Frugal Living; Gaya Hidup Bijak yang Sering Dikasihani Banyak Orang

frugal-living;-gaya-hidup-bijak-yang-sering-dikasihani-banyak-orang

Mubadalah.id – Saya masih pakai motor supra X jadul di masa sekarang ini karena menganut frugal living. Dan karenanya banyak orang mengasihani saya, banyak juga yang berpikir saya ini kurang mampu. Meski kadang tidak setuju dengan pendapat mereka, tapi jujur saya merasa baik-baik saja menggunakan supra X jadul.

Yang pertama, motor ini belum pernah turun mesin, gak rewel, dan cukup kuat diajak nanjak dan jarak jauh. Memang modelnya sudah butut, tapi fungsinya masih jauh lebih oke daripada motor yang lain di rumah saya.

Beberapa kali juga saya diminta ganti motor saja, padahal saya menganut frugal living. Saya menggunakan sesuatu berdasarkan fungsinya, bukan modelnya. Misalnya tas eiger yang saya beli tahun 2008 masih awet sampai sekarang. Tentu tahun 2008, harga tas itu sangat mahal, namun faktanya bisa awet sampai belasan tahun. Begitu pula laptop merk thinkpad yang bertahan 10 tahun lebih.

Tentu model-model yang saya pakai itu sudah jadul sekarang ini, tapi semuanya masih berfungsi dengan baik. Dan mungkin karena hal ini, banyak orang kasihan pada saya. Padahal frugal living adalah gaya hidup yang ramah lingkungan dan tidak FOMO. Jika berpegang pada prinsip ini, maka hidup kita bisa terasa jauh lebih damai dan tidak takut ketinggalan. Bagaimana menerapkan frugal living?

  1. Fokus pada Fungsi bukan Gaya

Mau beli barang mahal? Tentu boleh, asalkan mahalnya sesuai dengan kualitasnya. Banyak sekali barang dengan harga mahal namun hanya digunakan untuk gengsi bukan karena kualitas dan fungsinya. Jika harga mahal itu sepadan dengan kualitas dan bisa dipakai bertahun-tahun maka barang itu sangat bernilai.

  1. Menggunakan Barang yang Masih Bisa Dipakai

Alih-alih mengoleksi barang, lebih baik kita menggunakan semua barang yang masih bisa dipakai. Jangan mudah membeli karena lucu atau murah. Bisa jadi barang tersebut tidak berguna untuk kita dan hanya akan menambah produksi sampah.

  1. Memilih Makanan yang Disuka

Seringkali kita melihat postingan makanan yang viral. Karenanya, banyak orang membeli makanan karena viral dan untuk pamer, bukan karena butuh dan suka.

  1. Menabung dan Berdonasi

Menghabiskan uang untuk membahagiakan kita tentu boleh, namun jangan sampai teralihkan. Jangan sampai kita menghabiskan uang berkedok membahagiakan diri, jangan sampai tidak punya tabungan dan lupa berdonasi.

  1. Hidup Bukan untuk Pamer

Dengan adanya media sosial saat ini, kita jadi mudah terprovokasi untuk pamer. Namun percayalah, jika kita menganut frugal living kita akan bangga dengan hidup yang kita jalani seperti biasa. Tidak dikejar-kejar viral ataupun pengakuan dari orang lain.

  1. Membeli karena Butuh bukan Ingin

Pastikan ketika akan membeli barang, kita tanya diri sendiri. Apakah barang ini kita butuhkan, atau sebenarnya hanya kita inginkan karena FOMO?

  1. Tidak pelit Terhadap Diri Sendiri

Seperti yang saya katakan di atas, kita harus membeli barang sesuai dengan fungsinya. Artinya kita jangan pelit terhadap diri sendiri. Kita boleh membeli barang mahal asalkan sesuai dengan fungsinya. Membeli barang yang berkualitas artinya kita tidak pelit pada diri sendiri.

Termasuk membeli makanan. Kita boleh membeli makanan yang mahal asalkan sehat dan bergizi. Misalnya membeli sayuran organik yang jelas sehat, atau peralatan masak yang aman untuk tubuh.

  1. Sebisa Mungkin Selaras dengan Alam

Menjadi frugal living berarti menjalani hidup yang hemat dan tidak berlebihan. Maka sebisa mungkin kita hidup selaras dengan alam dengan membeli barang yang ramah lingkungan, mengurangi produksi sampah, dan membeli barang dengan bijak.

  1. Membeli Barang yang Bermanfaat dan Awet

Seperti yang sudah-sudah, kita perlu membeli barang  yang  bermanfaat dan awet. Jika barang itu sudah kita ketahui kualitasnya dan bisa awet bertahun-tahun, maka kita boleh membelinya meski mahal. Karena artinya kita bisa menghemat uang lebih banyak lagi, daripada beli yang murah tapi setiap tahun harus ganti.

  1. Traveling dan Makan Enak Sesuai Porsi Diri

Frugal living bukan berarti tidak boleh traveling dan makan enak. Kita tetap bisa traveling kok. Yang penting travelingnya bukan karena FOMO, tapi karena kita memang membutuhkan refreshing dan perjalanan untuk menambah pengalaman. Membeli makanan enak juga  merupakan reward bagi kita, bukan sebuah pemborosan.

  1. Quality Time dan Staycation

Orang mungkin berpikir frugal living tidak butuh staycation dan quality time. Pendapat ini salah besar. Frugal living berarti menjalani hidup sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Jika staycation adalah salah satu sarana quality time bersama keluarga yang cukup terjangkau maka hal ini perlu dilakukan.

  1. Investasi untuk Pendidikan bukan Konsumtif

Investasi harus bersifat jangka panjang. Maka investasi untuk pendidikan diri dan anak adalah pilihan penting. Pendidikan akan membuka berbagai pengetahuan, tidak ada salahnya menghabiskan banyak uang untuknya. Sedangkan kebutuhan konsumtif hanya akan habis dalam sekejap.

  1. Mengutamakan Kesehatan

Hidup frugal living bukan berarti melupakan kesehatan. Periksa kesehatan rutin adalah hal yang penting. Jangan lupa periksa gigi rutin, kesehatan mental, dan jangan pernah mengabaikan keluhan-keluhan ringan. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Frugal Living; Gaya Hidup Bijak yang Sering Dikasihani Banyak Orang

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us