Gadis Malang: Kisah Pilu Penjual Gorengan dan Kekerasan yang Terus Berulang

gadis-malang:-kisah-pilu-penjual-gorengan-dan-kekerasan-yang-terus-berulang

Mubadalah.id – Tak sampai hati, rasanya saya tidak bisa membaca berita tentang gadis malang ini sampai akhir. Namun karena saya ingin mengetahui fakta-fakta yang ada, akhirnya saya coba juga untuk terus membaca narasinya.

5 Fakta Tewasnya Gadis Penjual Gorengan: Diduga Pelaku Lebih dari Satu, Keluarga Minta Keadilan, begitu headline beritanya. Berita pembunuhan ini terjadi di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat Minggu, 8 September lalu. Korbannya adalah seorang gadis penjual gorengan.

Miris dan geram, rasanya ingin membenarkan semua hujatan netizen kepada para pelaku. Tak habis pikir memang, apa yang merasuki para pelaku hingga tega melakukan tindakan sekejam itu.

Melihat Keseharian Korban

Korban berinisial NKS, umur 18 tahun, merupakan gadis baik yang setelah lulus menyibukkan diri dengan berjualan gorengan. Hasil berjualan gorengan ia tabung agar bisa kuliah.

Namun cita-cita mulia itu harus pupus karena ia menjadi korban kebejatan sekelompok Pemuda yang tega menyetubuhi dan membunuhnya. Jasad korban ditemukan terkubur di semak-semak tanpa mengenakan busana.

NKS merupakan gadis polos yang hanya ingin memiliki kehidupan yang lebih baik. Sedihnya, jalan terjal yang selama ini ia lalui harus berhenti dengan akhir kisah hidup yang menyayat hati.

Pengusutan tuntas serta hukuman yang setimpal sangat masyarakat harapkan demi tegaknya keadilan dalam kasus ini.

Mengapa Kasus Seperti ini Masih saja Terjadi?

Berita semacam ini memang tidak hanya kali ini terjadi. Sebelumnya juga ada kasus pembunuhan Vina Cirebon yang pelakunya masih tergolong muda.

Rasanya semakin miris ketika melihat para Pemuda yang harusnya menjadi harapan bangsa ini malah berulah lagi. Masyarakat seakan semakin mengiba kepada para aparat penegak hukum serta berbagai stake holder untuk menghentikan pengulangan terjadinya peristiwa semacam ini.

Peristiwa pembunuhan dengan pelaku yang masih remaja dulunya juga pernah terjadi pada tahun 2020 di Jakarta Pusat. Korban pembunuhan adalah bocah yang masih berusia 5 tahun, sementara Pelaku adalah remaja perempuan yang pada saat itu masih berumur 14 tahun.

Ia tega membunuh bocah yang masih di bawah umur dengan cara menenggelamkannya ke bak mandi. Setelah Aparat melakukan penelusuran, Pelaku ternyata berasal dari keluarga broken home. Ia juga sering menonton film horror dan adegan-adegan pembunuhan.

Berbagai faktor bisa saja mempengaruhi mengapa para remaja ini melakukan tindakan kriminal. Khususnya peran keluarga yang memiliki andil sangat besar.

Bagaimana Mitigasi terhadap Remaja Pelaku Tindak Kriminal?

Berbagai peristiwa kriminal dengan pelakunya yang masih remaja tentu memiliki cara penanggulangan yang berbeda. Jati diri yang masih mencari-cari membuat para remaja sangat mudah terkontaminasi. Hal ini sangat membutuhkan peran keluarga dan lingkungan sekitar guna menanggulangi.

Merangkum dari website Halodoc.com, terdapat beberapa cara untuk menanggulangi tindakan kriminal yang Pelakunya adalah para remaja. Pertama, menanamkan nilai-nilai kebaikan sejak dini, khususnya nilai-nilai agama dan norma yang baik, seperti sopan santun, sikap tolong-menolong, saling menghargai dan tidak melakukan kekerasan terhadap orang lain.

Kedua, memberitahu konsekuensi yang akan diterima ketika melakukan kenakalan. Ketiga, menjaga agar komunikasi dengan mereka tetap terbuka. Keempat, mendorong anak untuk mengikuti kegiatan positif.

Kelima, menindaklanjuti perilaku anak yang menyimpang dengan tegas, misalnya memberikan hukuman yang wajar dengan tetap memberitahu harapan sebagai orang tua. Keenam, memberikan dukungan emosional agar mereka merasa dicintai.

Kerjasama dan perhatian dari berbagai pihak tentunya juga menjadi sebuah keharusan. Mengingat semakin banyaknya kasus serupa berulang kali terjadi, maka keluarga, masyarakat, Lembaga Pendidikan dan berbagai stake holder harus saling bergandengan tangan guna menumpas kriminalitas semacam ini. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Gadis Malang: Kisah Pilu Penjual Gorengan dan Kekerasan yang Terus Berulang

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us