayah, Bukan Kepada Ibu? Edisi Pembacaan Aspek Kebudayaan

mengapa-penyandaran-nama-anak-kepada-ayah,-bukan-kepada-ibu?-edisi-pembacaan-aspek-kebudayaan

Mubadalah.id – Nabilah binti Yusuf, Rahman bin Yaqub, Siti binti Ahmad, Imran bin Tholib, Azizah binti Makruf. Jenis kelamin nama-nama tersebut bisa berbeda-beda namun jenis kelamin nama yang tersebutkan sebagai sandingannya selalu sama, yakni laki-laki melalui sosok bapak.

Apakah hal ini lumrah? Saya rasa pembaca bisa menjawab sendiri pertanyaan tersebut. Berdasarkan pengalaman penulis, penyebutan nama anak yang disandarkan kepada nama bapaknya merupakan sesuatu yang normal, namun penyebutan nama anak yang bersandarkan kepada nama ibunya tidaklah normal.

Kelumrahan di Masyarakat

Nilai kelumrahan ini jika kita telisik lebih jauh sedikit banyak bergantung dengan aspek regional, semisal tradisi yang timbul di Barat yakni mengarah kepada penyandaran nama Istri kepada suami. Semisal Michelle Obama yang merupakan istri dari Barack Obama dan Hillary Clinton yang merupakan istri dari Bill Clinton.

Bukan hanya tentang istri yang menyandarkan kepada suami, namun juga kita temukan suami yang menyandarkan namanya kepada istrinya. Semisal Marco Perego yang menyandarkan kepada istrinya Saldana, dan juga terdapat Jack White yang menyandarkan namanya Meg White.

Di Indonesia juga sering kita temukan nama istri yang bersandar kepada nama suami. Semisal Krisdayanti menjadi Krisdayanti Lemos, dan Nia Ramadhani menjadi Nia Ramadhani Bakri. Hal tersebut menjadi bukti bahwa kultur penamaan ini bersifat fleksibel di berbagai belahan dunia.

Di sisi lain, fakta tersebut secara tidak langsung membuka adanya peluang kesetaraan penyandaran nama anak kepada suami. Sebab, seorang anak secara harfiah milik kedua orang tuanya, tapi mengapa hanya bapak yang kita jadikan sandaran?

Opsi yang mungkin bisa kita tawarkan yakni: Pertama nama ibu bisa menjadi pengganti nama ayah. Contoh: Fatimah binti Rodhiyah. Kedua, nama ibu juga tersebutkan dengan nama ayah di belakang nama anaknya, contoh: Althaf bin Musthofa dan Aminah. Ketiga, kedua nama orang tua sama-sama tidak kita sebutkan.

Apakah semudah itu? Penulis menganggap pola yang penulis paparkan di paragraf sebelumnya merupakan contoh aplikasi pendekatan kesetaraan secara serampangan. Sebab pembacaan kesalingan mirip dengan pembacaan kontekstual yang mempertimbangkan aspek teks dan konteks.

Oleh karena itu, kasus penyandaran nama bapak kepada anak perlu kita lihat lebih utuh melalui sudut pandang kebudayaan dan keagamaan di masa lalu dan masa kini. Aspek kebudayaan akan terpaparkan melalui tulisan ini dan aspek keagamaan akan penulis bahas melalui artikel yang terpisah.

Sebuah tradisi di Arab

Kaidah Al-‘Adah al-Muḥakkamah (kebiasaan bisa kita jadikan sebagai hukum) sering kali menjadi argumentasi untuk melegitimasi perilaku yang bersifat berulang secara kebudayaan meski tanpa berlandaskan aspek rasionalitas di masyarakat sebagaimana yang terpaparkan melalui laman Kupipedia.id.

Makna yang agak berbeda Syaikh Ahmad Zarqa’ hasilkan yang mendefinisikan term ‘adāh (adat) selaras dengan ‘urf (kebiasaan). Artinya sesuatu yang terus berlangsung namun diterima oleh akal sehat manusia.

Beberapa contoh adat dunia semisal memanjangkan leher oleh suku Karen di Thailand, menari bersama mayat di Madagaskar, Tato badan, suku Kalinga di Filipina. Di Indonesia terdapat karapan sapi, upacara potong jari. Dari sederet contoh tersebut kebanyakan merupakan adat yang irasional namun ada juga yang bisa kita nalar melalui akal di tradisi-tradisi masyarakat lainnya.

Kebiasaan penyandaran nama anak kepada bapak realitasnya termasuk kebiasaan yang sudah berlangsung sejak di era Rasulullah saw. Pada saat itu, nama-nama yang lazim kita temukan di masyarakat Arab saat itu merupakan nama-nama yang berasal dari satu suku kata. Semisal Abdurrahman, Abdullah, Umar, Utsman, Ali.

Untuk melengkapi dan membedakan antar nama yang mirip maka disandingkanlah nama nasab yang diwakili oleh orang tua laki-laki. Oleh karena itu, nama-nama mereka menjadi Abdurrahman bin Auf, Abdullah bin Ka’ab, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Akulturasi Budaya

Hemat penulis, penyebutan nama nasab sendiri memang erat kaitannya dengan budaya Arab yang suka menghafal silsilah nenek moyang mereka. Hal ini sebagai penanda adanya perbedaan dengan orang-orang yang memiliki nama yang mirip.

Karena pendeknya nama dan kemiripan nama yang ada, maka nama ayah kita sebutkan. Fenomena ini juga sering kita temukan di budaya Indonesia. Semisal jika kita menemukan dua nama anak yang sama, sebut saja Rahmat, maka bisa kita tambahi Rahmat yang anaknya si Romli, bukan yang anaknya si Farhan.

Dalam konteks Indonesia budaya panggilan anak kepada ayah bisa kita anggap berjalan beriringan dengan masuknya Islam di Indonesia yang dibawa oleh saudagar-saudagar Arab kala itu. Dengan kedatangan kaum muslim Arab maka nama-nama yang bersandar dengan orang tua laki-laki juga secara tidak sadar masuk dalam kebudayaan Indonesia, atau bisa kita sebut sebagai akulturasi budaya. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Mengapa Penyandaran Nama Anak Kepada Ayah, Bukan Kepada Ibu? Edisi Pembacaan Aspek Kebudayaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us