Bukti pelecehan seksual anak, polisi Malaysia panggil firma Islam untuk diselidiki

bukti-pelecehan-seksual-anak,-polisi-malaysia-panggil-firma-islam-untuk-diselidiki

KUALA LUMPUR: Polisi Malaysia mengatakan pada hari Jumat (13/9) bahwa mereka akan memanggil manajemen puncak sebuah kelompok bisnis Islam, setelah anak-anak yang diselamatkan dari panti asuhan yang diduga dikelola oleh firma tersebut menderita cedera yang sesuai dengan kekerasan seksual dan fisik.

Polisi minggu ini menyelamatkan 402 anak-anak dan remaja dalam penggerebekan yang dilakukan di 20 tempat yang mereka katakan dikelola oleh konglomerat Islam Global Ikhwan Services and Business (GISB).

GISB mengatakan bahwa mereka tidak mengelola panti asuhan tersebut dan membantah tuduhan pelecehan seksual di tempat tersebut. Pihaknya tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Jumat.

GISB adalah sebuah perusahaan asal Malaysia yang punya bisnis mulai dari supermarket hingga laundri dengan cabang di beberapa negara seperti Indonesia, Singapura, Timur Tengah, Eropah dan Australia. 

Inspektur Jenderal Polisi Razarudin Husain mengatakan 172 dari mereka yang diselamatkan telah menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan mental, dengan banyak yang menunjukkan cedera lama dan baru serta indikasi trauma emosional dan pertumbuhan terhambat.

Beberapa anak cacat atau sakit, sementara 13 telah disodomi, kata Razarudin.

Kasus ini telah memicu kemarahan di Malaysia yang mayoritas Muslim, dengan beberapa kritikus mempertanyakan mengapa tindakan tidak diambil lebih awal setelah polisi mengatakan telah menerima pengaduan tentang GISB sejak tahun 2011.

Dari 171 orang yang ditangkap selama penggerebekan, 159 telah ditahan sambil menunggu penyelidikan, sementara yang lain ditemukan masih di bawah umur dan dibebaskan, kata Razarudin.

Empat pria dan satu wanita sedang diselidiki terkait dengan kasus sodomi, tambahnya.

TAUTAN KE SEKTE YANG DILARANG

Razarudin mengatakan polisi akan memanggil dewan GISB untuk diinterogasi dan tidak mengabaikan kemungkinan penangkapan atau penggerebekan lebih lanjut di tempat-tempat yang terkait dengan kelompok tersebut. Ia tidak mengatakan kapan mereka akan dipanggil, dengan alasan penyelidikan yang masih berlangsung.

Perusahaan tersebut, yang telah dikaitkan dengan sekte agama Islam yang dilarang di Malaysia, terlibat dalam berbagai bisnis mulai dari supermarket hingga binatu dengan operasi di 20 negara, menurut situs webnya.

Kelompok tersebut telah mengakui hubungannya dengan sekte agama Al-Arqam yang berbasis di Malaysia yang sekarang sudah tidak ada lagi, yang dilarang oleh pemerintah pada tahun 1994, tetapi sekarang menggambarkan dirinya sebagai konglomerat Islam yang didasarkan pada praktik-praktik Muslim.

Razarudin mengatakan anak-anak di bawah umur tersebut sebagian besar adalah anggota GISB generasi ketiga atau keempat, yang orang tuanya bekerja untuk perusahaan tersebut dan akan meninggalkan anak-anak mereka pada usia dua tahun.

“Kami menemukan contoh anak-anak yang orang tuanya bekerja di Arab Saudi selama enam tahun, tetapi anak-anak mereka tetap di sini… ini adalah bentuk pengabaian, pelecehan, dan pengungkapan,” katanya, seraya menambahkan beberapa dari mereka tidak pernah bertemu orang tua mereka selama bertahun-tahun.

Ia mengatakan pihak berwenang memeriksa 392 anak yang ditahan di fasilitas kepolisian, sementara mereka yang sakit atau berkebutuhan khusus telah dipindahkan ke departemen kesejahteraan dan kementerian kesehatan untuk perawatan lebih lanjut.

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan bergabung di WhatsApp Channel CNA.id dengan klik tautan ini. 

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Bukti pelecehan seksual anak, polisi Malaysia panggil firma Islam untuk diselidiki

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us