Tanpa Disadari, Keseringan Diam di Ruang Ber-AC Punya 3 Dampak Ini Buat Kesehatan

tanpa-disadari,-keseringan-diam-di-ruang-ber-ac-punya-3-dampak-ini-buat-kesehatan

Cindy Novita | Beautynesia

Minggu, 01 Sep 2024 22:30 WIB

Tanpa Disadari, Keseringan Diam di Ruang Ber-AC Punya 3 Dampak Ini Buat Kesehatan

Foto: Getty Images/iStockphoto/AndreyPopov

AC adalah solusi yang tepat untuk mengatasi gerah akibat cuaca panas. Menghabiskan waktu di ruangan ber-AC memang nyaman bagi sebagian orang apalagi bila mereka tidak tahan dengan udara panas. Biasanya ruangan di kantor atau kamar tidur memiliki AC untuk membuat suasana lebih nyaman.

Apa kamu tahu, Beauties? Terlalu lama menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatanmu, lho. Mulai dari kulit kering hingga membuat tubuh rentan terkena penyakit. Melansir laman Pharm Easy, berikut dampak negatif yang kamu rasakan saat terlalu lama menghabiskan waktu di ruangan ber-AC.

1. Membuat Kulit Kering

Ilustrasi Kulit wajah kering/Foto: pexels.com/Jenna Hamra

Terlalu banyak menghabiskan waktu dalam ruangan ber-AC seperti di kantor atau rumah dapat membuat kulit kering. Hal ini terjadi karena kelembapan dalam ruangan terserap oleh AC sehingga ruangan akan terasa benar-benar kering.

Jika kamu membiarkan kulit yang kering, kulit akan terasa gatal dan akhirnya mulai mengelupas. Kandungan air pada kulit membantu sirkulasi darah dan menjaga kulit agar tetap ternutrisi.

Jadi, saat kulit mengering, kulit juga akan berkerut dan menyebabkan hilangnya elastisitas. Oleh karena itu, selalu sedia lotion di mana pun dan kapan pun untuk menjaga kulit agar tetap lembap.

2. Munculnya Jamur

AC/Foto: freepik.com/lifeforstock

Jika AC tidak diservis atau rutin dibersihkan secara teratur akan memicu pertumbuhan jamur dan bakteri. AC yang tetap menyala dalam keadaan kotor menyebabkan udara di dalam ruangan akan bercampur dengan bakteri serta jamur di dalam AC.

Saat kamu menghirup udara yang terkontaminasi dapat menyumbat saluran udara dan menyebabkan hidung tersumbat, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan. Lebih parahnya, hal ini dapat memperburuk asma.

Ketika AC menyala sebaiknya tutup pintu dan jendela untuk mencegah udara luar masuk ke dalam ruangan.

3. Tubuh Rentan Sakit

Ilustrasi Seorang wanita terserang flu/Foto: freepik.com/diana.grytsku

Tubuh manusia biasanya tidak akan sulit beradaptasi dengan perubahan cuaca. Cuaca berubah secara bertahap sehingga memberikan waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan. Tetapi saat kamu menghabiskan waktu seharian di ruangan ber-AC dan keluar dalam keadaan cuaca yang panas, perubahan suhu yang tiba-tiba akan memberi dampak buruk bagi tubuh.

Hal tersebut membuat tubuh rentan terserang batuk dan pilek, belum lagi polusi udara di luar ruangan yang makin memperparah. Penurunan atau kenaikan suhu secara tiba-tiba juga sangat berbahaya bagi seseorang yang menderita penyakit jantung atau diabetes.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Tanpa Disadari, Keseringan Diam di Ruang Ber-AC Punya 3 Dampak Ini Buat Kesehatan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us