Perempuan dan Jeratan Emotional Blackmail

perempuan-dan-jeratan-emotional-blackmail

Mubadalah.id – Tindak kejahatan atau bahkan kriminalitas terhadap perempuan semakin bervariasi. Belakangan ini pula kita jumpai beberapa pemberitaan tentang kasus penganiayaan, pemerkosaan, hingga berujung pada pembunuhan perempuan oleh pelaku yang lebih dari satu orang.

Maraknya kasus serupa disebabkan oleh berbagai faktor yang barangkali salah satunya adalah dari dalam diri perempuan itu sendiri. Sebagaimana yang sudah kita ketahui secara umum bahwasanya perempuan adalah makhluk perasaan yang cenderung mengambil keputusan berdasarkan apa yang dirasanya.

Berbeda dengan laki-laki yang cenderung lebih mengutamakan logika yang mereka punya. Kecenderungan perempuan dalam menggunakan perasaannya ini bisa berujung pada tajamnya insting atau justru sebaliknya menjadi bumerang yang merugikan.

Salah satunya adalah terjerat pemerasan emosional atau emotional blackmail. Jeratan emotional blackmail ini bisa terjadi dengan begitu halus. Hingga barangkali tanpa sadar seseorang ternyata sedang mengalaminya.

Mengenal Emotional Blackmail

Emotional blackmail merupakan tindakan memanipulasi di mana seseorang memanfaatkan perasaan sebagai cara untuk mengendalikan perilaku atau membujuk orang lain untuk melakukan sesuatu dengan cara mereka. Tak jarang para pelaku ini menggunakan rasa takut, rasa bersalah, hal-hal privasi atau rahasia yang ia ketahui dari seseorang untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Konsep emotional blackmail dipopulerkan oleh psikoterapis, Susan Forward pada akhir tahun 1990-an. Hal itu bisa terjadi dalam konteks hubungan romantis atau hubungan apa pun yang ikatannya erat. Emotional blackmail tidak selalu merupakan pertanda bahwa hubungan akan berakhir, tetapi ini bisa menjadi indikasi yang sangat tidak sehat apabila terus berlanjut.

Perempuan cenderung lebih berpotensi untuk terjerat emotional blackmail karena barangkali berhubungan pula dengan struktur otak perempuan yang berbeda dengan laki-laki. Berdasarkan penelitian dari University of Basel di Switzerland, terdapat perbedaan struktur otak antara anak perempuan dan anak laki-laki yang menjadikan perempuan cenderung lebih emosional daripada laki-laki.

Hal itu karena otak anak laki-laki memiliki volume insula anterior yang tumbuh lebih besar, sehingga melahirkan perilaku kurang peka terhadap perasaan dan emosi. Sedangkan pada anak perempuan, struktur otak yang demikian tidak kita temukan. Akibatnya anak perempuan cenderung lebih peka terhadap perasaan dan emosi.

Munculnya Emotional Blackmail

Proses munculnya emotional blackmail terjadi melalui beberapa tahap. Pelaku pada awalnya akan meminta sesuatu yang kadangkala berlebihan dan di luar nalar. Apabila permintaan tersebut mendapat respon penolakan, maka pelaku akan mulai menggunakan tekanan sambil memaksakan kehendaknya dan tak jarang mengombinasikan hal tersebut dengan ancaman-ancaman yang manukut-nakuti atau bahkan menggunakan hal-hal rahasia yang ia ketahui.

Di tahap tersebut, seolah-olah korban tak punya pilihan selain patuh mengiyakan permintaan awal si pelaku. Jika hal ini berhasil sekali dua kali, maka pelaku akan cenderung melakukan pengulangan karena mengetahui bahwa kelemahan korban adalah di perasaannya yang mudah ia peras.

Terjebak dalam hubungan yang memanfaatkan emotional blackmail tentu melelahkan. Jika terus berlanjut akan membahayakan. Penting kiranya untuk para perempuan selalu mengingat bahwa dalam membangun hubungan dengan orang lain harus berdasarkan hukum simbiosis mutualisme, alias saling menguntungkan.

Walaupun terkesan perhitungan dan memanfaatkan. Namun pada dasarnya sebuah hubungan memang harus membawa seseorang pada kebaikan dan saling melengkapi kekurangan. Kasarnya, harus bisa ‘saling memanfaatkan’, bukan sekadar ‘dimanfaatkan’. Bukan tanpa sebab, pegangan seperti ini akan memberi batasan yang tepat, sehingga menjauhkan diri dari hubungan yang toxic.

Empat Kecerdasan Perempuan

Menjadi perempuan setidaknya harus memiliki empat kecerdasan dasar, meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan finansial. Emotional blackmail dapat kita hindari ketika seorang perempuan terlatih teguh dalam pendirian dan berani berkata ‘tidak’ untuk segala sesuatu yang kita rasa akan membahayakan atau merugikan diri sendiri.

Jika hubungan yang terbangun kita rasa sudah menjadi toxic, maka berani mengakhirinya adalah keharusan. Tidak ada salahnya menjadi perempuan baik dan terus menebar kebaikan terhadap sesama. Namun jangan pula menjadi people pleasure yang kemudian justru dimanfaatkan orang lain dengan seenaknya.

Sesungguhnya usaha paling dasar untuk melepaskan diri dari segala bentuk pemerasan emosional adalah mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Tangki cinta dalam diri yang sudah penuh tidak akan mengiba kasih sayang dari orang lain dengan segala cara. Tentu saja orang yang mencintai dirinya sendiri tidak akan membiarkan dirinya terluka karena orang lain. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Perempuan dan Jeratan Emotional Blackmail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us